Hidup sampai 1000 tahun


Banyak orang ingin awet muda dan umur panjang. Segala cara dan upaya dilakukan agar orang bisa berumur panjang. Dari rajin mengkonsumsi jamu, obat, olahraga, bahkan dengan ke dukun pun mereka lakukan. Tapi itu adalah umur dalam hal dunia. Tetapi mereka lupa bahwa umur ada batasnya.

Hidup sampai 1000 tahun. Ini bukan khayalannya Chairil Anwar, raja puisi tahun ’45. Tetapi benar-benar keinginan yang bisa terwujud. Bagaimana mungkin manusia jaman sekarang bisa berumur 1000 tahun. Hal itu mungkin saja terjadi.

Orang tentu mengenal siapa Imam Bukhori, ulama ini sudah meninggal sejak tahun 869 M. Tetapi karya-karyanya tetap menjadi pegangan para ulama terutama al Jamiush Shahih atau lebih dikenal Shahih Bukhori. Bahkan dia disebut guru para perawi hadits.

Orang tentu mengenal Imam Nawawi, walaupun ulama ini telah meninggal beberapa ratus tahun lalu yaitu tahun 676 h, tetapi sampai sekarang para ulama dan ustadz masih menggunakan karya-karya beliau. Karya-karya beliau yang terkenal adalah Hadits Arbai’in, Syarh Muslim, Riyadhus Sholihin, Al Adzkar, dan lainnya, banyak sekali para ulama yang melakukan pensyarh terhadap buku beliau.

Walaupun aktifitas dakwah berhenti oleh nyawa yang lepas, tetapi kucuran amal tak berhenti.

Itulah umur kita sebenar-benarnya. Seberapa banyak umur yang kita gunakan sebagai amal jariah kita. Nabi saw memberi contoh bahwa sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya. Jadi kita tidak hanya berhenti sebagai Tholib atau santri. Tetapi kita ada usaha menyampaikan apa yang telah kita dapat baik pada orang terdekat kita misal istri, anak, adik ataupun orang lain.

Janganlah memandang remeh mengajar Qur’an, sebab itu ladang amal jariah yang sangat besar. “Sebaik-baik kamu adalah orang yang mengajar dan belajar Al Qur’an”. Janganlah memandang remeh mengaji bersama keluarga. Walaupun kita baru sebatas membaca apa isi kitab itu. Insyaallah menjadi amal jariah kita, sebagai barokah umur kita.

Kata Aa Gym mulailah dari yang kecil, karena hal besar tak akan tercapai bila bukan dari yang kecil. Mulai dari sekitar kita siapa tahu kita bisa buat karya yang berguna……(Bang Navre)

8 thoughts on “Hidup sampai 1000 tahun

  1. terkenalnya karena apa mas…terkenal karena kebaikan…apalagi muslim setiap sholat didoakan sama muslim lain itulah indahnya islam…saling mendoakan walau tidak kenalklo terkenal karena keburukan buat apa..? ya tho….terkenal posting mencemooh di sana dan sini…menghujat sana dan sini…padahal kita tidak tahu…apakah yang kita hujat lapang dada atau mendoakan kejelekan..ya tho..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s