Tag Archive | makanan sehat

4 Sehat 5 Sempurna, Benarkah menyehatkan?


4-sehat-5-sempurna

4-sehat-5-sempurna

Tentang 4 Sehat 5 Sempurna, Benarkah menyehatkan?

1.Selama 60th makanan sehat di amerika digmbrkan dng konsep the basic four. #4sehat5?

2.Di indonesia konspe ini diadopsi dng nama 4sehat5sempurna. #4sehat5?

3. Dan hampir semua negara menirukkonsep ini, walah.. #4sehat5?

4.Diajarkan dr sekolah dasar hingga perguruan tinggi sejak 50an, namun sdikit yg sadar slogan itu jd biang kelad beragampenyakit. #4sehat5?

5.Bukan hy penyakit, bhkn penyakit degeneratif yg muncul gr2 pola itu. #4sehat5?

6.Konsep 4sehat5sempurna ini dianggap keliru,knp?krn porsi terbanyak karbo brupa roti,sereal,punya porsi dominan. #4sehat5?

7.Karbohidrat jenis ini justru memicu peningkatan gula darah scr tiba2,tp bbrp saat kmd bs drop lg. #4sehat5?

8.Kondisi itu ujung2nya bermuara pd penyakit degeneratif spt stroke, drhtinggi, dll. #4sehat5?

9.Sbg cth, susu sbg penyempurna proten bs digantikan dng bhn lain sbnrnya. #4sehat5?

9.Mlh konyolnya, org tergila2 dng susu kemasan(bkn susu fresh,palagi sususapi). #4sehat5?

10.Pdhl seiring dng pertumbuhan manusia, enzim laktase akan berkurang, shg ujung2nya susu sapi tsb hanya “mengotori” usus. #4sehat5?

11.Bbg ragam penyakit alergi, ssghnya jg bermula dr minum susu ini, yg dikenal dng intoleransi laktosa. #4sehat5?

13.Akhirnya qt terjebak pd bbg informasi mengenai susu, yg notabene tdk baik bg manusia, ditambah lg dng gula pasir disana. #4sehat5?

14. Hiromi shinya,seorang dokter yg jls2 tlh memeriksa usus peminum susu, tyt mndptkan usus mrk tdk ada yg sehat. #4sehat5?

14. Justru dng susu2 kemasan tsb merusak flora normal yg ada diusus dan keseimbangan asambasa tubuh. #4sehat5?

15. Akhirnya, keseimbangan flora terganggu, ujung2nya kekeblan tubuh tdk berfungsi dng baik. #4sehat5?

16.apalagi kebanyakan susu2 kemasan tsb menyebabkan asam pd tubuh shg tubuh hrs “nguras” kalsium tuk netralkannya. #4sehat5?

16. Dan mulailah tjd kerusakan dan gangguan2 penyakit akibat tubuh tdk netral atau berubah jjd asam ini. #4sehat5?

17. Dan ini ssghnya berlaku utk semua susu kemasan, apalagi yg ditambahkan gula pasir disana. #4sehat5?

17.Pola yg baik ya sbnrnya pola makan “sederhana” yg diajakran Rasululloh صلى الله عليه وسلم . Apa itu? #4sehat5?

18.Pola itu dikenal zaman sekarang dng nama food combining,ya ini salah satu ya pola diet terbaik. #4sehat5?

18. Akhirnya qt terjebak pd pola2 diet yg justru tdk baik bg tubuh, tms vegetarian murni jg krg baik. #4sehat5?

19.Sbnrnya tetep qt perlu makan daging, cuma batasi saja, kl tdk ya daging akan jd pembusukan di perut,apalgi gada serat. #4sehat5?

19. Kl udh membusuk begini,makanan ya pastinya bab nya berbau krg baik, artinya pembusukan diusus sdh tjd. #4sehat5?

20.Sbnrnya Rasululloh صلى الله عليه وسلم sdh memberi info bhw perut itu sarang penyakit, baik perut baiklah semua. #4sehat5?

21. Para ahli blg tms hiromi shinya,bhw plak peyeri diperut itu sumber imun tubuh, krn 80persen imun ada disana. #4sehat5?

22.Bgmn cr benerin perut?ya fermentasi, air, serat yg cukup, protein dibatasi, itu sederhananya. #4sehat5?

24. Susu boleh?boleh, tp fresh aja, kl susu sapi jg kudu dibatasi, mending susu kambign ato susu dr biji2an. #4sehat5?

25. Susu kambing punya molekul yg lbh kecil dan tdk perlu laktase tuk dicerna. #4sehat5?

26. Susu biji2an jg baik, spt susu kedelai hitam, kacang ijo, kacang merah, memberisikan usus. #4sehat5?

28. Sehat itu mudah?murah?..menurtu sy iya..cuma godaan makanan yg akhirnya membuat sso akhirnya masukin makanan yg ga jls. #4sehat5?

29.Berarti makanan ato diet ada hub dng iman?..menurut kamu gmn?menurut sy iya. #4sehat5?

30. Org yg bnr2 mjg imannnya, ia akan pastikan 3hal, kehalalan,ke”thoyyiban” dan tdk berlebihan. #4sehat5?

31. Thooyib ato baik menrutu para ulama jg ada batasannya, g sembarangan, mi instan halal?halal, thoyyib?ya ga bgt. #4sehat5?

33.Thoyyib itu, tdk merusak agama,akal,fikiran,raga,alami, dan tdk berbahaya jk dikonsumsi jka pnjang. #4sehat5?

34. Cth ya, jus jeruk kemasan halal?halal,thoyyib?ya silakan minum setiap hr,sampe bertahun2, dijamin jebol ginjalnya. #4sehat5?

35.Penggantinya 4sehat td ?sama si, cuma diubah aja pola, dominan, pd sayur dan buah. #4sehat5?

35. Stlh sayur dan buah, gandum, beras merah dan kacang2an. #4sehat5?

36. Lalu slth itu brlah susu daging,telur minyak dlm jumlh terbtas sekali. #4sehat5?

36.Minyak2an atau yg berbentuk gorengan memangpun sbaiknya dihindari, jgn sering. #4sehat5?

36. Ubi jalar yg direbus dan kukus susutnya buanyak bgt lo. #4sehat5?

37.Ubi jalar jk dikukus, susut proteinnya 15persen, kl direbus bs sampe 71persen. #4sehat5?

38. Skrg kebayang jk digoreng ato dibakar brp susutnya,apalagidimakan tiap hr tanpa serat dan air yg hrsnya lbh byk dr itu. #4sehat5?

38. Ujung2nya makanan numpuk jd sampah diperut, kmd muncullah berbabai penyakit. #4sehat5?

37. Ya kl pola diet si byk, ada yg pake asam basa, ada hay diet, dll. #4sehat5

38.Coba hindari ato stop deh gula pasir, ganti dng gula alami produksi Allah dialam ini yaitu gula aren,kelapa,tebu. #4sehat5?

39. Susu yg td sy ceritain berlaku jg sbnrnya utlk susu kalsium, kl mau ambil susukalsium, ambil sumber kalsium alam. #4sehat5?

39.Gula pasir itu salah satu biang keladi penyakit krn sifatnya yg asam dan merusak sel. #4sehat5?

40.Susu kambing jg tinggi kalsium, alpukat, biji2an,kurma,pisang, jg tinggi kalsium. #4sehat5?

41.Yah intinya jgn kemakan iklan, apalagi susu sapi td ya, manusia bkn sapi, sapi jg bkn manusia. #4sehat5?

41. Sekali lg ,susu hanyalah nutrisi pelengkap, jgn sampai disampein dlm susu sdh terkandung semuanya, trus minum tiap hr?#4sehat5?

43. Ikut pola Rasululloh صلى الله عليه وسلم aja lah lebih sehat..hiromi shinya cerita ttg laper dan puasa, la nabi udh ajarin koq. #4sehat5?

43. Foodcombining masa kini, nabi jg sdh kerjain,makanya beliau sehat,g pnh nabi makan dua protein bersamaan. #4sehat5

46.Kl para ahli suruh perbanyak serat, Rasululloh صلى الله عليه وسلم dan keluarganya sgt sering makan talbinah atau gandum. #4sehat5?

44.Dl wkt ke bali, ada org bule disana, yg blg kesaya, sy gak ngerti org indnsia, gula baik spt ini (gula aren)mlh dieksport. #4sehat5?

45.Kalian malah makan gulapasir, padahal,gada bgusnya gula pasir.byk sekli rujukan2 ttg itu. #4sehat5?

45.Palagi yg suka makan gorengan, trus lg panas dimasukin plastik atau dibungkus koran,trus dimakan, selamet deh. #4sehat5

46.Gorengan panas dimasukin kresek, trus dimakan tu gorengan,kyk masukin molekul pemicu kanker ditubuh. #4sehat5

47. selamat menempuh hidup sehat aja..sbg bentuk kesyukuran tubuh yg keren luar biasa dini dr Allah,tp seringnya dioplosin terus. #4sehat5?

48.Pesan terakhir ya, konsumsilah sayuran mentah, buah2an, dan air yg lbh byk dr porsi makanan lainnya, tms biji2an. #4sehat5?

Silahkan share #4sehat5? Ini jk bermanfaat..sama ajak penduduk negeri ini pada minum jamu tiap hari..biar pd sehat.

Sy pagi td dah minum temulawak+kunyit+beraskencur, suegere polll..plus beepollen dan madu..mantepp #4sehat5

 

Dr.Zaidul Akbar

Tips Memasak Sehat


#TipsMemasakSehat @zaidulakbar

#TipsMemasakSehat..mari kita pelajari bersama..bismillah
1.Kukus, Panggang,Pepes, Rebus atau Bakar, hindari gorengan.

2.Agar tdk berlemak,gunakan alatmasak anti lengket.

3.Masaklah dng api kecil,trutama sayuran,krn suhu 48 derajt akan merusak enzim di dlmnya

4.Ingin menggoreng?bisa, tapi gunakan sedikit minyak dan itupun minyak tak jenuh spt zaitun

5.Hindari memakai bumbu instan apa lagi kemasan,buat saja sendiri, dan hindari msg atau penyedap rasa.

6. Gunakan virgin coconut oil ato vco sbgalternatif jk menggoreng, krn ia tdk rusak.

8. Hindari krim, saus, pasta,susu berlemak tinggi spt susu kental manis.

9.Kurangilah garam dlm makanan, trutama garam halus atau garam refinery.

9. Boleh pake garam?boleh, tapi garam yg blm terllau banyak pengolahan,garamkrosok misalnya.

10.Hindari memakai,kecap, saus tomat,saus cabe botol,bumbu mi instan, saladdressing,krn tingginya garam disana.

11. Bye bye dng makanan sarat garamtinggi, spt pasta, mi instan, produk kalengan,susu bubuk krim,margarin,mentega.

13.Bs pake percikan minyak zaitun, cuka, jus lemon, minyak wijen sbg penyedap dan pengganti garam.

14. Hindari dan jauhi produkkalengan krn biasa sudah diberi garam tinggi utk pengawet.

15. Gunakan rempah2 utk penyedap, spt bwg putih, kayumanis, minyak wijen, pala,cengkeh sbg penyedap.

16. Tanaman herbal spt seledri, daun bawang, rempah2 jg bermanfaat menambah rasa.

17.Kemiiri ketumbar bs disangrai utk memberi harum dan rasa pada masakan kita.

18.Merica putih dan hitam (jng instan) bs digunakan utk penyedap masakan.

19.Biasakan sayuran dikukus daripada dipanaskan atau ditumis, ato digoreng

Pilihlahberas yg msh ada kandungan nutrisi lengkap, beras merah,beras hitam,ato beras yg berkecambah.

Jk memilih beras putih, carilah beras yg gak putih2 banget dan ga wangi(krn skr pada pake pewangi)

Kl beras yg dibeli ada kutu nya,bberarti berasnya bagus, kl kutu aja ga mau disitu, knp qt yg mau?

Jkmasakannya enak, bagi tetangga, jika gak enak makan sendiri.

Jgn lupa jk tetangga blg masakannya enak, segera siapkan kartu nama,tuliskan menerima katering, jgn lupa no hp dan alamat rumah.

Pokoknya kl bs hindari gorengan deh..tahu goreng?ganti dng tahu kukus ato pepes, lbh baik.

Dirumah pagi2 kl bs hindari yg berbentuk gorengan, kukus,rebus, pepes, panggang lbh baik.

Cth ni, kl mau dimasakin tahu goreng, kasi tau ama org rumah, di bacem ato di tim aja deh,ato pepes

Kalo mau dimasakin nasi goreng?jgn mau,/ganti dng nasi tim aja, ato nasi panggang, tp usahakan pake bukan beras putih

JANGAN memasak, memanaskan ato apapun akfititas masak anda dng memakai mikrowave..inget ya.

Masakan alami itu jauh lbh sehat dan qt sudah tahu, mi yg digodok pake api arang ato api dr minyak, lbh sedap kan dr gas?

Bg yg suka beras merah, rendem 45menit sebelum ditanak berasnya,nti lembut kok.

=end=

dr zaidul akbar

dr zaidul akbar