Dahulukan Saudaramu Nak…


Kadang kita sebel bila disuruh mengalah sama orang tua…apabila kita berkelahi atau berebut suatu barang dengan saudara kita…ada ungkapan “Sing gedhe ngalah karo adine..”

Mungkin ungkapan ungkapan itu membuat kita merasa bahwa saudara kita yang lain yang lebih disayangi orang tua…sayapun dahulu merasa begitu…

Tapi setelah saya pahami ternyata dibalik itu ada hikmah yaitu pendidikan dari orang tua akan pentingnya mendahulukan kepentingan saudara atau dalam islam disebut itsar….dan itsar adalah puncak tertinggi ukhuwah…

Ada kisah itsar yang sangat heroik terjadi pada saat perang Yarmuk. Seorang sahabat yang tidak setenar Abu Bakar Asshidiq atau Umar al Faruq, namanya Ikrimah. Tahukah siapa ayahnya ikrimah..ya ayahnya Abu Jahl…Jahl artinya bodoh..pemimpin mekah pada saat itu. Bodoh bukan dalam artian intelektual karena pada saat itu sastra arab lagi tinggi tingginya….dan Abu Jahl ahli diplomasi. Dijuluki Jahl karena dia bodoh dalam aqidah…menyembah berhala untuk mendekatkan diri pada Allah. Begitulah apabila pemimpin kita nantinya orang yang bodoh dalam aqidahnya jangan disalahkan karena merepresentasikan pemilihnya.

Kembali ke kisah Ikrimah…

Ikrimah bin Abu Jahl seorang mujahid bersama dua sahabat yang lain terbaring dengan luka-luka sangat parah. Ketika seorang sahabat hendak memberinya minum, ia menolak dan menyuruh air itu diberikan ke teman di sebelahnya. Ketika air itu akan diberikan kesebelahnya, orang tersebut juga menyuruh diberikan lagi ke sebelahnya pula. Ia memilih mengalah pula pada saat-saat yang penting tersebut. Namun orang ketiga yang dimaksud sudah meninggal, ketika kembali lagi si pemberi minum ke sahabat yang tengah, ternyata ia sudah syahid juga. Dan ketika beranjak ke Ikrimah, ia pun telah syahid. Subhanallah dalam detik-detik terakhir kehidupan atau di saat-saat kritis sekalipun mereka tetap menjaga itsar mereka.

Marilah kita dahulukan saudara muslim kita….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s