Menikmati Kerja


229937_318589608227760_1234273955_n

 

Oleh: Mohammad Fauzil Adhim

 

 

Jika bekerja hanya untuk mendapatkan uang, maka tingginya jenjang pendidikan justru menyulitkan ridha terhadap takdir atas rezeki. Jika bekerja hanya untuk mengejar uang, maka akan sulit berserius memeras keringat mencari ridha Allah Ta’ala melalui kesungguhan bekerja.

 

“Gaji dokter tidak ada separonya pendapatan pengemis yang 25 juta,” protes seseorang. Tetapi ia lupa bahwa pengemis tidak digaji. Ia mendapatkan itu karena buka praktek. Dokter pun kalau buka praktek dapat memperoleh penghasilan di luar gaji dan boleh jadi melebihi penghasilan pengemis. Itu pun kita perlu bertanya, apakah setiap pengemis memperoleh penghasilan sebanyak itu? Apakah itu penghasilan per bulan?

 

Saya tentu saja sangat tidak setuju dengan profesi pengemis. Saya hanya ingin mengajak kita semua untuk mengingat kembali, apakah yang sungguh-sungguh kita cari dari bekerja? Jika hanya untuk mencari uang semata, mengapa harus kuliah hingga S-3? Jika hanya uang urusan kita, tenaga terkuras, waktu tersita, pahala tiada, tidak pula dapat menikmati kerja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s