Madzhab bung Karno , apakah boleh..?


Madzhab bung Karno , apakah boleh..?

Lagi viral di dunia maya , seseorang yang menyatakan bahwa ajaran lembaganya adalah penganut madzhab bung Karno , sontak ini membuat heboh dunia persosmed-an.

Sampai-sampai saya pun banyak di banjiri pertanyaan , baik dari sahabat-sahabat saya , org-org yang ga saya kenal tapi dia ngakunya kenal , bahkan pertanyaan itu dtg dari murid-murid saya , mereka bertanya tentang hukum bermadzhab dgn madzhab bung Karno , sebagaimana yang di pidatokan seseorang di sebuah lembaga tersebut.

Hukum bermadzhab dgn selain aimmah madzhab yang empat , hukumnya adalah haram menurut ijma’ para ulama , begitulah yang di nukil imam Ibnu sholah rah , dan itu tertulis di dalam kitab bughyah al-mustarsyidin , bunyi teks nya begini :
(مسئلة ش) نقل ابن الصلاح الإجماع على أنه لايجوز تقليد غير لأئمة الأربعة حتى العمل لنفسه فضلا عن القضاء و الفتوى.
كذا فى كتاب تحتى عنوان “بغية المسترشدين” ج ١ ص ١٥٩ – ١٦٠ – ١٦١ ط دار الضياء.
“Imam Ibnu sholah menukilkan fatwa nya ijma para ulama bahwa tidak boleh mengikuti pendapat selain madzhab yang empat walupun untuk diamalkan diri sendiri apalagi untuk memutuskan sebuh hukum dan sebuah fatwa.
Kitab bughyah al-mustarsyidin juz 1 hal 159 -160 – 161 cet dar adhiya.

Bung Karno atau biasa disebut dgn Presiden Soekarno , yang memiliki nama lengkap ahmad Soekarno , beliau jgn kan jadi imam madzhab , berijtihad saja masih blm pantas , maka apakah pantas pimpinan lembaga tersebut menyerukan ke halayak ramai bahwa ajaran lembaganya sebagai penganut madzhab bung Karno..?

Kesimpulan dari Ijma para ulama yang di nukil imam Ibnu sholah di atas adalah , haram hukumnya memfatwakan , mempromosikan kepada ummat untuk mengamalkan ajaran agama selain ajaran empat madzhab , bahkan untuk di amalkan sendiri pun hukum nya adalah “haram.”
والله أعلم.
Selesai…
–Muhammad zaidun al-mahmudy asy-Syafi’i–

Leave a comment