The New Bilal bin Rabah


Kisah penyiksaan Bilal bin Rabah sudah begitu masyhur. Bagaimana keteguhan iman, seorang budak mualaf yang disiksa tuannya. Para kafir Quraisy jika matahari sudah berada pada puncaknya, langit terasa panas, dan pasir kota Mekkah sudah terasa melepuh… para kafir Quraisy ini melepaskan baju kaum muslimin mustad’afin tadi, lalu memakaikan kepada mereka pakaian besi lalu membakar mereka dengan sinar matahari yang begitu terik.

Yang menjadi penyiksa diri Bilal adalah Umayyah bin Khalaf dan para algojonya. Mereka mendera punggung Bilal dengan cambuk, namun tetap saja Bilal berkata: Ahad, Ahad.

Mereka menimpakan batu-batu besar pada dada Bilal, namun tetap saja Bilal berkata: Ahad, Ahad (Allah Yang Esa, Allah Yang Esa).

Kisah itu juga berulang pada keluarga Yasir. Dan soal penyiksaan mereka, diserahkan kepada Bani Makhzum. Setiap hari Yasir, Sumayyah dan ‘Ammar dibawa ke padang pasir Mekah yang demikian panas, lalu didera dengan berbagai adzab dan siksa.

Lalu kisah itu tidak selalu berhenti di jaman Nabi, dan para sahabat. Generasi selanjutnya akan ada peniru keteladan dan keteguhan aqidah mereka.

Dakwatuna.com melaporkan seorang bocah Palestina bernama, Ahmad Shiyam (12 tahun) dalam pemeriksaan terhadapnya disuruh untuk bersujud. Namun anak ini menolak dan mengatakan, “Saya tidak akan bersujud kecuali pada Allah”. Walau ia dipukul di tengkuknya beberapa kali, ia tetap dalam pendiriannya.

Sejumlah anak yang lain mengatakan, pukulan tersebut mengakibatkan mereka merasakan sakit di tangan, kaki dan setiap persendian badannya dan akibat terlalu diikat. Subhanallah.

Apakah yang membuat keteguhan hati, tak lain buah tarbiyah. Tarbiyah terhadap aqidah, akhlaq, dan tsaqofah keislaman. Ya, Allah tolonglah kaum muslimin di palestine dan di semua bumiMu. Amin.

Advertisements

2 thoughts on “The New Bilal bin Rabah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s