Istimewanya Wudhu..!!!!


“Sungguh umatku kelak akan datang pada hari kiamat dalam keadaan (muka dan kedua tangannya) kemilau bercahaya karena bekas wudhu. Karenanya, barangsiapa dari kalian yang mampu memperbanyak kemilau cahayanya, hendaklah dia melakukannya (dengan memperlebar basuhan wudhunya)” (HR. Bukhari Muslim)

Bukan Omong Kosong
Ada kisah, seorang kyai di daerah Garut, pernah menceritakan bahwa sekitar tahun 70 an di dekat rumahnya akan dibangun jalan baru. Namun proyek itu sempat terhenti karena ada satu kuburan yang mungkin akan menghalangi proyek itu. Setelah berdialog dengan keluarga almarhum, akhirnya keluarga itu setuju memindahkan jasad di dalam kuburan itu ke tempat lain. Setelah digali ternyata……jasadnya masih utuh meskipun telah meninggal lama. Tentulah kain kafannya telah hancur dimakan rayap atau binatang karena terpendam dalam tanah bertahun-tahun. Di akhir ceritanya, guru saya memberi kesimpulan, “ Saya kenal orang ini, dia mengabdikan akhir usianya menjadi seorang muazin di Masjid dekat rumahnya. Dia marah kalau ada orang azan selain dia. Saya tidak tahu apakah karena ia sering menjadi Muazin ataukah ia yang sering wudhu sampai jasadnya utuh dan tidak berbau.”

Ayo Sering Wudhu
Wudhu tentulah menjadi syarat sahnya shalat, namun tulisan ini hanya menceritakan dan syukur-syukur kita mau sering berwudhu….. Loh kenapa??? Emang apa istimewanya??? Tentu saja kita tidak bercita-cita ketika mati tubuh kita mulus meskipun telah dikubur seperti halnya Mummy dengan sering berwudhu.
Jadi ada keistimewaan lain dari wudhu ini, yaitu bahwa selain wudhu itu sebagai penunjang aktifitas ibadah harian kita, wudhu juga memiliki keistimewaan lain. Yaitu: membuat muka bercahaya, awet muda, wajah shinning meskipun tanpa facial, wudhu juga salah satu pengugur dosa-dosa kecil karena dosa besar diharuskan dengan taubat nasuha… membuat pelajaran mudah dicerna dan keistimewaanya lainnya…

Pahala Dari Tetesan Air Wudhu

“Maukah kalian aku beritahukan tentang sesuatu yang dengannya Allah akan menghapuskan dosa-dosa kalian dan meninggikan derajat kalian? Para sahabat menjawab : Mau, ya Rasulullah. Kemudian beliau pun berkata : “Yaitu dengan menyempurnakan wudhu’ dari hal-hal yang bersifat makruh, banyak melangkah menuju masjid dan menunggu waktu shalat setelah shalat (tahiyatul masjid). Yang demikian itu adalah ikatan (perjanjian).” (HR.Muslim)

“Barangsiapa wudhu dengana sempurna, maka dosa-dosanya akan gugur dari jasadnya hingga keluar juga dari bawah kukunya.” (HR. Muslim)

Aku pernah mendengar kekasihku Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda : ‘Kemilau cahaya seorang mukmin (kelak pada hari kiamat) sesuai dengan batas basuhan wudhunya.” (HR. Muslim)

Dan tentu masih ingat kisah Bilal …

Suatu ketika Rasulullah saw bermimpi melihat surga dan beliau mendengar suara langkah terompah Bilal r.a. kemudian pada waktu Shubuh Rasulullah saw bertanya kepada Bilal r.a. “Apakah amalan istimewamu sehingga suara langkah terompahmu sudah terdengar di dalam surga?” Bilal r.a. menjawab, “Aku selalu berusaha memperbaharui wudhuku apabila batal pada siang ataupun malam hari, kemudian melaksanakan sholat Tahiyyatul Wudhu sebanyak yang aku mampu”(al Fath)

6 thoughts on “Istimewanya Wudhu..!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s