HANYA 30 MENIT


HANYA 30 MENIT

By. Satria hadi lubis

Tahukah kamu bahwa waktu kita untuk mengumpulkan pahala bagi bekal ke akhirat rata-rata hanya sepertiga dari usia kita?

Yuk kita hitung…

Jika rata-rata usia manusia Indonesia 60 tahun, maka waktu yang digunakan untuk tidur rata-rata 7-8 jam sehari (sepertiga hari). Dalam 60 tahun berarti sepertiga dari 60 tahun atau 20 tahun digunakan untuk tidur. Jadi sisanya untuk mengumpulkan pahala tinggal 40 tahun.

Lalu dikurangi waktu sebelum aqil baligh dimana kita belum mendapat pahala dan dosa. Jika aqil baligh rata-rata usia 15 tahun, maka 40 tahun dikurangi 15 tahun. Sisanya tinggal 25 tahun untuk mengumpulkan pahala.

Lalu dikurangi lagi dengan waktu yang sia-sia atau bahkan berbuat dosa. Jika setiap hari rata-rata kita membuang waktu 2 jam saja untuk hal yang sia-sia, bahkan dosa, berarti dalam 60 tahun (2×365×60) sama dengan 43.800 jam atau sama dengan 5 tahun. Sisa waktu 25 tahun dikurangi 5 tahun, sisa 20 tahun. Itupun jika waktu sia-sia hanya 2 jam sehari. Jika lebih, tentu waktu kita beramal akan lebih berkurang lagi.

Kesimpulannya….
Hanya 20 tahun waktu kita untuk beramal atau mengumpulkan pahala jika usia kita mencapai 60 tahun (hanya SEPERTIGA DARI WAKTU HIDUP KITA).

Jika usia kita tidak sampai 60 tahun, maka lebih berkurang lagi waktu kita untuk beramal.

Sungguh sangat singkat waktu untuk beramal di dunia ini yang menentukan kita masuk surga atau masuk neraka selamanya!

Benarlah Allah dgn firman-Nya:

“Allah bertanya: “Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi? Mereka menjawab: “Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung. Allah berfirman: “Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui” (Qs. 23:112-114).

Belum lagi jika dihitung menurut waktu hakekat. Di dalam surat al Hajj ayat 47 disebutkan bahwa 1 hari di sisi Allah sama dengan 1000 tahun dalam perhitungan manusia. Maka jika kita hidup sampai usia 60 tahun berarti hidup kita sebenarnya hanya kira-kira 1,5 jam saja dalam waktu hakekat di sisi Allah, sehingga waktu untuk mengumpulkan pahala agar bisa masuk surga hanya sepertiga dari 1,5 jam alias 30 MENIT SAJA.

Bayangkan!
Waktu 30 menit yang sangat singkat itu menentukan nasib kita selama-lamanya di akhirat yang abadi. Apakah masuk surga atau masuk neraka!

Jadi jika engkau berlelah-lelah untuk ibadah dan dakwah….
Jika engkau menahan diri dari bermaksiat…
Jika engkau tabah dalam kesulitan hidup…
Jika engkau sabar dengan rasa sakit hati akibat perlakuan orang-orang di sekelilingmu…
Itu sebenarnya hanya 30 MENIT SAJA.

MAKA gunakanlah waktumu yang singkat itu sebaik-baiknya untuk mengumpulkan amal sholih….
atau kamu akan menyesal kelak!

DI DUNIA KAMU MEMILIH, DI AKHIRAT KAMU DIPILIH.

*Introspeksi di awal tahun 1444 H

Leave a comment