Prinsip AIDA untuk Bisnis


Readersdigest.co.id Investasi dan Bisnis

Image by : Istimewa

Jika Anda merasa kesulitan menjual produk yang Anda miliki, bisa jadi Anda belum memahami benar prinsip-prinsip dalam menjual.

Joe Vitale, penulis buku Buying Trance, mengemukakan bahwa banyak sekali penjual yang sudah memahami produk yang dijual, namun sedikit sekali yang memiliki ilmu untuk “membius” calon konsumen mereka.

Karena itu, seorang penjual harus memahami prinsip AIDA (Attention, Interest, Desire, Action).

Attention: lakukan berbagai upaya untuk menarik perhatian konsumen. Jika Anda melakukan cara-cara berpromosi seperti yang sudah dilakukan kompetitor, dijamin produk Anda tidak akan laku.

Interest: setelah konsumen memberikan perhatiannya, mulailah rayu untuk membuat ia lebih tertarik. Misal, dengan memberikan informasi keunggulan produk Anda atau manfaat yang bisa ia dapatkan dari produk Anda.

Desire: tertarik saja masih belum cukup, terus bangkitkan hasrat konsumen untuk membeli. Misal, dengan memberikan jaminan bahwa ia tidak akan menyesal membeli produk Anda.

Action: setelah konsumen menunjukkan hasrat, segera “kunci” keinginannya. Misalnya, dengan memberikan kalimat-kalimat persuasif. Anda bisa bertanya seperti ini, “Jadi mau membeli berapa?” (Wiko Rahardjo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s