Sulit Bernafas Panjang


Orang yang mengalami nafas pendek, kemungkinan disebabkan saluran pernafasan yang ekstra sensitif atau hiper-responsif. Saluran pernafasan bereaksi dengan cara menyempit atau menutup ketika terjadi iritasi. Hal ini menyebabkan sulitnya udara untuk keluar-masuk ke paru-paru.

Penyebabnya bisa dikarenakan alergi, tapi bisa juga disebabkan karena adanya infeksi di saluran pernafasan. Ada baiknya anda memperhatikan gejala-gejala seperti batuk, sulit bernafas, dan nafas berbunyi. Jika gejala-gejala itu anda rasakan, kemungkina besar anda mengalami asma.

Busana Muslim Branded Berkualitas


Hilfaaz Collections

Biasanya, dokter untuk mengecek asma atau bukan, dokter akan mengadakan pemeriksaan fisik yang berfokus pada fungsi organ pernafasan atas, dada dan kulit. Dokter juga akan mendengarkan bunyi nafas dan hal lain yang berhubungan dengan gejala alergi.

Saya kira penyakit maag tidak ada hubungannya dengan sesak nafas anda, namun jika asam lambung sedang meningkat dan ulu hati seperti rasa terbakar (heart burn), memang hal ini bisa menyebabkan sesak nafas tapi disertai dengan rasa terbakar tersebut.

Jantung pun mempunyai andil yang sama untuk menyebabkan seseorang tersengal-sengal nafasnya. Karena, orang yang menderita gagal jantung pun sering mengalami sesak nafas. Pada stadium awal dari gagal jantung, penderita merasakan sesak nafas hanya selama melakukan aktivitas fisik.

Sejalan dengan memburuknya penyakit, sesak akan terjadi ketika penderita melakukan aktivitas yang ringan, bahkan ketika penderita sedang beristirahat (tidak melakukan aktivitas). Sebagian besar penderita merasakan sesak nafas ketika sedang berada dalam posisi berbaring karena cairan mengalir ke jaringan paru-paru. jika duduk, gaya gravitasi menyebabkan cairan terkumpul di dasar paru-paru dan sesak akan berkurang.

Sesak nafas tidak hanya terjadi pada penyakit jantung; penderita penyakit paru-paru, penyakit otot-otot pernafasan atau penyakit sistem saraf yang berperan dalam proses pernafasan juga bisa mengalami sesak nafas. Setiap penyakit yang mengganggu keseimbangan antara persediaan dan permintaan oksigen bisa menyebabkan sesak nafas (misalnya gangguan fungsi pengangkutan oksigen oleh darah pada anemia atau meningkatnya metabolisme tubuh pada hipertiroidisme).

Oleh karena itu, sebaiknya anda berolahraga, khususnya renang dengan gaya dada. Gaya ini sangat bagus untuk menguatkan paru-paru. Sebelum renang, berjalanlah dari tempat yang paling dangkal menuju ke tempat yang dalam untuk berenang. Hal ini dimaksudkan agar suhu tubuh bisa menyesuaikan dengan suhu air. Berenang perlahan-lahan dan sesuai dengan kekuatan.

Di samping itu, anda bisa melakukan latihan nafas, yakni dengan jalan menghirup udara dalam-dalam, lalu menahannya di dada, kemudian keluarkan perlahan-lahan melalui hidung. Lakukan latihan ini pada pagi hari antara jam 5-6 pagi di saat masih belum banyak polusi. Cobalah tahan nafas di dada mulai 3 menit, lalu 5 menit dan seterusnya semakin lama semakin lama. Latihan ini bisa memberi asupan oksigen maksimal ke dalam paru-paru, sehingga bisa didistribusikan oksigen itu ke seluruh organ tubuh melalui darah secara proporsional.

Busana Muslim Branded Berkualitas


Hilfaaz Collections

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s