KHUTBAH JUMAT TANDA-TANDA ORANG BERUNTUNG


TANDA-TANDA ORANG BERUNTUNG

Oleh : Tim al-‘Imaroh

الخطبة الأولى

الْحَمْدُ لِلهِ عَلَى مَا أَسْدَاهُ مِنَ الْإِنْعَامِ وَالْبَرَكَاتِ ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إله إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ شَهَادَةً أَرْجُوْ بِهَا رَفِيْعَ الدَّرَجَاتِ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَاحِبُ الْآيَاتِ وَالْمُعْجِزَاتِ ، اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمَبْعُوْثِ بِدَعْوَةِ الْحَسَنَاتَ ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ ذَوِي الْهِمَمِ الْعَالِيَاتِ ، وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِيْهِمْ بِالْخَيْرَاتِ ، أَمَّا بَعْدُ :

فَيا أيُّها الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ الله ، اِتَّقُوا اللهَ تَعَالَى حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Hadirin jama’ah Jum’ah rahimakumullah.

Marilah kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. dengan melaksanakan perintah-perintah-Nya serta menjauhi larangan-larangan-Nya. karena takwalah sebaik-sebaiknya bekal untuk kehidupan kita baik di dunia ini terlebih lagi kelak di akhirat.

Allah berfirman :

وَمَا تَفْعَلُوا مِنْ خَيْرٍ يَعْلَمْهُ اللهُ وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى وَاتَّقُونِ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ [البقرة/197]

Kebaikan apapun yang kalian lalukan Allah pasti mengetahuinya, dan bawalah bekal, karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa, dan bertakwalah kepadaku wahai orang-orang yang memiliki akal sehat.

Hadirin rahimakumullah.

Dalam salah kesempatan Nabi Muhammad SAW. bersabda :

«وَعَلَامَةُ السَّعَادَةِ أَرْبَعَةٌ : ذِكْرُ الذُّنُوْبِ المَاضِيَةِ، وَنِسْيَانُ الحَسَنَاتِ المَاضِيَةِ، وَنَظَرُهُ إِلَى مَنْ فَوْقَهُ فِي الدِّيْنِ، وَنَظَرَهُ إِلَى مَنْ دُوْنَهُ فِي الدُّنْيَا»

Tanda-tanda orang beruntung ada empat, pertama yaitu : tidak lupa terhadap dosa yang pernah dilakukan. Kedua yaitu : lupa terhadap kebaikan yang sudah dilakukan. Ketiga yaitu : melihat orang yang lebih baik dalam urusan agama. Keempat yaitu : melihat orang lebih buruk dalam urusan dunia.

Hadirin rahimakumullah.

Lupa terhadap dosa-dosa yang telah lalu sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kita tidak bertaubat dari dosa-dosa tersebut sementara dosa-dosa tersebut masih tercatat dalam buku catatan amal kita dan ada beberapa dosa yang hanya bisa dilebur dengan taubat. Dan pasti kelak kita akan dimintai pertanggung jawaban atas dosa-dosa itu.

Nabi bersabda :

«التَّائِبُ مِنَ الذَّنْبِ كَمَنْ لَا ذَنْبَ لَهُ» [رواه مسلم]

Orang yang bertaubat dari dosa seperti orang yang tidak memiliki dosa

Demikian halnya dengan ingat terhadap kebaikan-kebaikan yang pernah kita lakukan, dapat menyebabkan timbulnya kesombongan dan merasa lebih mulia dan terhormat dari orang lain, oleh karena itulah para ulama’ mengatakan :

«كُلُّ مَعْصِيَةٍ أَوْرَثَتْ ذُلًّا وَانْكِسَارًا خَيْرٌ مِنْ طَاعَةٍ أَوْرَثَتْ عِزًّا وَاسْتِكْبَارًا »

Setiap kemaksiatan yang mendatang rasa hina diri dan merasa susah lebih baik dari pada ketaatan yang mendatangkan merasa mulia dan kesombongan.

Apalagi jika disertai mengungkit-ngungkit kebaikan kepada orang lain maka hal akan menjadikan kebaikan-kebaikan tersebut akan hilang, rusak dan tak berguna.

Allah berfitman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُبْطِلُوا صَدَقَاتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْأَذَى [البقرة/264]

Wahai orang-orang yang beriman, jangan kalian merusak sedekah kalian dengan mengungkit-ngungkit dan menyakiti hati.

Hadirin rahimakumullah.

Demikian halnya dengan melihat orang yang lebih baik dalam urusan agama, semisal melihat orang sedekahnya lebih banyak, shalat jama’ahnya lebih rajin dan lain sebagainya hal ini akan memotifasi kita untuk meningkatkan ibadah minimal sama atau bahkan melebihi dari orang lain tersebut. Dan hal ini dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. dalam salah satu sabdanya :

«لاَ حَسَدَ إِلاَّ فِى اثْنَتَيْنِ ، رَجُلٌ آتَاهُ الله مَالاً فَسَلَّطَهُ عَلَى هَلَكَتِهِ فِى الْحَقِّ، وَآخَرُ آتَاهُ اللهُ حِكْمَةً فَهْوَ يَقْضِى بِهَا وَيُعَلِّمُهَا» [صحيح البخاري]

Tidak boleh ada kedengkian kecuali dalam dua hal, pertama yaitu : seseorang yang oleh Allah diberi harta yang berlimpah dan ia membelanjakannya dalam kebaikan. kedua yaitu : seseorang yang oleh Allah dianugerahi ilmu dan ia mengamalkan dan mengajarkannya.

Demikian pula dengan melihat orang yang lebih buruk dalam urusan dunia, hal dapat menjadikan kita merasa senantiasa mendapatkan anugerah Allah sekecil apapun anugerah tersebut, sehingga kita mudah mensyukuri nikmat Allah. Sebagaimana para ulama’ memberi nasihat :

«اُنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ دُوْنَكُمْ فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لَا تَزْدَرُوا نِعْمَةَ رَبِّكُمْ»

Lihatlah orang yang nasibnya lebih buruk dari kalian, maka hal itu adalah cara termudah agar kalian tidak meremehkan nikmat tuhan kalian.

Hadirin jama’ah Jum’ah rahimakumullah.

Semoga kita semua senantiasa mendapatkan hidayah dan pertolongan Allah SWT sehingga kita semua, keluarga dan masyarakat kita menjadi hamba-hamba Allah yang beruntung . Amin Yaa Robbal ‘Alamin.

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ ؛ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ ؛ ثُمَّ أَفِيضُوا مِنْ حَيْثُ أَفَاضَ النَّاسُ وَاسْتَغْفِرُوا اللهَ ، إِنَّ اللهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ [البقرة/199]

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الذِّكْرِ وَالْآيَاتِ الْحَكِيْمِ ، إِنَّهُ

هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمَ

الخُطْبَةُ الثَّانِيَةُ

الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أتَمَّ عَلَيْنَا نِعْمَتَهُ ، وَأَكْمَلَ لَنَا الدِّيْنَ، وَشَرَّعَ لَنَا مِنَ الْأَعْمَالِ الصَّالِحَاتِ أَنْوَاعًا وَأَصْنَافًا لِنَتَقَرَّبَ بِهَا إِلَى رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ أَكْرَمُ الْأَكْرَمِيْنَ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُصْطَفَى عَلَى جَمِيْعِ الْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، اللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِيْهِمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، أَمَّا بَعْدُ :

فَيآأيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اتَّقُوا اللهَ، اتَّقُوااللهَ تَعَالَى وَأَطِيْعُوْهُ فَإِنَّ طَاعَتَهُ أَقْوَمُ وَأَقْوَى، وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى، وَاحْذَرُوا أَسْبَابَ سَخَطِ الْجَبَّارِ، فَإِنَّ أَجْسَامَكُمْ عَلَى النَّارِ لَا تَقْوَى. وَاعْلَمُوا أَنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَشَرَّ الْأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ.

وَعَلَيْكُمْ بِالْجَمَاعَةِ، فَإِنَّ يَدَ اللهِ مَعَ الْجَمَاعَةِ ، وَمَنْ شَذَّ شَذَّ فِيْ النَّارِ .

اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا وَحَبِيْبِنَا وَشَفِيْعِنَا وَقُرَّةِ أَعْيُنِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْـحَابِهِ وَأَزْوَاجِـهِ وَذُرِّيَّاتِهِ أَجْمَـعِيْنَ ، وَالتَّابِـعِيْنَ وَتَابِـعِيْهِمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَـوْمِ الدِّيْنِ بِرَحْمَتِكَ

يَآأرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ .

اللهم اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ ؛ اللهم أَعِزَّ الْإِسْلَامَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَالْمُشْرِكِيْنَ , وَدَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ , وَاجْعَلْ هٰذَا الْبَلَدَ آمِنًا , رَخَاءً , سَخَاءً , وَسَائِرَ بِلَادِ الْمُسْلِمِيْنَ ؛ اللهم نَوِّرْ عَلَى أَهْلِ الْقُبُوْرِ قُبُوْرَهُمْ , اللهم اغْفِرْ لِلْأَحْيَاءِ وَيَسِّرْ لَهُمْ أُمُوْرَهُمْ .

اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالرِّبَا وَالزَّلَازِلَ وَالْمِحَنَ ، وَسُوْءَ الْفِتَنِ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ ، عَنْ بَلَدِنَا هٰذَا خَاصَّةً ، وَعَنْ سَائِرِ بِلَادِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً ، بِرَحْمَتِكَ يَآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ .

عِبَادَ اللهِ … إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِيْ الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَاْلبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ، وَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ، وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ ، وَاللهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ .

Leave a comment