DAHULUKAN QURAISY


Fawaid Fathul Bari #1
Hadits 1

DAHULUKAN QURAISY

Oleh: Muhammad Abduh Negara

Hadits pertama dalam Shahih Al-Bukhari, yaitu Hadits ِإِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّات, diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dari guru beliau Imam Abu Bakr ‘Abdullah bin Az-Zubair Al-Humaidi, seorang Arab Quraisy yang nasabnya bertemu dengan nasab Khadijah radhiyallahu ‘anha pada Asad bin ‘Abdil ‘Uzza bin Qushay, dan bertemu dengan nasab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada Qushay.

Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-‘Asqalani menyatakan, bahwa hal ini seakan-akan Al-Bukhari berusaha meneladani sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: قَدِّمُوا قُرَيْشًا (Dahulukanlah orang Quraisy), sehingga beliau mendahulukan riwayat Al-Humaidi, yang merupakan orang yang paling faqih dari kalangan Quraisy yang pernah beliau riwayatkan Haditsnya, dengan menyebutkannya pada Hadits pertama dalam Shahih beliau.

Dan Al-Humaidi mengambil fiqih dari Imam Asy-Syafi’i, dan ikut pergi ke Mesir bersama Asy-Syafi’i, dan baru kembali ke Makkah setelah wafatnya Asy-Syafi’i.

Wallahu a’lam.

Rujukan: Fath Al-Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhari, karya Imam Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-‘Asqalani, Penerbit Ar-Risalah Al-‘Alamiyyah, Damaskus, Tahun Terbit 1434 H (2013 M), Juz 1, Hlm. 17.

Leave a comment