Tips Memasak Sehat


#TipsMemasakSehat @zaidulakbar

#TipsMemasakSehat..mari kita pelajari bersama..bismillah
1.Kukus, Panggang,Pepes, Rebus atau Bakar, hindari gorengan.

2.Agar tdk berlemak,gunakan alatmasak anti lengket.

3.Masaklah dng api kecil,trutama sayuran,krn suhu 48 derajt akan merusak enzim di dlmnya

4.Ingin menggoreng?bisa, tapi gunakan sedikit minyak dan itupun minyak tak jenuh spt zaitun

5.Hindari memakai bumbu instan apa lagi kemasan,buat saja sendiri, dan hindari msg atau penyedap rasa.

6. Gunakan virgin coconut oil ato vco sbgalternatif jk menggoreng, krn ia tdk rusak.

8. Hindari krim, saus, pasta,susu berlemak tinggi spt susu kental manis.

9.Kurangilah garam dlm makanan, trutama garam halus atau garam refinery.

9. Boleh pake garam?boleh, tapi garam yg blm terllau banyak pengolahan,garamkrosok misalnya.

10.Hindari memakai,kecap, saus tomat,saus cabe botol,bumbu mi instan, saladdressing,krn tingginya garam disana.

11. Bye bye dng makanan sarat garamtinggi, spt pasta, mi instan, produk kalengan,susu bubuk krim,margarin,mentega.

13.Bs pake percikan minyak zaitun, cuka, jus lemon, minyak wijen sbg penyedap dan pengganti garam.

14. Hindari dan jauhi produkkalengan krn biasa sudah diberi garam tinggi utk pengawet.

15. Gunakan rempah2 utk penyedap, spt bwg putih, kayumanis, minyak wijen, pala,cengkeh sbg penyedap.

16. Tanaman herbal spt seledri, daun bawang, rempah2 jg bermanfaat menambah rasa.

17.Kemiiri ketumbar bs disangrai utk memberi harum dan rasa pada masakan kita.

18.Merica putih dan hitam (jng instan) bs digunakan utk penyedap masakan.

19.Biasakan sayuran dikukus daripada dipanaskan atau ditumis, ato digoreng

Pilihlahberas yg msh ada kandungan nutrisi lengkap, beras merah,beras hitam,ato beras yg berkecambah.

Jk memilih beras putih, carilah beras yg gak putih2 banget dan ga wangi(krn skr pada pake pewangi)

Kl beras yg dibeli ada kutu nya,bberarti berasnya bagus, kl kutu aja ga mau disitu, knp qt yg mau?

Jkmasakannya enak, bagi tetangga, jika gak enak makan sendiri.

Jgn lupa jk tetangga blg masakannya enak, segera siapkan kartu nama,tuliskan menerima katering, jgn lupa no hp dan alamat rumah.

Pokoknya kl bs hindari gorengan deh..tahu goreng?ganti dng tahu kukus ato pepes, lbh baik.

Dirumah pagi2 kl bs hindari yg berbentuk gorengan, kukus,rebus, pepes, panggang lbh baik.

Cth ni, kl mau dimasakin tahu goreng, kasi tau ama org rumah, di bacem ato di tim aja deh,ato pepes

Kalo mau dimasakin nasi goreng?jgn mau,/ganti dng nasi tim aja, ato nasi panggang, tp usahakan pake bukan beras putih

JANGAN memasak, memanaskan ato apapun akfititas masak anda dng memakai mikrowave..inget ya.

Masakan alami itu jauh lbh sehat dan qt sudah tahu, mi yg digodok pake api arang ato api dr minyak, lbh sedap kan dr gas?

Bg yg suka beras merah, rendem 45menit sebelum ditanak berasnya,nti lembut kok.

=end=

dr zaidul akbar

dr zaidul akbar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s