Dialog Burung Hud-Hud


Hari ini kita belajar peristiwa dialog Burung Hud-Hud dengan Nabi Sulaiman as. Dalam beberapa riwayat Burung Hud-Hud adalah sejenis burung pelatuk.

Suatu ketika Nabi Sulaiman as melakukan pemeriksaan rutin. Sewaktu dia memeriksa burung-burung lalu berkata:

“Mengapa aku tidak melihat hud-hud, apakah dia termasuk yang tidak hadir. Sungguh aku benar-benar akan mengazabnya dengan azab yang keras atau benar-benar menyembelihnya kecuali jika benar-benar dia datang kepadaku dengan alasan yang terang.”

Maka tidak lama kemudian datanglah hud-hud, lalu ia berkata:

“Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya; dan kubawa kepadamu dari negeri Saba suatu berita penting yang diyakini. Sesungguhnya aku menjumpai seorang wanita yang memerintah mereka, dan dia dianugerahi segala sesuatu serta mempunyai singgasana yang besar. Aku mendapati dia dan kaumnya menyembah matahari, selain Allah; dan syaitan telah menjadikan mereka memandang indah perbuatan-perbuatan mereka lalu menghalangi mereka dari jalan (Allah), sehingga mereka tidak dapat petunjuk, ……”

Wanita tersebut adalah ratu Balqis yang memerintah kerajaan Sabaiyah di zaman Nabi Sulaiman. Saba nama kerajaan di zaman dahulu, ibu kotanya Ma’rib yang letaknya dekat kota San’a ibu kota Yaman sekarang.

========================= ========================= ==========
Pelajaran yang bisa kita ambil hikmah:
1. Tugas seorang pemimpin adalah mengawasi, memutaba’ah setiap kegiatan, keberadaan, kesiapan anggota/jama’ah/kader.

2. Pentingnya punishment dan reward dalam suatu organisasi…

3. Ketidakhadiran kita dalam suatu acara harus mempunyai alasan yang jelas…sebab apabila semua semaunya akan hancur organisasi/jama’ah tersebut. Sehingga sangatlah perlu seorang anggota/jama’ah di dalam barisan/shof agar tidak mudah tergelincir.

4. Ketidakhadiran kita harus dalam rangka positif..membawa berita baru, informasi baru, peluang baru seperti hud-hud yang melakukan udzur da’awy..untuk membuka peluang dakwah baru bagi Nabi Sulaiman as.

silahkan menambahi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s