Nyawa makanan


dr zaidul akbar

dr zaidul akbar

Nyawa makanan ? apakah itu? mari kita bahas pagi ini..biar tahu bahwa yang kita makan itu masih ada nyawa atau nggak.

1. Jika kita runut, mulai dari makanan mentah–kukus-rebus-bakar-goreng apa yg membedakan dr bbrp tsb?

2. yg membedakan adlh kandungan nutrisi pd makanan td,sudah tak sama satu dng yg lain

3.kita kenal bbrp senyawa makro pd nutrisi spt Karbohidrat, Lemak,Protein, mrk dsebut senyawa makro (besar) gitu.

4. Apakah senyawa makro tsb bs kerja sendiri? sulit utk optimal diolah oleh tubuh, tubuh perlu senyawa lain utk mengolahya.

5.senyawa makro tsb perlu senyawa lain yaitu senyawa mikro, miikro inilah yg berperan besar dlm mengurai makro td.

6. makro sudah jelas td, mikro apa? mikro berupa vitamin dan mineral yg ada pd makanan yg sgt berperan dlm mengurai makanan

6.apa hebatnya ? ini yg slma ini kita lupa jng2 yg selama ini kita konsumsi gada manfaat dan nilai gizinya(bkn scr tertulis ya)

7. Makanan yg mengalami pengolahan,yg sy tulis di awal mentah dst itu, pd kategori goreng,nutrisi pd makanan hy tersisa 15%

8.jk digoreng, hanya tersisa 15% sj,.lalu bgmn kalau dipanaskan berulang ulang? yang dimakan apa?…udah tau kan

9.lalu, bgmn nasib nyawa makanan? nyawa makanan itu byk, salah satunya pd mineral dan vitamin (senyawa mikro) yg td sy sebut.

10.si mikro inilah salah satu nyawa makanan yg membuat manusia yg makan itu bs hidup

11. hidup dlm artian.sel2 tubuh mahluk hidup yg memakananya akan hidup jg.

13. apa yg tjd jk nyawa td di olah dng bbg pengolahan? maka nyawa nya hilang, yg tinggal hanyalah?

14. yang tinggal hanyalah sisa2 nutrisi yg sbnrnya tubuh sudah tak mampu lg mencerna scr baik.

16.bgmn itu tjd?ktk nyawa makanan tsb hilang mk yg tjd adl makanan tsb hanya menumpuk dlm tubuh

17. tubuh nggak mampu kelola dng baik, ga mampu dimetabolisme dng sempurna lg

18. krn tubuh pun sudah penuh dng racun. akhirnya makanan td hanya sekedar numpuk.ga bs dicerna baik

18.sy jelasin contohnya, salah satu nyawaproduk biji2an, ada pd kulit ari atau pembungkusnya.

19.jk qt makan kacang ijo (bubur misalnya) jgn tinggalin kulit ariinya,krn kulit ari nya itulah mineralnya

20. beras jk dibuang kulit arinya, maka yg sisa hanyalah karbohidrat nya aja.,plus pemutih mk jadilah fenomena srkg ini

21. fenomenanya, beli pestisida bonus beras..mineraal vitamin tdk ada lagi,,yg sisa karbohidrat yg tubuh sudah sulit cerna.

23. itu sebabnya, beras putih pasti indeks kemampuan menaikan gula nya sgt tinggi (100%)

24. contoh simpelnya gini. jk kita liat di fakta nutrisi sebuah jus jeruk kemasan, mk yg tertulis pasti nyenengin

25. nyenengin banget fakta nutrisinya, dan qt pasti seneng bs mndpt nutrisi dr situ.

26. apakah benar? tidak juga, krn jus buah dlm kemasan, pasti mengalami pengolahan (tms pemanasan), apa yg tjd?

27. nyawa nya hilang kkrn mineral dan vitaminnya (tms enzim pd jus td ) sudah hilang bersama pemanasan.

28. plus dng bahan kimia di dalamnya mk yg tjd sebenarnya, kita minum apa? ya jawab sendiri.

29. ya gitu deh, krn fakta nutrisi yg ada pd produk kemasan spt itu tdk membahas nyawa

30. yg diulas adl hanya fakta nutrisi scr angka, tp apakah benar2 tubuh bs menerima? tdk jg.

31. akhrnya. yg dimakan hanyalah nutrisi yg tubuh sbnrya tak mampu urai lg, krn gada nyawa lg

32.akhirnya, krn gada nyawa td (mineral, enzim, vitamin) mk yg tjd adl fenomena gak kenyang2.

33. ga kenyang2 ? bs?, iya, krn sinyal kenyang salah satunya dibawa oleh si mikro td, itu sebab, jgn mkan buah sesudah makan.

34. itu sebabnya. makan buah dan sayur itu usahakan di awal,krn kl makan di akhir, ya gada faedah optimal.

35.trus knp kl aye makan tu makanan gada nyawa lagi? apa yg tjd dng tubuh?

36. yg tjd adl tubuhnya KARATAN alias TEROKSIDASI karena semua produk2 yg diolah dan hilang nyawanya bikin asam

37. kl asam knp?hm.mm..bandel sih, kl asam mk yg tjd adl terpicunya sel tubuh utk membelah sendiri, bahasa gampangnya kanker

38. menurut ahli natural, tyt sel kanker teraktifasi jk sel tubuh mengalami penurunan ph hingga mencapai 5,5

39. apa lg yg tjd? heheh..kagak bakal punya mood baik,krn mineral dan vitamin itu salah satu sumber Mood.

40. mau bukti? ambil semangkuk soto penuh daging, penuh santan dan lemak2 lainnya.

41. lalu ambil sepiring sayuran dan buah segar warna warna. kl diletakkan bersama, kr2 mana yg membuat anda hepi.

42. scr filing ni, mana yg kr2 lebih membuat hepi di antra keduanya td? kl normal ya pasti buah dan sayur

43. ketika ada sso mgktkn,, ” mas, kl aku deket kamu, kok berdebar-debar ya” jgn lgs salah duga

44.bs jd dia cuma kkurangan Kalsium aja. suruh dia makan pisang, trus makannya ama monyet, pasti debarnya hilang

45. lalu apa nasib makanan yg sdh tdk ada nyawa spt GORENGAN?HEHE..

45.kan udh diljlsin,. kl digoreng kr2 brp persen nutrisi alami yg tersisa? cuma 15%,kl pake minyak berkali2? ya gt deh.

46. yg menyedihkna, baca TL ini pagi2 yg indah, yg perutnya masih bersih, dng ditemani gorengan. gubrakkkkksss..

48. apa yg tjd jk yg dimakan hari2 adlh makanan tanpa nyawa lg? yg pertama sel tubuh bs aus atau karatan, yg kedua?

49. yg kedua, lama2 sel bs mati, ga bs kekontrol. krn hanya yg bernyawa yg bs menghidup yg bernyawa, dlm teori makanan ya.

50.jd kl rekan2 pergi ke minimarket dan pergi ke rak minuman,coba pilih mau minum apa? nyaris semua gada nyawa

51. sekali2 kan pak, ya boleh deh, tp biasanya sekali2 tiap hari, hari ini sekali besok sekali..jd deh,pada aus semua selnya

52. solusinya apa? krn bs jd ada yg merana hidupnya kalo nggak makan gorengan..ada yg merana hatinya jk ga minum prodk kemasan

53. spy makanan yg dimakan ada nyawa. biasakanlah makan yg ada nyawanya(vitamin mineral enzim) gt tiap hr

54. lemak, protein ga bs keurai sempurna kl ga ada serat, gada mineral

55. pada intinya jk sudah diolah, dipanaskan atau dibakar, nyawanya kurang, ditambah bahan kimia, ya berkurang lg

56. ada cara mudah supaya makanan ketika masuk udh ada yg siap ngolah?ada, minumlah segala jenis rimpang2an jamu

57. Kunyit, temulawak,beras kencur, jahe, semunya ngasi nyawa ke makanan

58. gula pasir ada nyawanya?sudah lama nyawa gula pasir itu hilang dipabrik gula sana

59.skr gini, antara tempe goreng ama tempe bacem lebih byk nyawa yg mana?

57. skrg kl liat rendang yg penuh dng santan, saya jd terharu biru…enakkkkk banget..tp kl makan gini trus..kasian sel tubuh,

mas, mau hidup sehat mau nggak, kan mati juga, yappp betull..tp kl kita hidup sehat bs byk berkarya.

kl sakit2an mulu? dikantor ijin trus, ama temen nyebarin penyakit, mau apa gt coba?

udh gt jelang akhir hayat, tubuh penuh penyakit, asuransi udh ga kekover lg, rumah ludes buat berobat. mau gt?

ya pilihannya ada di kita sendiri, mau hidup sak sukanya, makan sesukanya utk muaskan nafsu, atau makan tuk cukupi kbthn tubuh

gada yg maksa, pagi2 ini dan pagi selanjutnnya pun makan gorengan? sah dijamin halal..tp kl tubuh blm menjerit?

mgk tubuh akan blg knp engkau zolimi aku trus dng makanan gini, yg aku ngolahnya pun begitu sulit

blm sempet aku olah tu makanan, engkau hujani lg aku dng gula pasir bertubi2 dng minuman2 kemasan dan teh manismu

pagi2 pengen pinter bahasa inggris, makan sosis makan roti, pinter kagak,. perut menjerit iya

udah la..kembali ke indonesia aja,ai lop dis kauntri deh..sarapan pagi pisang rebus, ubi rebus, jagung rebus.

pengen lancar bhs inggris pagi2 sarapan yogurt ama keju..hadoh..yg ada ngomel2 tu perut

pagi2 makan sarapan apa? ni pilihannya. semua jenis umbi2an rebus semua, mantep tuh.

pisang2an dikukus aja, trus makan ama bubur kacang ijo yg dikasi rempah2, jahe+kayumanis+cengkeh, kenyag deh.

masih kurang? bs tambah kurma atau minum alpukat, kenyang kok dijamin,

siapa yg pagi2 ini sudah bikin perut menangis dan teriak dng makan nasi goreng? aduh..nasinya jgn digoreng, di tim lbh baik

mulai skrg biasakan makan beras merah, biar ga keras, rendem dulu 45 menit sblm diolah biar empuk.

sarapan sehat?…hindari segala bentuk GORENGAN atau yang DIGORENG pliss

=end=

@zaidulakbar
Inspirator Sehat Indonesia — Berbagi Inspirasi Sehat menuju Indonesia yang lebih baik.. GO Indonesia !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s