Datang ke Pabrik Gula


Hari Jum’at tanggal 24 April 2009, saya dan teman saya mendapat tugas untuk melakukan peninjauan ke pabrik gula di wilayah Jawa Timur. Seperti prosedur biasa kami menghubungi bagian umum. Setelah menunggu beberapa lama akhirnya kami ditemui seorang bapak sebutlah Pak Agung. Setelah basa basi sebentar kami bertanya tentang proses pembuatan gula. Kami di bawakan bagan produksi dari truk masuk ke pabrik sampai jadi gula.

Ada hal menarik yang saya dapatkan. Saya mendapat informasi kenapa gula ada yang berwarna putih dan agak kuning kecoklatan. Ternyata yang berwarna putih itu mengandung sukrosa dan yang kuning kecoklatan mengandung sukrosa dan glukosa.

Walaupun yang berwarna kuning kecoklatan itu lebih manis akan tetapi mengandung glukosa yang bisa mengakibatkan penyakit diabete.Agar glukosa dalam butir butir gula itu hilang maka dilakukan pengolahan ulang sehingga gula lebih putih, glukosa hilang dan tentunya lebih mahal.

Tahukah bahwa gula itu bukan hanya dari tebu…ternyata gula itu juga diperlukan bahan pembantu untuk menyeimbangkan pH dengan menggunakan kapur dan belerang….

SELAMAT MINUM TEH MANIS BESERTA KAPUR DAN BELERANG…

3 thoughts on “Datang ke Pabrik Gula

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s