Jangan Banyak Alasan


Ibnu Abbas menceritakan, bahwa tatkala Nabi saw. bermaksud untuk berangkat ke medan perang Tabuk, lalu beliau bertanya kepada Jadd bin Qais, “Hai Jadd bin Qais! Bagaimana pendapatmu tentang memerangi orang-orang Bani Ashfar (kulit kuning/orang-orang Romawi.” Maka Jadd bin Qais menjawab, “Wahai Rasulullah! Sesungguhnya aku adalah seorang lelaki yang banyak memiliki wanita (istri). Bilamana saya melihat wanita orang-orang kulit kuning saya pasti terfitnah oleh mereka, maka janganlah engkau menjadikan saya terjerumus ke dalam fitnah.

Riwayat diatas adalah sebuah potongan kisah yang menjadikan sebab turunnya ayat 49 dari surat At Taubah, “Di antara mereka ada orang yang berkata: “Berilah saya keizinan (tidak pergi berperang) dan janganlah kamu menjadikan saya terjerumus dalam fitnah.” Ketahuilah bahwa mereka telah terjerumus ke dalam fitnah . Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar meliputi orang-orang yang kafir”. 

Khithob dari ayat ini adalah orang orang munafik yang enggan berangkat menuju Tabuk. Mereka beralasan (kelihatannya sih syar’i) bahwa mereka takut tergoda oleh para perempuan bule yang berkulit putih kekuningan, berambut blonde dan bermata biru.
Atas alasan ini pun tidak ditemukan sanggahan dari Rosulullah, karena memang Rosulullah hanya menghukumi dhohirnya saja. Tapi Allah Maha Tahu, bahwa sesungguhnya orang orang munafik enggan berangkat bukan karena alasan tersebut diatas, tapi karena kelemahan iman mereka! Allah buka aib mereka agar menjadi pembelajaran kita untuk tidak mudah menyampaikan alasan mangkir dari panggilan dakwah. 

Allahu a’lam. 

Muwajih: Mbah Buyut

Advertisements

2 thoughts on “Jangan Banyak Alasan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s