Tendangan Andy…Berkontribusilah…..


Beberapa minggu yang lalu, sebelum pemilu legislatif kami bersama sekitar 56 orang mengadakan MABIT disalah satu rumah teman. Mulai ba’da isya diisi acara taujih dari beberapa ustadz lokal lalu disambung dengan ustadz dari Surabaya. Malamnya diisi qiyamul lail dan paginya dzikir bersama. Acara seperti ini rutin dilakukan setiap bulan, selain agenda-agenda yang lain seperti liqo, tastqif, dll untuk penguatan ruhiyah untuk kemenangan dakwah di 2009.

Setelah makan pagi kami dibagi menjadi lima tim, untuk bersilaturahim dengan tokoh masyarakat di beberapa kecamatan. Kebetulan kami mendapat satu kecamatan yang tidak terlalu jauh dari tempat kami MABIT. Kami bertemu beberapa tokoh masyarakat, tapi yang paling berkesan adalah pertemuan kami dengan salah seorang pensiunan guru. Guru tersebut adalah orang yang ditokohkan di desa tersebut, dia mau mengurusi sekolah islam (MI) tanpa mencari materi, sedangkan dia sendiri juga mengajar di sekolah negeri. Dia juga peduli terhadap pembangunan desa, bahkan kebersihan beberapa masjid dia ikut menangani. Diakhir perpisahan dia berpesan kepada kami agar membantu beliau dalam berkontribusi bagi desanya.

Mungkin, para sahabat ada melihat acara Kick Andy minggu ini. Tentang perjuangan para hebat para guru. Ada guru yang tetap mengajar dengan gedung seperti kandang kambing sedangkan guru-guru yang lain sudah tidak tahan untuk mengajar, ada juga guru yang hanya lulus kelas 5 SD yang mampu membuat sekolah dengan murid 450 siswa dan gratis bahkan sebagian diasramakan padahal dia bukan orang kaya selain itu dia pernah mendapat penghargaan dari dinas pendidikan karena setiap ujian semua muridnya lulus semua, ada juga guru yang buta mengajar fisika dan matematika.

Bagi saya kisah-kisah mereka sangat inspiratif dan mengharukan. Dengan segala keterbatasan mereka mampu untuk bermanfaat bagi orang lain. Benarlah sabda nab saw

khoirukum anfauhum linnas (sebaik-baik kalian adalah yang bermanfaat bagi orang lain)…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s