Bertahanlah Wahai Jiwaku


Sungguh, godaan ini terlalu berat. Memang segala daya dan kemampuan syetan untuk menggoda, menipu dan mengelabuhi kita sangatlah hebat dan dahsyat. Syetan menggoda kita dengan berbagai cara entah dengan harta, pangkat, wanita, maupun jabatan. Bahkan orang yang mengetahui bahwa hal itu merupakan maksiat dan berbahaya belum tentu menjadikan orang tersebut tidak untuk tercebur di dalamnya. Lihatlah, bahkan orang yang berilmu melakukan penipuan yang lebih besar dibandingkan orang yang berilmu.

Saya sungguh salut dengan dengan perjuangan sahabat-sahabat yang berusaha menahan diri godaan maksiat yang sangat hebat. Bekerja di tempat dimana godaan uang sangat besar, dan godaan kenikmatan lain yang hingar bingar.
Ibnu Jauzi mengatakan “Janganlah sekali-kali engkau menganggap jalan (merubah diri menjadi baik) itu mudah. Banyak rintangan, duri tajam yang membuat kita sakit.”

Ibnul Jauzi dalam kitab Shaidul Khatir memberikan tahapan untuk merubah diri menjadi baik.

  1. Memperbanyak diam (untuk melatih jiwa tidak terlalu banyak komentar dan mudah bergolak). Sesungguhnya lisan akan cenderung diam jika jiwa tidak bergolak. Dengan diam engkau bisa meraba keburukan, jika engkau merabanya maka jiwa akan luluh dan hancur. Bila engkau menyadari engkau telah keliru maka ingatkanlah satu persatu.
  2. Ingatlah dosa-dasamu/kekeliruanmu seolah ketaatanmu tidak ada bandingnya dibandingkan dosa-dosamu.
  3. Lemahkan jiwamu dengan rasa lapar dengan memperbanyak puasa maka jiwamu akan mendengar dan pasrah.
  4. Perangi sifat menunda, tekad meninggalkan maksiat itu sangat rentan dengan gangguan menunda-nunda. Ingatkan akan ajal yang sudah dekat. Ingatkan akan hukuman dan kengerian yang akan diterima.
  5. Isi dengan kebaikan, cari teman untuk jiwamu yang bisa menuntunmu kearah petunjuk-Nya.
  6. Bertahanlah karena tidak ada kata akhir dalam berjuang.

Bertahan semampu kita, dan ingatlah saat-saat sendiri, tatkala tidak ada makhluk ciptaanNya memperhatikan kita, disitulah sesungguhnya tabiat asli kita. (Bang Navre)

4 thoughts on “Bertahanlah Wahai Jiwaku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s