Jangan Bersedekah


Provokasi ya? Tidak juga, hehehe.
Hari ini kita membahas tentang maraknya para pengemis jalanan. Kebetulan tempat tinggal saya sekarang dekat perempatan lampu merah jalan raya. Jadi sedikit banyak mengamati perilaku para pengemis jalanan tersebut.

Para pengemis yang suka meminta-minta tersebut ternyata sehari bisa mendapat kurang lebih 50 ribu sampai 100 ribu (kata tetanggaku
yang jualan tempat mereka biasa makan minm). Mereka biasa datang pagi, bersama istri dan beberapa anaknya. Bayangkan bila satu keluarga ada empat orang (suami istri dan 2 anaknya)…bisa-bisa sebulan mereka perbenghasilan seperti manager perusahaan…hehehhe…

Jadi intinya mereka meminta minta bukan karena terdesak, tetapi karena sudah menjadi sandaran hidup, pekerjaan. Naaah jangan diprotes, itu khan tetangga Bang Navre….ow ow tidak…tunggu dulu…di tv, tv juga begitu…bahkan banyak teman saya bilang…orang yang sering minta minta sumbangan ke rumah rumah juga sama saja….

Islam tuh melarang meminta-minta/mengemis sebagai pekerjaan. Haram hukumnya…hidup MUI Sumenep…karena (alasan pribadi lho…sebab saya juga belum tahu alasan MUI)…

  1. Allah SWT berfirman, “(Berinfaklah) kepada orang-orang fakir yang terikat (oleh jihad) di jalan Allah, mereka tidak dapat (berusaha) di bumi. Orang yang tidak tahu menyangka mereka orang kaya karena memelihara diri dari minta-minta. Kamu kenal mereka dengan melihat sifat-sifatnya, mereka tidak meminta kepada orang secara mendesak. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka sesungguhnya Allah Mahamengatahui,” (Al-Baqarah: 273).
  2. Dari ‘Abdullah bin ‘Umar r.a, ia berkata, “Rasulullah bersabda,‘Sesungguhnya seseorang terus meminta-minta hingga ia akan datang nanti pada hari Kiamat tanpa ada sepotong daging pun di wajahnya’,” (HR Bukhari dan Muslim ).
  3. Dari Mu’awiyah r.a, ia berkata, Rasululullah saw. bersabda, “Janganlah banyak meminta-minta, demi Allah tidaklah seseorang meminta sesuatu kepadaku lalu permintaannya itu aku penuhi sementara aku tidak rela memberikannya melainkan apa yang aku berikan itu tidak akan ada berkah baginya,” (HR Muslim)
  4. Dari Abu Hurairah r.a, ia berkata, “Rasulullah saw. bersabda,‘Barangsiapa meminta-minta kepada orang lain untuk memperbanyak hartanya, maka sesungguhnya ia telah meminta bara api, silahkan ia mau menyedikitkannya atau memperbanyaknya’!” (HR Muslim)
  5. Dari Samurah bin Jundud r.a, ia berkata, “Rasulullah saw. bersabda,‘Sesungguhnya meminta-minta itu adalah bekas cakaran, seseorang mencakar wajahnya sendiri dengan meminta-minta. Kecuali seseorang meminta kepada sultan sesuatu yang harus ia minta’,” (Shahih, HR Abu Dawud, at-Tirmidzi, an-Nasa’i, Ahmad, al-Baghawi, Ibnu Abi Syaibah dan Ibnu Hibban).
  6. Dari ‘Imran bin Hushain r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Orang kaya (berkecukupan) yang meminta-minta akan menjadi cacat di wajahnya pada hari Kiamat nanti,” (Shahih, HR Ahmad, ath-Thabrani dan al-Bazzar)
Nah, banyak tho dalilnya melarang meminta minta…sedang klo memberi pengemis khan nggak papa…masak dilarang…
Kalo pendapat pribadi nih…sebaiknya jangan sembarangan memberi…kepada mereka karena…
  1. Kaidah tahshilul maslahah wa taqlilul mafasid (Menghasilkan maslahat dan mengurangi mafsadat)…memberi kepada pengemis akan menimbulkan dampak kerusakan yang lebih banyak dibandingkan maslahat yang didapatkan…yaitu kerusakan moral mereka, ketergantungan kepada pemberian orang, dan ditakutkan jatuhnya mereka akan hukum haram meminta-minta….
  2. Mengutamakan yang wajib dari pada yang sunah…Memberi sedekah adalah sunah, sedang menghindari kerusakan adalah wajib….maka harus didahulukan yang wajib dong….
  3. Lebih baik lewat amil atau badan tertentu yang dipercaya,,..ada keterlanjutan…bimbingan dll…bukan hanya memberi dan selesai…atau anda kumpulkan orang-orang miskin penjual koran …kita beli korannya kembaliannya buat dia….(jangan banyak banyak…nanti terjadi kehebohan kayak di Pasuruhan terinjek injek lalu mati..hehhe)
Nah…jadi jangan bersedekah deh kepada pengemis jalanan…bukan
mengatasi masalah …malah timbul masalah baru…dan generasi-generasi pengemis baru akan muncul…karena enak tho…mantheb tho…tinggal menadah….tak perlu sekolah…uang berlimpah…


16 thoughts on “Jangan Bersedekah

  1. Setuju bang !? Menghasilkan atau tidak, ngemis tidak sesuai dengan etos kerja dalam Islam. Lebih baik bersedekah pada orang sekeliling kita yg sudah pasti kondisi kemiskinannya. Biar tepat sasaran sekaligus berpahala..

  2. yups…oh iya afwan akhi ana mau minta tolong nih..hehe pas kan judulnya tentang sedekah, ana kurang faham mengartikan beberapa bahasa Indonesia ke B.Arab… bisa membantu??

  3. fmcute said: yups…oh iya afwan akhi ana mau minta tolong nih..hehe pas kan judulnya tentang sedekah, ana kurang faham mengartikan beberapa bahasa Indonesia ke B.Arab… bisa membantu??

    wah…anti tanya ustad dayathi aja….saya nggak bisa bahasa arab je…

  4. Dulu tuh berfikiran yah sedekah aja,terlepas mereka bohongan atau tidak.. Tapi bener yah,, waktu itu ketemu seorang bapak,dari jauh dilihat bapak itu mash tegap jalan nya,eh pas ngliat aq,si bapak pura2 dilemesin,dan yah tau lah,,trus aq tolak halus,,(lah wong masih sehat gitu,,masih bisa kerja pak!).. Eh pas lewat dr aq,,si bapak kembali berjalan dengan gagahnya,karena kebetulan daerahnya sepi kali yah… Bener,kayaknya mereka nyaman deh dengan seperti itu.. Astagfirullah..Oia mau tanya,,kan ga boleh meminta minta,,kalo minta traktir ke orang lain gimana??

  5. dongdongrusliana said: Dulu tuh berfikiran yah sedekah aja,terlepas mereka bohongan atau tidak.. Tapi bener yah,, waktu itu ketemu seorang bapak,dari jauh dilihat bapak itu mash tegap jalan nya,eh pas ngliat aq,si bapak pura2 dilemesin,dan yah tau lah,,trus aq tolak halus,,(lah wong masih sehat gitu,,masih bisa kerja pak!).. Eh pas lewat dr aq,,si bapak kembali berjalan dengan gagahnya,karena kebetulan daerahnya sepi kali yah… Bener,kayaknya mereka nyaman deh dengan seperti itu.. Astagfirullah..Oia mau tanya,,kan ga boleh meminta minta,,kalo minta traktir ke orang lain gimana??

    afwan baru jawab….pada intinya islam tidak suka dng meminta, sebisa mungkin berdiri dng kaki sendiri…bahkan Fatimah ra ketika meminta Rasulullah untuk diberi pembantu…Rasul menolak dng halus…tetapi kadang dalam persahabatan kita memang suka saling menggoda untuk saling traktir…tidak apa…tapi ahsan..kalo sebelum minta traktir….dilihat kondisinya dulu…jangan jangan lagi bokek..hehehe

  6. “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin”. (Al Ma’un 1-3). Demi Allah, bersedekah adalah amalan mulia. Diriwayatkan dari dari Jabir bin Abdullah ra. “Rasulullah tidak pernah mengucapkan ‘tidak’ bilamana dimintai sesuatu.” Walaupun pelacur yang meminta sekalipun, jangan pernah menolak memberikan sedekah. http://www.eramuslim.com/oase-iman/endang-ts-amir-semangat-memberi-dan-berbagi.htm

  7. ridwan3 said: “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin”. (Al Ma’un 1-3). Demi Allah, bersedekah adalah amalan mulia. Diriwayatkan dari dari Jabir bin Abdullah ra. “Rasulullah tidak pernah mengucapkan ‘tidak’ bilamana dimintai sesuatu.” Walaupun pelacur yang meminta sekalipun, jangan pernah menolak memberikan sedekah. http://www.eramuslim.com/oase-iman/endang-ts-amir-semangat-memberi-dan-berbagi.htm

    akh itu kaidah asal memang sunah bersedekah bahkan bisa wajib (zakat)….seperti hukum menikah bisa wajib, sunnah, bahkan haram……Nah begitu hukum wajibnya suami memberi nafkah pada keluarga, tapi tidak harus semua permintaan istri/anak diberi…tentu dilihat maslahatnya juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s