Archives

Cara Sehat Paling Mudah


Jika anda membaca judul diatas, mungkin sudah mulai bertanya tanya, bagaimana cara sehat paling mudah dan pastinya bisa terbebas dari berbagai penyakit? maunya gitu khan?

Pastilah…saya juga maunya begitu, namun apa bener tu bisa kayak gitu, sehat dengan mudah?

Sebenarnya sederhana kok, saya sering sampaikan dalam berbagai acara acara saya bagaimana cara sehatnya Rasululah, kenapa Rasulullah? karena beliaulah satu satunya manusia di muka bumi ini yang sehat jiwa dan raganya dan tidak sakit sakit seperti banyaknya manusia modern saat ini.

Hmm…ada apa nih dengan manusia modern? ada yang ga benar disana? jika saya membahasnya dari sisi kesehatan,manusia modern umumnya makannnya juga makan manusia modern, apa itu?  makanan olahan yang berlimpah yang dikonsumsi setiap saat, makanan beku, dan makanan yang banyak sekali mengandung berbagai macam perisa, penyedap dan lainnya.

 

Tidak boleh dikonsumsi? jelas tidak la, bisa bisa saya dikejar oleh produsen produsen makanan tersebut, namun cara hidup sehat ala Rasululah yang juga saya sebutkan dalam buku Jurus Sehat Rasululah karangan saya, sebenarnya sederhana kok, bisa anda kerjakan setiap saat, asal punya keinginan.

Beberapa hal berikut yang bisa kita contoh antara lain, saya nggak bisa sebutkan semua lo, karena terlalu banyak…namun mudah mudahan ini dapat membantu anda hidup jauh lebih baik dan lebih sehat , mau khan?

1. Perbaiki seluruh amal ibadah kita, mulai dari sholat, shalat sebagaiman shalatnya Rasululah, shalatlah tepat waktu, gerakan shalat, perbaikilah semua yang berhubungan dengan shalat, termasuk wudhu ya…

2. Tidurlah seperti tidur Rasululah, Rasulullah tidur selepas isya, untuk persiapan bangun tengah malam, jadi tidur beliau pun bagian dari ibadah khan ?

3. Mulailah untuk lebih banyak tersenyum, usahakan setiap bertemu dengan orang lain, kita menunjukan senyum yang terbaik, wajah yang menyenangkan, bahkan bersalamanpun coba deh salaman ala Rasulullah, tahu khan ?

4. Coba jadwalkan untuk silaturahim ke keluarga atau kerabat, baik dari orang tua kita, saudara, termasuk mengunjungi ulama, ke majelis ilmu mereka.

5. Mengajilah atau bacalah Aquran setiap hari, kalau 1 juz bisa ya alhamdulilah, namun jangan pernah seharipun dalam hidup kita tidak berkomunikasi dengan Allah via Alquran.

6. Bacalah wirid pagi dan petang setiap hari, karena itu akan jadi kekebalan iman kita.

7. Jangan biarkan lisan kita hanya diam tiada mengucap apa apa, usahakan setiap saat lisan kita basah dengan zikrullah.

8. Jangan pernah melewatkan setiap hari dalam kehidupan kita tanpa bersedekah, usahakan tangan anda sendiri yang menyerahkan bantuan atau sedekah tersebut.

masih banyakkkkk..saya nggak bisa sampein semua, namun beberapa sunnah diatas mulai anda kerjakan, insha Allah kesehatan anda akan jauh lebih baik, ada hubungannya? jelas ada, kata siapa? Kata Rasulullah..ada keberkahan dari apa yang saya sampaikan diatas, itu prinsipnya, terusss…yang bener bener berhubungan dengan fisik apa?

Gampang kok…saya sarankan mulailah makan dan minum ala Rasulullah,apa clue nya?

Rasulullah makan dan minumnya sangat sederhana, Sahabat beliau pun makan dan minum dengan sederhana, dan yang mereka makan saat itu juga makanan dan minuman yang masih banyak dalam keadaan belum banyak diolah, apalagi menggunakan berbagai bahan tambahan pangan yang berasal dari bahan kimia.

Minumlah lebih sering daripada makan, minum air putih ya, bukan air berwarna, minum sesering mungkin, jangan menunggu haus, namun, untuk makan, usahakan jangan terlalu sering makan, namun makanlah khususnya jika kita benar benar dalam keadaan lapar, dan jangan tidur dalam keadaan kenyang.

cukup? masih banyak sih…nanti kita sambung lagi…

Salam Sehat ala Rosul….

 

Zaidul Akbar

Inspirator Kesehatan Islam

Cara Sehat Paling Mudah

Tanya Jawab Bekam 1


  • Kenapa harus Thibb Nabawi?

    Pertanyaan yang sangat baik untuk pembuka. Karena umat muslim yang dilandasi dengan Al-qur’an dan Hadist untuk itu dalam hal medis pun kami landasi dengan keduanya. Itulah sebabnya mengapa harus Thibb Nabawi.
  • Apakah orang yang pingsan ketika dibekam itu akibat karena kekurangan darah?

    Kekurangan darah karena bekam. Tidaklah la yaw. Kecuali kalau sayatan kedalaman, yang berarti malpraktik, atau yang pakai lancet jarum dan titiknya kebanyakan. Bekam yang baik tak kan begitu, yang mengakibatkan anemia. Memang terkadang sebagian pasien mengalami preshock, baru gejala akan pingsan, sehingga masih sadar, tak sampai pingsan total. Itu pun sangat jarang terjadi. Penyebab preshock yang paling menonjol karena kurang tidur, bukan karena rasa takut, terutama orang yang baru pertama kali bekam. Kedua karena lapar. Ketiga karena kondisi fisik yang drop, kurang fit. Untuk kasus ketiga, bekam tetap dapat dilakukan tapi hanya dengan satu sampai tiga tittk saja, di samping cara-cara lain yang harus diperhatikan.
  • Apa yang kita lakukan pertama kali ketika menghadapi pasien yang seperti itu?

    Gelas kop sesegera mungkin dilepas, darah dibersihkan dengan kassa steril. Pasien preshock harus dibaringkan di divan. Karena itu rumah bekam yang tidak memiliki divan masih belum layak. Beri air minum. Pejamkan mata. Berdzikir. Disupport. Biarkan diam sekitar lima menit. Sebisa mungkin setelah itu bekam dilanjurkan. Insya Allah kedua kalinya tak kan preshock.
  • Mengenai perilaku pembekaman, bagaiman kita meyakinkan sang pasien bahwa apa yang kita lakukan adalah sesuai prosedur standar?

    Perilaku steril nggak usah dipidatokan. Kalau tempatnya bersih, perlenhkapan dari bahan steinless steel, alat-alat bekam lengkap, dari korentang, klem arteri, tromol, nierbeken, bak, kom, rak instrumen, ada sterilizer dan digunakan, tentu lebih dari cukup untuk diperhatikan pasien. Tentang perilaku yang baik saat membekam, tentu banyak jenisnya. Semua ada SOP-nya, yang dikaitkan dengan masing-masing alat dan juga perilaku itu sendiiri, dan ada pula yang dikaitkan dengan pasien. Contoh perilaku tidak baik, tidak steril dan bahkan bahaya adalah membekam dua pasien sekaligus berbarengan dan selebihnya.
  • Sterilisasi, apa poin-poin yang harus dilakukan dalam tahap ini?

    Sehububgan dengan sterilisasi alat, Assabil sudah membuat SOP yang disebut PPI bekam. Sebelum dilakukan sterilisasi terhadap alat-alat bekam, harus dilakukan beberapa tahap, yakni dekontaminasi, disinfeksi tingkat rendah, disinfeksi tingkat sedang, disinfeksi tingkat tinggi, lalu proses sterilisasi. Uraian lengkap dapat diserap lewat pelatihan di LKP Assabil.
  • Berapa jumlah titik maksimal pada setiap pembekaman?

    Tidak ada batasan maksimal. Bahkan titik bekam tidak boleh kebanyakan, karena dapat memunculkan beberapa akibat yang tidak baik dan baakan malpraktik. Yang pasti, tubuh pasien tak kan mampu merespon efektifitas bekam secara sekaligus.
  • Apa efek sampingnya ketika kita membekam seseorang lebih dari waktunya?

    Pengekopan terlalu lama (juga titik terlalu banyak) sangat potensial memunculkan blister atau bulla atau lepuhan di bawah stratum corneum kulit, sehingga pasien meriang dan demam, yang berarti malpraktik.
  • Dalam keadaan sebelum makan atau sesudah makan sebaiknya hijamah itu dilakukan?

    Sebaiknya ada jarak waktu antara makan dan hijamah, ssbelum atau sesudahnya, sekitar 2 jam, terutama sebelum bekam.Sebenarnya tidak terlalu ada efeknya untuk hal ini. Kalaulah ada, biasanya pasien akan muntah.
  • Bolehkan melakukan hijamah di daerah persendian?

    Lebih baik hindari titik hijamah di bagian persendian, terutama di lingkar lutut, terutama lagi dari arah belakang.
  • Apakah benar jika hal tersebut dilakukan akan mengakibatkan kelumpuhan?

    Sebagian pasien tidak mengalami efek saat dibekam di pendian, namun sebagian lain ada yang bahkan sampai mengalami kelumpuhan total. Seorang ibu di Klender Jakarta Timur lumpuh total di atas kursi roda hingga 3 minggu. Seorang ibu di Cipinang Muara, juga Jakarta Timur, langsung lumpuh setelah dibekam di lututnya, selama satu minggu. Maka lebih baik hindari titik bekam di persendian. Pembekam yang tidak pernah mengikuti pelatihan bekam, biasanya cenderung sembrono.

 

http://assabil-holyholistic.com/tanya-jawab-bekam/bagian-1

//


SavedURI :Show URL

Cara Alami Hilangkan Sakit Kepala


sakit kepala Cara Alami Hilangkan Sakit Kepala

SETIAP orang pasti pernah mengalami masalah kesehatan yang satu ini. Ya, sakit kepala, memang salah satu penyakit yang sering menjumpai setiap individu, baik itu anak-anak, remaja maupun dewasa. Rasa sakit ini biasanya menyerang seseorang yang mempunyai aktivitas berlebih, seperti tidur yang berlebihan dan bekerja yang berlebihan pula. Bukan hanya itu, sakit kepala juga biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti karena melewatkan makan, terlalu banyak mengonsumsi kafein, dehidrasi, stres dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang saat ini sedang terserang sakit kepala, mungkin Anda dapat melakukan cara untuk mengurangi dan menyembuhkan sakit kepala berikut ini.

1. Cara Mengobati Sakit Kepala dengan Meminum Air Putih

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa salah satu penyebab sakit kepala adalah karena dehidrasi/kekurangan cairan pada tubuh. Dan kita pun tentu sudah mengetahui bahwa air merupakan komponen asupan yang sangat diperlukan oleh tubuh. Maka dari itu, jika Anda terserang sakit kepala, segeralah minum air putih. Kemudian biasakan minum air putih 8-10 gelas per harinya agar Anda terhindar dari sakit kepala.

2. Mengatasi Sakit Kepala dengan Memakan Kentang

Selain disebabkan oleh kekurangan cairan/dehidrasi, sakit kepala juga dapat disebabkan oleh hilangnya elektrolit seperti kalium. Nah, untuk mengatasinya tentu kita harus banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium yaitu salah satunya kentang. Sebaiknya kentang yang akan dimakan, dimasak dengan cara dibakar dengan kulitnya, atau direbus (bukan digoreng).

3. Mengatasi Sakit Kepala dengan Pisang

Selain kaya akan potasium ternyata pisang juga kaya akan magnesium yang dapat membantu meredakan migrain. Nah, jika sakit kepala menyerang, Anda bisa memakan buah pisang untuk mengurangi rasa sakit pada kepala.

4. Mengatasi Sakit Kepala dengan Es Batu

Tahukan Anda, ternyata es batu juga dapat kita gunakan untuk mengurangi rasa sakit pada kepala. Caranya mudah, kita hanya perlu mengosok-gosokan/mengkompreskan es batu secara perlahan pada daerah kepala Anda yang terasa sakit. Es batu akan menyebabkan mati rasa pada daerah kepala yang terasa sakit, sehingga akan mengurangi rasa sakit kepala.

5. Mengatasi Sakit Kepala dengan Makanan/Minuman yang Mengandung Mint

Nah, kalau cara ini lebih cocok jika sakit kepala yang Anda derita disebabkan oleh maag karena melewatkan makan sehingga perut menjadi mual dan sakit kepala. Cara terbaik untuk mengobatinya yaitu dengan mengonsumsi makanan/minuman yang mengandung mint seperti teh pappermint dan sebagainya.

6. Mengatasi Sakit Kepala dengan Streching

Streching merupakan gerakan peregangan (senam). Sakit kepala juga dapat disebabkan oleh otot-otot yang tegang, jadi jika Anda sakit kepala, cobalah untuk melakukan gerakan-gerkan senam, atau bisa juga dengan melakukan yoga.

7. Mengatasi Sakit Kepala dengan Tidur Secara Teratur

Tahukah Anda terlalu banyak tidur itu salah, namun kurang tidur juga salah, karena tidur itu harus normal. Manusia tidak bisa bekerja selama 24 jam, karena manusia bukan robot. Usahakan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup, misal 7-8 jam agar Anda terhindari dari yang namanya sakit kepala.

8. Hindari Stress

Tak jarang sakit kepala juga disebabkan oleh otot-otot atau urat syaraf yang tegang, dalam salah satu penyebabnya karena terlalu banyak pikiran yang akhirnya menyebabkan stres dan sakit kepala. Jadi, jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan. Luangkan waktu Anda untuk melakukan refreshing. [rika/islampos/inkesehatan]

//


SavedURI :Show URL

4 Sehat 5 Sempurna, Benarkah menyehatkan?


4-sehat-5-sempurna

4-sehat-5-sempurna

Tentang 4 Sehat 5 Sempurna, Benarkah menyehatkan?

1.Selama 60th makanan sehat di amerika digmbrkan dng konsep the basic four. #4sehat5?

2.Di indonesia konspe ini diadopsi dng nama 4sehat5sempurna. #4sehat5?

3. Dan hampir semua negara menirukkonsep ini, walah.. #4sehat5?

4.Diajarkan dr sekolah dasar hingga perguruan tinggi sejak 50an, namun sdikit yg sadar slogan itu jd biang kelad beragampenyakit. #4sehat5?

5.Bukan hy penyakit, bhkn penyakit degeneratif yg muncul gr2 pola itu. #4sehat5?

6.Konsep 4sehat5sempurna ini dianggap keliru,knp?krn porsi terbanyak karbo brupa roti,sereal,punya porsi dominan. #4sehat5?

7.Karbohidrat jenis ini justru memicu peningkatan gula darah scr tiba2,tp bbrp saat kmd bs drop lg. #4sehat5?

8.Kondisi itu ujung2nya bermuara pd penyakit degeneratif spt stroke, drhtinggi, dll. #4sehat5?

9.Sbg cth, susu sbg penyempurna proten bs digantikan dng bhn lain sbnrnya. #4sehat5?

9.Mlh konyolnya, org tergila2 dng susu kemasan(bkn susu fresh,palagi sususapi). #4sehat5?

10.Pdhl seiring dng pertumbuhan manusia, enzim laktase akan berkurang, shg ujung2nya susu sapi tsb hanya “mengotori” usus. #4sehat5?

11.Bbg ragam penyakit alergi, ssghnya jg bermula dr minum susu ini, yg dikenal dng intoleransi laktosa. #4sehat5?

13.Akhirnya qt terjebak pd bbg informasi mengenai susu, yg notabene tdk baik bg manusia, ditambah lg dng gula pasir disana. #4sehat5?

14. Hiromi shinya,seorang dokter yg jls2 tlh memeriksa usus peminum susu, tyt mndptkan usus mrk tdk ada yg sehat. #4sehat5?

14. Justru dng susu2 kemasan tsb merusak flora normal yg ada diusus dan keseimbangan asambasa tubuh. #4sehat5?

15. Akhirnya, keseimbangan flora terganggu, ujung2nya kekeblan tubuh tdk berfungsi dng baik. #4sehat5?

16.apalagi kebanyakan susu2 kemasan tsb menyebabkan asam pd tubuh shg tubuh hrs “nguras” kalsium tuk netralkannya. #4sehat5?

16. Dan mulailah tjd kerusakan dan gangguan2 penyakit akibat tubuh tdk netral atau berubah jjd asam ini. #4sehat5?

17. Dan ini ssghnya berlaku utk semua susu kemasan, apalagi yg ditambahkan gula pasir disana. #4sehat5?

17.Pola yg baik ya sbnrnya pola makan “sederhana” yg diajakran Rasululloh صلى الله عليه وسلم . Apa itu? #4sehat5?

18.Pola itu dikenal zaman sekarang dng nama food combining,ya ini salah satu ya pola diet terbaik. #4sehat5?

18. Akhirnya qt terjebak pd pola2 diet yg justru tdk baik bg tubuh, tms vegetarian murni jg krg baik. #4sehat5?

19.Sbnrnya tetep qt perlu makan daging, cuma batasi saja, kl tdk ya daging akan jd pembusukan di perut,apalgi gada serat. #4sehat5?

19. Kl udh membusuk begini,makanan ya pastinya bab nya berbau krg baik, artinya pembusukan diusus sdh tjd. #4sehat5?

20.Sbnrnya Rasululloh صلى الله عليه وسلم sdh memberi info bhw perut itu sarang penyakit, baik perut baiklah semua. #4sehat5?

21. Para ahli blg tms hiromi shinya,bhw plak peyeri diperut itu sumber imun tubuh, krn 80persen imun ada disana. #4sehat5?

22.Bgmn cr benerin perut?ya fermentasi, air, serat yg cukup, protein dibatasi, itu sederhananya. #4sehat5?

24. Susu boleh?boleh, tp fresh aja, kl susu sapi jg kudu dibatasi, mending susu kambign ato susu dr biji2an. #4sehat5?

25. Susu kambing punya molekul yg lbh kecil dan tdk perlu laktase tuk dicerna. #4sehat5?

26. Susu biji2an jg baik, spt susu kedelai hitam, kacang ijo, kacang merah, memberisikan usus. #4sehat5?

28. Sehat itu mudah?murah?..menurtu sy iya..cuma godaan makanan yg akhirnya membuat sso akhirnya masukin makanan yg ga jls. #4sehat5?

29.Berarti makanan ato diet ada hub dng iman?..menurut kamu gmn?menurut sy iya. #4sehat5?

30. Org yg bnr2 mjg imannnya, ia akan pastikan 3hal, kehalalan,ke”thoyyiban” dan tdk berlebihan. #4sehat5?

31. Thooyib ato baik menrutu para ulama jg ada batasannya, g sembarangan, mi instan halal?halal, thoyyib?ya ga bgt. #4sehat5?

33.Thoyyib itu, tdk merusak agama,akal,fikiran,raga,alami, dan tdk berbahaya jk dikonsumsi jka pnjang. #4sehat5?

34. Cth ya, jus jeruk kemasan halal?halal,thoyyib?ya silakan minum setiap hr,sampe bertahun2, dijamin jebol ginjalnya. #4sehat5?

35.Penggantinya 4sehat td ?sama si, cuma diubah aja pola, dominan, pd sayur dan buah. #4sehat5?

35. Stlh sayur dan buah, gandum, beras merah dan kacang2an. #4sehat5?

36. Lalu slth itu brlah susu daging,telur minyak dlm jumlh terbtas sekali. #4sehat5?

36.Minyak2an atau yg berbentuk gorengan memangpun sbaiknya dihindari, jgn sering. #4sehat5?

36. Ubi jalar yg direbus dan kukus susutnya buanyak bgt lo. #4sehat5?

37.Ubi jalar jk dikukus, susut proteinnya 15persen, kl direbus bs sampe 71persen. #4sehat5?

38. Skrg kebayang jk digoreng ato dibakar brp susutnya,apalagidimakan tiap hr tanpa serat dan air yg hrsnya lbh byk dr itu. #4sehat5?

38. Ujung2nya makanan numpuk jd sampah diperut, kmd muncullah berbabai penyakit. #4sehat5?

37. Ya kl pola diet si byk, ada yg pake asam basa, ada hay diet, dll. #4sehat5

38.Coba hindari ato stop deh gula pasir, ganti dng gula alami produksi Allah dialam ini yaitu gula aren,kelapa,tebu. #4sehat5?

39. Susu yg td sy ceritain berlaku jg sbnrnya utlk susu kalsium, kl mau ambil susukalsium, ambil sumber kalsium alam. #4sehat5?

39.Gula pasir itu salah satu biang keladi penyakit krn sifatnya yg asam dan merusak sel. #4sehat5?

40.Susu kambing jg tinggi kalsium, alpukat, biji2an,kurma,pisang, jg tinggi kalsium. #4sehat5?

41.Yah intinya jgn kemakan iklan, apalagi susu sapi td ya, manusia bkn sapi, sapi jg bkn manusia. #4sehat5?

41. Sekali lg ,susu hanyalah nutrisi pelengkap, jgn sampai disampein dlm susu sdh terkandung semuanya, trus minum tiap hr?#4sehat5?

43. Ikut pola Rasululloh صلى الله عليه وسلم aja lah lebih sehat..hiromi shinya cerita ttg laper dan puasa, la nabi udh ajarin koq. #4sehat5?

43. Foodcombining masa kini, nabi jg sdh kerjain,makanya beliau sehat,g pnh nabi makan dua protein bersamaan. #4sehat5

46.Kl para ahli suruh perbanyak serat, Rasululloh صلى الله عليه وسلم dan keluarganya sgt sering makan talbinah atau gandum. #4sehat5?

44.Dl wkt ke bali, ada org bule disana, yg blg kesaya, sy gak ngerti org indnsia, gula baik spt ini (gula aren)mlh dieksport. #4sehat5?

45.Kalian malah makan gulapasir, padahal,gada bgusnya gula pasir.byk sekli rujukan2 ttg itu. #4sehat5?

45.Palagi yg suka makan gorengan, trus lg panas dimasukin plastik atau dibungkus koran,trus dimakan, selamet deh. #4sehat5

46.Gorengan panas dimasukin kresek, trus dimakan tu gorengan,kyk masukin molekul pemicu kanker ditubuh. #4sehat5

47. selamat menempuh hidup sehat aja..sbg bentuk kesyukuran tubuh yg keren luar biasa dini dr Allah,tp seringnya dioplosin terus. #4sehat5?

48.Pesan terakhir ya, konsumsilah sayuran mentah, buah2an, dan air yg lbh byk dr porsi makanan lainnya, tms biji2an. #4sehat5?

Silahkan share #4sehat5? Ini jk bermanfaat..sama ajak penduduk negeri ini pada minum jamu tiap hari..biar pd sehat.

Sy pagi td dah minum temulawak+kunyit+beraskencur, suegere polll..plus beepollen dan madu..mantepp #4sehat5

 

Dr.Zaidul Akbar

Tips Memasak Sehat


#TipsMemasakSehat @zaidulakbar

#TipsMemasakSehat..mari kita pelajari bersama..bismillah
1.Kukus, Panggang,Pepes, Rebus atau Bakar, hindari gorengan.

2.Agar tdk berlemak,gunakan alatmasak anti lengket.

3.Masaklah dng api kecil,trutama sayuran,krn suhu 48 derajt akan merusak enzim di dlmnya

4.Ingin menggoreng?bisa, tapi gunakan sedikit minyak dan itupun minyak tak jenuh spt zaitun

5.Hindari memakai bumbu instan apa lagi kemasan,buat saja sendiri, dan hindari msg atau penyedap rasa.

6. Gunakan virgin coconut oil ato vco sbgalternatif jk menggoreng, krn ia tdk rusak.

8. Hindari krim, saus, pasta,susu berlemak tinggi spt susu kental manis.

9.Kurangilah garam dlm makanan, trutama garam halus atau garam refinery.

9. Boleh pake garam?boleh, tapi garam yg blm terllau banyak pengolahan,garamkrosok misalnya.

10.Hindari memakai,kecap, saus tomat,saus cabe botol,bumbu mi instan, saladdressing,krn tingginya garam disana.

11. Bye bye dng makanan sarat garamtinggi, spt pasta, mi instan, produk kalengan,susu bubuk krim,margarin,mentega.

13.Bs pake percikan minyak zaitun, cuka, jus lemon, minyak wijen sbg penyedap dan pengganti garam.

14. Hindari dan jauhi produkkalengan krn biasa sudah diberi garam tinggi utk pengawet.

15. Gunakan rempah2 utk penyedap, spt bwg putih, kayumanis, minyak wijen, pala,cengkeh sbg penyedap.

16. Tanaman herbal spt seledri, daun bawang, rempah2 jg bermanfaat menambah rasa.

17.Kemiiri ketumbar bs disangrai utk memberi harum dan rasa pada masakan kita.

18.Merica putih dan hitam (jng instan) bs digunakan utk penyedap masakan.

19.Biasakan sayuran dikukus daripada dipanaskan atau ditumis, ato digoreng

Pilihlahberas yg msh ada kandungan nutrisi lengkap, beras merah,beras hitam,ato beras yg berkecambah.

Jk memilih beras putih, carilah beras yg gak putih2 banget dan ga wangi(krn skr pada pake pewangi)

Kl beras yg dibeli ada kutu nya,bberarti berasnya bagus, kl kutu aja ga mau disitu, knp qt yg mau?

Jkmasakannya enak, bagi tetangga, jika gak enak makan sendiri.

Jgn lupa jk tetangga blg masakannya enak, segera siapkan kartu nama,tuliskan menerima katering, jgn lupa no hp dan alamat rumah.

Pokoknya kl bs hindari gorengan deh..tahu goreng?ganti dng tahu kukus ato pepes, lbh baik.

Dirumah pagi2 kl bs hindari yg berbentuk gorengan, kukus,rebus, pepes, panggang lbh baik.

Cth ni, kl mau dimasakin tahu goreng, kasi tau ama org rumah, di bacem ato di tim aja deh,ato pepes

Kalo mau dimasakin nasi goreng?jgn mau,/ganti dng nasi tim aja, ato nasi panggang, tp usahakan pake bukan beras putih

JANGAN memasak, memanaskan ato apapun akfititas masak anda dng memakai mikrowave..inget ya.

Masakan alami itu jauh lbh sehat dan qt sudah tahu, mi yg digodok pake api arang ato api dr minyak, lbh sedap kan dr gas?

Bg yg suka beras merah, rendem 45menit sebelum ditanak berasnya,nti lembut kok.

=end=

dr zaidul akbar

dr zaidul akbar

Tidurlah dalam Gelap


dr zaidul akbar

dr zaidul akbar

@zaidulakbar

1. jangan tidur dengan lampu menyala..mari kita belajar lagi malam ini supaya tidurnya berkualitas.#TidurlahdalamGelap

2. mata manusia melalui retina, berfungsi mendeteksi cahaya, saat tidak lagi mendeteksi cahaya mk metabolisme lain tjd.#TidurlahdalamGelap

3. ketika retina tak lagi mendeteksi cahaya mk organ pineal atau pineal gland mengeluarkan melatonin. #TidurlahdalamGelap

4. yang serem ketika retina mendeteksi cahaya dalam keadaan tertidur td, mk melatonin tdk dihasilkan ato sedikit sekali. #TidurlahdalamGelap

5. saat seseorang tidur dalam keadaan terang benderang, sebenarnya ia tidur dalam kondisi stress dan bangunnya strees. #TidurlahdalamGelap

6. knp bs begitu? krn melatonin yg berfungsi sebagai hormon ritme tak dikeluarkan shg pesan utk istrirahat itu tiada.#TidurlahdalamGelap

7. yang serem adL fungsi antioksidatif pd Otak dan Sperma yang fungsi ini akan membuat seseorang bs terhindar dr KARATAN.#TidurlahdalamGelap

8.sebenarnya tidur yg baik adalah tidur yang mampu mengistirahatkan fungsi tubuh secara umum bkn justru tubuh jd stress.#TidurlahdalamGelap

9.buruknya lg, dengan tidur dalam keadaan lampu terang benderang tsb akan memicu juga radikal bebas. #TidurlahdalamGelap

10. bahkan kualitas sperma pun akan menurun dalam kondisi tidur dalam terang benderang. #TidurlahdalamGelap

11. akibat dr proses teroksidasinya sel2 tubuh krn kurangnya melatonin mk yg tjd adalah strress oksidatif pd tubuh.#TidurlahdalamGelap

12. retina mendeteksi cahaya sekecil apapun, shg kl punya anak yg takut gelap, tetep matikan lampu saat ia sudah tidur. #TidurlahdalamGelap

13.cahaya lampu kecil sekalipun sudah mampu menekan sekresi (pengeluaran)melatonin td. #TidurlahdalamGelap

14. dan Rasulullah sudah perintahkan itu kpd kita sebenarnya 1400 tahun yang lalu. #TidurlahdalamGelap

16. Tutuplah oleh kalian bejana-bejana, rapatkanlah tempat-tempat minuman, tutuplah pintu-pintu, dan matikanlah lampu,#TIdurlahdalamGelap

17.karena setan tak dapat membuka ikatan tempat minum, pintu, dan bejana. #TidurlahdalamGelap

18. Jika kalian tak mendapatkan penutupnya kecuali dengan membentangkan sepotong batang kayu kecil di atas bejananya #TidurlahdalamGelap

19. menyebut nama Allah,mk lakukanlah. Karena tikus dapat merusak pemilik rumah dengan membakar rumahnya.” (HR. Muslim) #TidurlahdalamGelap

20.jk tak memungkinkan tidur seperti itu, tidurlah dng memakai eye mask atau penutup mata.#TidurlahdalamGelap

21. fungsi tidur bukan hanya mengistirahatkan tapi juga membebaskan tubuh dari gravitasi. #TidurlahdalamGelap

22. sehingga tidur terbaik adalah tidur dalam keadaan berbaring. #TidurlahdalamGelap

(taunomerberapa).seluruh sistem tubuh sebenarnay di Reset saat tidur, itu sebab Allah sebut malam sebagai pakaian. #TidurlahdalamGelap

28. oleh krn fungsi pakaian adalah melindungi dari berbagai serangan benda2 asing, maka tidur jg fgsnya sama. #TidurlahdalamGelap

28. kl susah tidur gmn? itu krn saraf simpatik terlalu keras kerjanya, akibatnya? #TidurlahdalamGelap

29.tidur mudah terjaga, tengah malam, dini hari, padahal saat tidur parasimpatik yg dominan. #TidurlahdalamGelap

30. ya krn apa yg dikonsmsi salah satunya, kenapa Rasulullah berzikir menjelang tidur? #TidurlahdalamGelap

31. krn zikir jelang tidur mengaktifkan saraf Parasimpatis yagn memunculkan ketenangan. #TidurlahdalamGelap

32. krn memang ayat2 Alquran dan mengingat Allah bisa sangat unntuk bikin tenang. #TidurlahdalamGelap

33. dan tenang itu adalah hormon yang dikeluakrn, cb perhatikan arti zikir2 nya Rasulullah, membuat adem semua. #TidurlahdalamGelap

30. bs kah diatasi dng obat tidur? bisa , tapi hasilnya nanti malah semakin buruk. #TidurlahdalamGelap

33. krn obat perangsang tidur ini dan anti gelisah ini justru merangsang saraf simpatik. #TidurlahdalamGelap

34. solusinya? mandilah..berwudhulah…bersiwaklah jelang tidur dan berzikirlah jelang tidur. #TidurlahdalamGelap

35. Tidur kita pun milik Allah, sehingga ga usah khawatir setelah zikir2 itu nanti akan tidur sendri,percayalah. #TidurlahdalamGelap

solusi terakhir adalah usahakan bisa tidur disiang setelah zuhur, karena tidur siang ini baik mengistirahatkan jantung.#TidurlahdalamGelap

Nyawa makanan


dr zaidul akbar

dr zaidul akbar

Nyawa makanan ? apakah itu? mari kita bahas pagi ini..biar tahu bahwa yang kita makan itu masih ada nyawa atau nggak.

1. Jika kita runut, mulai dari makanan mentah–kukus-rebus-bakar-goreng apa yg membedakan dr bbrp tsb?

2. yg membedakan adlh kandungan nutrisi pd makanan td,sudah tak sama satu dng yg lain

3.kita kenal bbrp senyawa makro pd nutrisi spt Karbohidrat, Lemak,Protein, mrk dsebut senyawa makro (besar) gitu.

4. Apakah senyawa makro tsb bs kerja sendiri? sulit utk optimal diolah oleh tubuh, tubuh perlu senyawa lain utk mengolahya.

5.senyawa makro tsb perlu senyawa lain yaitu senyawa mikro, miikro inilah yg berperan besar dlm mengurai makro td.

6. makro sudah jelas td, mikro apa? mikro berupa vitamin dan mineral yg ada pd makanan yg sgt berperan dlm mengurai makanan

6.apa hebatnya ? ini yg slma ini kita lupa jng2 yg selama ini kita konsumsi gada manfaat dan nilai gizinya(bkn scr tertulis ya)

7. Makanan yg mengalami pengolahan,yg sy tulis di awal mentah dst itu, pd kategori goreng,nutrisi pd makanan hy tersisa 15%

8.jk digoreng, hanya tersisa 15% sj,.lalu bgmn kalau dipanaskan berulang ulang? yang dimakan apa?…udah tau kan

9.lalu, bgmn nasib nyawa makanan? nyawa makanan itu byk, salah satunya pd mineral dan vitamin (senyawa mikro) yg td sy sebut.

10.si mikro inilah salah satu nyawa makanan yg membuat manusia yg makan itu bs hidup

11. hidup dlm artian.sel2 tubuh mahluk hidup yg memakananya akan hidup jg.

13. apa yg tjd jk nyawa td di olah dng bbg pengolahan? maka nyawa nya hilang, yg tinggal hanyalah?

14. yang tinggal hanyalah sisa2 nutrisi yg sbnrnya tubuh sudah tak mampu lg mencerna scr baik.

16.bgmn itu tjd?ktk nyawa makanan tsb hilang mk yg tjd adl makanan tsb hanya menumpuk dlm tubuh

17. tubuh nggak mampu kelola dng baik, ga mampu dimetabolisme dng sempurna lg

18. krn tubuh pun sudah penuh dng racun. akhirnya makanan td hanya sekedar numpuk.ga bs dicerna baik

18.sy jelasin contohnya, salah satu nyawaproduk biji2an, ada pd kulit ari atau pembungkusnya.

19.jk qt makan kacang ijo (bubur misalnya) jgn tinggalin kulit ariinya,krn kulit ari nya itulah mineralnya

20. beras jk dibuang kulit arinya, maka yg sisa hanyalah karbohidrat nya aja.,plus pemutih mk jadilah fenomena srkg ini

21. fenomenanya, beli pestisida bonus beras..mineraal vitamin tdk ada lagi,,yg sisa karbohidrat yg tubuh sudah sulit cerna.

23. itu sebabnya, beras putih pasti indeks kemampuan menaikan gula nya sgt tinggi (100%)

24. contoh simpelnya gini. jk kita liat di fakta nutrisi sebuah jus jeruk kemasan, mk yg tertulis pasti nyenengin

25. nyenengin banget fakta nutrisinya, dan qt pasti seneng bs mndpt nutrisi dr situ.

26. apakah benar? tidak juga, krn jus buah dlm kemasan, pasti mengalami pengolahan (tms pemanasan), apa yg tjd?

27. nyawa nya hilang kkrn mineral dan vitaminnya (tms enzim pd jus td ) sudah hilang bersama pemanasan.

28. plus dng bahan kimia di dalamnya mk yg tjd sebenarnya, kita minum apa? ya jawab sendiri.

29. ya gitu deh, krn fakta nutrisi yg ada pd produk kemasan spt itu tdk membahas nyawa

30. yg diulas adl hanya fakta nutrisi scr angka, tp apakah benar2 tubuh bs menerima? tdk jg.

31. akhrnya. yg dimakan hanyalah nutrisi yg tubuh sbnrya tak mampu urai lg, krn gada nyawa lg

32.akhirnya, krn gada nyawa td (mineral, enzim, vitamin) mk yg tjd adl fenomena gak kenyang2.

33. ga kenyang2 ? bs?, iya, krn sinyal kenyang salah satunya dibawa oleh si mikro td, itu sebab, jgn mkan buah sesudah makan.

34. itu sebabnya. makan buah dan sayur itu usahakan di awal,krn kl makan di akhir, ya gada faedah optimal.

35.trus knp kl aye makan tu makanan gada nyawa lagi? apa yg tjd dng tubuh?

36. yg tjd adl tubuhnya KARATAN alias TEROKSIDASI karena semua produk2 yg diolah dan hilang nyawanya bikin asam

37. kl asam knp?hm.mm..bandel sih, kl asam mk yg tjd adl terpicunya sel tubuh utk membelah sendiri, bahasa gampangnya kanker

38. menurut ahli natural, tyt sel kanker teraktifasi jk sel tubuh mengalami penurunan ph hingga mencapai 5,5

39. apa lg yg tjd? heheh..kagak bakal punya mood baik,krn mineral dan vitamin itu salah satu sumber Mood.

40. mau bukti? ambil semangkuk soto penuh daging, penuh santan dan lemak2 lainnya.

41. lalu ambil sepiring sayuran dan buah segar warna warna. kl diletakkan bersama, kr2 mana yg membuat anda hepi.

42. scr filing ni, mana yg kr2 lebih membuat hepi di antra keduanya td? kl normal ya pasti buah dan sayur

43. ketika ada sso mgktkn,, ” mas, kl aku deket kamu, kok berdebar-debar ya” jgn lgs salah duga

44.bs jd dia cuma kkurangan Kalsium aja. suruh dia makan pisang, trus makannya ama monyet, pasti debarnya hilang

45. lalu apa nasib makanan yg sdh tdk ada nyawa spt GORENGAN?HEHE..

45.kan udh diljlsin,. kl digoreng kr2 brp persen nutrisi alami yg tersisa? cuma 15%,kl pake minyak berkali2? ya gt deh.

46. yg menyedihkna, baca TL ini pagi2 yg indah, yg perutnya masih bersih, dng ditemani gorengan. gubrakkkkksss..

48. apa yg tjd jk yg dimakan hari2 adlh makanan tanpa nyawa lg? yg pertama sel tubuh bs aus atau karatan, yg kedua?

49. yg kedua, lama2 sel bs mati, ga bs kekontrol. krn hanya yg bernyawa yg bs menghidup yg bernyawa, dlm teori makanan ya.

50.jd kl rekan2 pergi ke minimarket dan pergi ke rak minuman,coba pilih mau minum apa? nyaris semua gada nyawa

51. sekali2 kan pak, ya boleh deh, tp biasanya sekali2 tiap hari, hari ini sekali besok sekali..jd deh,pada aus semua selnya

52. solusinya apa? krn bs jd ada yg merana hidupnya kalo nggak makan gorengan..ada yg merana hatinya jk ga minum prodk kemasan

53. spy makanan yg dimakan ada nyawa. biasakanlah makan yg ada nyawanya(vitamin mineral enzim) gt tiap hr

54. lemak, protein ga bs keurai sempurna kl ga ada serat, gada mineral

55. pada intinya jk sudah diolah, dipanaskan atau dibakar, nyawanya kurang, ditambah bahan kimia, ya berkurang lg

56. ada cara mudah supaya makanan ketika masuk udh ada yg siap ngolah?ada, minumlah segala jenis rimpang2an jamu

57. Kunyit, temulawak,beras kencur, jahe, semunya ngasi nyawa ke makanan

58. gula pasir ada nyawanya?sudah lama nyawa gula pasir itu hilang dipabrik gula sana

59.skr gini, antara tempe goreng ama tempe bacem lebih byk nyawa yg mana?

57. skrg kl liat rendang yg penuh dng santan, saya jd terharu biru…enakkkkk banget..tp kl makan gini trus..kasian sel tubuh,

mas, mau hidup sehat mau nggak, kan mati juga, yappp betull..tp kl kita hidup sehat bs byk berkarya.

kl sakit2an mulu? dikantor ijin trus, ama temen nyebarin penyakit, mau apa gt coba?

udh gt jelang akhir hayat, tubuh penuh penyakit, asuransi udh ga kekover lg, rumah ludes buat berobat. mau gt?

ya pilihannya ada di kita sendiri, mau hidup sak sukanya, makan sesukanya utk muaskan nafsu, atau makan tuk cukupi kbthn tubuh

gada yg maksa, pagi2 ini dan pagi selanjutnnya pun makan gorengan? sah dijamin halal..tp kl tubuh blm menjerit?

mgk tubuh akan blg knp engkau zolimi aku trus dng makanan gini, yg aku ngolahnya pun begitu sulit

blm sempet aku olah tu makanan, engkau hujani lg aku dng gula pasir bertubi2 dng minuman2 kemasan dan teh manismu

pagi2 pengen pinter bahasa inggris, makan sosis makan roti, pinter kagak,. perut menjerit iya

udah la..kembali ke indonesia aja,ai lop dis kauntri deh..sarapan pagi pisang rebus, ubi rebus, jagung rebus.

pengen lancar bhs inggris pagi2 sarapan yogurt ama keju..hadoh..yg ada ngomel2 tu perut

pagi2 makan sarapan apa? ni pilihannya. semua jenis umbi2an rebus semua, mantep tuh.

pisang2an dikukus aja, trus makan ama bubur kacang ijo yg dikasi rempah2, jahe+kayumanis+cengkeh, kenyag deh.

masih kurang? bs tambah kurma atau minum alpukat, kenyang kok dijamin,

siapa yg pagi2 ini sudah bikin perut menangis dan teriak dng makan nasi goreng? aduh..nasinya jgn digoreng, di tim lbh baik

mulai skrg biasakan makan beras merah, biar ga keras, rendem dulu 45 menit sblm diolah biar empuk.

sarapan sehat?…hindari segala bentuk GORENGAN atau yang DIGORENG pliss

=end=

@zaidulakbar
Inspirator Sehat Indonesia — Berbagi Inspirasi Sehat menuju Indonesia yang lebih baik.. GO Indonesia !