Out Of The Box !!


“Out of The Box”. Berfikir di luar kotak (Thinking outside the box), yaitu suatu cara berfikir diluar kebiasaan umumnya,atau berbeda dalam memecahkan suatu permasalahan atau dalam menghadapi kondisi-kondisi baru.

Sekarang istilah ini menyebar secara luas,termasuk digunakan di dalam dunia bisnis dan marketing, pendidikan dan manajerial sehingga orang memandang perlu tahu istilah ini untuk diterapkan dan diujicoba dalam usahanya untuk mewujudkan inovasi – inovasi produk, langkah langkah bisnis dan strategy manajemen yang akan diambil.

Untuk mengetahui cara fikir diluar kotak selayaknya kita harus tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud berfikir didalam kotak (Thinking inside the box), cara berfikir jenis ini artinya kita menerima status quo, kita berfikir secara umum normal dan rutin ,orang yang hanya membatasi dirinya dalam berfikir “inside the box” akan menemukan suatu kesulitan dalam membedakan “suatu kualitas ide”, ide adalah ide, solusi adalah solusi, mereka sangat jarang menginvestasikan waktunya untuk memikirkan “a great solution“.

Mereka juga percaya bahwa setiap masalah hanya memerlukan satu solusi, merumukan lebih dari satu kemungkinan alternatif solusi hanyalah buang-buang waktu, apakah lagi bila untuk mencari terobosan-terobosan.”There is no time for creative solution, we just need the solution“.

Menurut beberapa ahli, ada beberapa hal yang harus kita miliki untuk dapat berpikir Thinking out side the box diantaranya :

1. Keinginan untuk mengambil ide-ide dan ekspektasi baru dari hari ke hari, berdasarkan perkembangan informasi dan kondisi kekinian.
2. Berfokus pada nilai dalam menemukan ide -ide baru dan bertindak sesuai dengan ide-ide tersebut.
3. Terbuka pada sesuatu yang berbeda dan melakukan sesuatu dengan cara berbeda.
4. Berusaha menciptakan nilai dengan cara -cara baru.
5. Menerima segala bentuk informasi yang berkembang untuk kemudian difilterisasi.
6. Mendukung dan menghormati pihak lain ketika mereka mengungkapkan ide – ide barunya.

Pada Zaman Wild-Wild-West (Jaman koboi di Amerika dulu), terjadi trend menggali emas dan tiba-tiba semua orang pergi ke barat untuk mencari emas, tetapi tahukah Anda siapa yang paling kaya? Yang menggali emas ? BUKAN !!

Ternyata yang paling kaya adalah YANG JUAL JEANS (LEVI’S), dan YANG JUAL SEKOP kenapa? Karena disaat semua ikut-ikutan menggali emas, mereka tiba-tiba mempunyai kebutuhan yang sama yaitu celana jeans dan sekop. Jadi pada saat itu orang-orang yang dapat melihat peluang bisnis tersebut, akan menjual jeans atau sekop karena mereka tidak ikut-ikutan mencari emas, tapi fokus apa yang akan banyak di cari saat trend emas itu terjadi.

Ketika ada trend yang semua orang suka olah raga lari, kita jual apa supaya larinya lebih cepat? JUALAN SEPATU , JUAL KAOS OLAHRAGA.

Siapa yang tidak tahu dengan yang namanya AQUA (maaf bukan promosi lho!). Mungkin hanya sedikit yang tahu bagaimana situasi yang dihadapi oleh perintis dari produk air dalam kemasan ini. Kala itu, banyak orang mencibir dan meremehkan, air bening dijual dalam kemasan botol (waktu itu kemasan gelas belum ada), pasti tidak akan laku. Karena apa ? Karena air yang biasa dijual dalam kemasan saat itu biasanya adalah air yang sudah diberi perasa dan pewarna (sirup, orson dll), selain itu kalau orang butuh air bening tinggal masak saja air dari sumur. Selesai perkara.

Tapi apa yang terjadi sekarang (dimana kualitas air tanah tidak sebagus dulu), orang dimana-mana sudah akrab dengan air dalam kemasan ini bahkan banyak perusahaan yang akhirnya mengikuti (mengekor) kesuksesan yang ditorehkan AQUA.
Salah satu cara yang paling bisa untuk melatih kita berpikir diluar dari “kotak” adalah dengan mengetahui terlebih dahulu cara berpikir apa yang orang biasa pikirkan atau lakukan. Jika sudah mengetahui apa yang orang biasa pikirkan, maka kita bisa mencari sesuatu di atas yang orang biasa pikirkan tersebut. Menciptakan suatu hal yang sudah pernah dipikirkan orang lain namun belum terealisasikan atau bahkan menciptakan sesuatu yang belum pernah terpikirkan oleh orang lain sekalipun Apakah bisa disebut ide yang gila? Ya, memang benar ini ide yang gila dan mustahil pada saat ini. Bagaimana jika hal itu nantinya terjadi? Akan menjadi sangat luar biasa dan ternyata tidak mustahil.

Lalu bagaimana kaitannya dengan dunia dakwah dan tarbiyah, lebih khusus lagi dengan kebijakan-kebijakan strategis yang diambil oleh para qiyadah kita.

Saya berpendapat dalam kadar tertentu beririsan dengan cara pengambilan keputusan yang ‘out of the box’, diluar main-stream cara berfikir yang seharusnya diambil oleh partai yang salah satu positioning-nya adalah partai dakwah atau partai Islam. Namun demikian dalam kacamata kemaslahatan dakwah maka saya berpendapat bhw kebijakan-kebijakan tersebut tidak semata-mata “Out of The Box” saja tapi juga ”Still Inside The Frame”, yang dalam bahasa dakwahnya dikenal dengan istilah TSAWABIT WAL MUTAGHAYYIRAT. Yang merupakan racikan yang padu atas dasar pemahaman yang mendalam dari fiqhud dakwah, fiqhul ahkam dan fiqhul waqi’. Saya merasa nyaman, karena saya percaya dengan kapasitas, kompetensi serta komitmen para qiyadah tersebut.

Akhirnya saya merenung, boleh jadi kebijakan-kebijakan strategis yang diputuskan oleh para qiyadah dakwah ini, yang saat ini banyak dicibir orang, banyak dikritisi oleh banyak orang, banyak tersebar fitnah atasnya bahkan diragukan juga oleh sebagian kecil kadernya. Seiring dengan waktu berlalu dan proses yang terjadi akhirnya atas izin Allah akan menuai hasil yang luar biasa bagi kemaslahatan dakwah ini. Lalu saya pun menerawang, apa yang telah dilakukan oleh para kader dakwah di negeri ini akhirnya satu saat kelak menjadi satu sunnah hasanah, menjadi trend-setter bagi pola pergerakan para pejuang Islam di seluruh penjuru dunia. Betapa banyak limpahan kebaikan didalamnya.

”Ah !! Apakah ini hanya mimpi ?” sebersit tanya muncul, tapi saya pun kembali tersenyum tenang, saya teringat perkataan seorang sholeh, seorang ‘ulama mujaddid mujahid dakwah abad ini, dia pernah mengatakan “Mimpi hari ini adalah kenyataan esok hari.” “Amin, ustadz.” gumamku.

*) racikan dari berbagai sumber, silahkan baca lbh lanjut ttg masalah” tsawabit wal mutaghayyirat” ini, ada beberapa buku bagus yg membahasnyai dengan tuntas (sy lupa judul bukunya tapi sy pernah baca sebelumnya). Inayah, Taujih Forum Sholahuddin

4 thoughts on “Out Of The Box !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s