10 Cara Membuat Anak Merasa Spesial


Walau orang tua tahu dalam hatinya kalau ia selalu menyayangi sang anak, si anak sering lupa hal tersebut. Seringkali karena orang tua sibuk bekerja anak merasa kurang diperhatikan.

Untuk membuatnya tetap merasa diperhatikan dan spesial, tak ada salahnya sekali-sekali kita lakukan hal kecil yang membuatnya bahagia. 10 hal di bawah seperti dikutip selfgrowth, bisa membuat si kecil terus merasa istimewa.

1. Jangan Sepelekan Sapaan
Sapaan kepada si kecil merupakan hal kecil tapi penting. Setiap bertemu atau berpisah jangan lupa selalu memberikan sapaan. Bilang bertemu sapalah si kecil dengan gembira, menandakan Anda senang bertemu dengannya.

2. Berikan Sentuhan
Sekadar usapan, pelukan hangat usai pulang kantor, serta kecupan sepulangnya dari sekolah membuat anak selalu merasa disayang. Tak pernah ada kata terlalu banyak untuk sentuhan sayang kepada anak.

3. Lakukan Kegiatan Spesial
Pergi berdua dengan si kecil paling tidak satu bulan sekali. Pergi ke tempat yang anda bisa fokus dengannya. Bermain di taman, makan es krim bersama, dan lakukan kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak interaksi dengannya. Tapi jangan lupa pilih juga kegiatan yang dia suka, jangan ajak dia berjalan-jalan di mal padahal ia tidak menikmatinya. Baik Anda maupun anak harus sama-sama senang.

4. Selalu Duduk Bersama
Minta ia untuk duduk di sebelah Anda saat makan malam, di mobil atau ketika menonton bioskop. Timbulkan perasaan Anda selalu ingin berada di dekatnya.

5. Pantau Kegiatan
Dengan mengetahui jadwal ujian, les, atau jadwal menginap bersama teman ia merasa diperhatikan. Ingat juga jadwal jalan-jalan yang Anda janjikan kepadanya. Usahakan untuk tidak membatalkan kegiatan yang pernah Anda janjikan kepadanya. Jika ia sedang menghadapi ujian, bersikaplah mendukung. Katakan juga kepadanya kalau Anda ikut mendoakan supaya ia sukses dalam ujiannya.

6. Nama Spesial
Ciptakan nama spesial khusus Anda berdua. Panggil ia dengan nama khusus, begitu juga sebaliknya. Hal yang hanya eksklusif milik Anda berdua itu akan membuatnya merasa spesial.

7. Minta Perhatiannya
Sekali-sekali tak ada salahnya minta dicium dan dipeluk oleh si kecil. Anak Anda akan merasa senang memiliki perasaan diinginkan dan dibutuhkan.

8. Libatkan dalam Keputusan
Jika memungkinkan libatkan ia dalam membuat keputusan kecil atau besar. Misalnya menyusun menu makanan atau memilih shampoo mana yang akan dibeli. Jika akan membeli mobil baru, tanya juga pendapatnya warna apa yang dia suka. Anak kecil akan timbul rasa percaya diri dan dibutuhkan jika sering dimintai dan dipercaya pendapatnya.

9.Percaya Padanya
Beri ia kepercayaan dan tanggung jawab seakan-akan ia orang dewasa. Ajari ia cara menggunakan kamera lalu minta ia untuk mengambil gambar Anda. Izinkan juga ia membantu kegiatan rumah tangga semampunya. Libatkan ia dalam kegiatan memasak misalnya mencampur adonan atau membentuk kue.

10. Pesan Spesial
Tinggalkan pesan-pesan spesial yang membuatnya merasa disayang. Jika Anda pergi sebelum ia bangun tidur, tulis pesan di kertas kecil dan letakkan di samping tempat tidurnya. Katakan Anda merindukannya dan tak sabar untuk segera bermain dengannya lagi. Jika Anak membawa bekal sekolah tak ada salahnya sekali-sekali menyisipkan pesan yang menyemangatinya belajar. Perhatian-perhatian kecil seperti itu besar artinya bagi anak.

(fta/eya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s