Khutbah Jumat: Keistimewaan Sayiduna Muhammad


Khutbah Jumat: Keistimewaan Sayiduna Muhammad ﷺ

Jika para nabi sebelumnya diutus khusus untuk kaumnya, Baginda Nabi Muhammad diutus untuk semua kalangan, inilah petikan Khutbah Jumat

Oleh: Ali Akbar bin Muhammad bin Aqil

Hidayatullah.com | ALLAH SWT telah menjadikan umat Baginda Muhammad ﷺ sebagai sebaik-baik umat dan syariat yang beliau ajarkan menghapus semua syariat yang datang sebelumnya. Inilah naskah lengkap khutbah Jumar kali ini;

Khutbah Jumat Pertama

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى سيدنا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن

عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ قَالَ اللهُ تَعَالَى: يَاأَيّهَا النَاسُ اتّقُوْا رَبّكُمُ الّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَاءً وَاتّقُوا اللهَ الَذِي تَسَاءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَام َ إِنّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

Ma’asyiral Muslimin Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah

Saat ini kita tengah memasuki bulan kelahiran Rasul ﷺ, bukan Rabiul Awal. Di berbagai tempat umat Islam memperingati kelahiran beliau.

Dengan beragam cara, umat berusaha mengungkap suka cita dan kebahagian atas kelahiran beliau ini. Ada yang membuat lomba membaca selawat, mengadakan safari maulid dari satu tempat ke tempat lainnya, ada yang memberi sedekah kepada para dhuafa dan lain sebagainya.

Memang sudah sepatutnya bagi kita untuk bergembira, berbahagia, dan bersuka cita. Sebab beliau merupakan sosok yang istimewa.

Sejumlah keistimewaan Allah SWT anugerahkan kepada beliau yang bahkan melebihi keistimewaan yang pernah diberikan kepada nabi-nabi yang lain. Mari kita simak keistimewaan Nabi Muhammad ﷺ.

Pertama, beliau menjadi nabi terakhir, penutup para nabi dan rasul. Tidak ada nabi setelah kenabiannya.

Semua para nabi dan rasul berada di bawah kepemimpinan beliau. Rasul ﷺ bersabda :

أنا محمد النبي الأمي لا نبي بعدى أو تيت جوا مع الكلم وخواتمة

“Saya adalah Muhammad, Nabi yang Ummi, tidak ada nabi sesudahku. Saya diberi firman-firman yang lengkap dan pamungkas.” (HR. Ahmad)

Dalam riwayat Imam Tirmidzi disebutkan :

أنا سيد ولد أدم يوم القيامة وبيدي لواء الحمد ولا فخر، وما من نبي يومئذ آدم فمن سواه إلا تحت لوائي، وأنا أول من تنشق الأرض

“Saya adalah pemimpin keturunan Nabi Adam, di hari kiamat nanti saya membawa panji al Hamd, namun saya tidak bangga diri. Pada hari itu, tak seorang nabi, baik Nabi Adam mau pun lainnya, kecuali bernaung di bawah panjiku, dan saya adalah orang yang pertama muncul dari bumi, namun saya tidak bangga diri.” (HR. Tirmidzi)

Keistimewaan Rasul ﷺ yang kedua, risalah beliau berlaku untuk semua lapisan makhluk, baik manusia mau pun jin, baik orang Arab mau pun selain Arab. Inilah yang membedakan dakwah dan risalah beliau dengan para nabi sebelumnya.

Jika para nabi sebelumnya diutus khusus untuk kaumnya, beliau diutus untuk semua kalangan.Di antara dalil yang menunjukkan tentang keistimewaan ini adalah sabda Rasul ﷺ :

وكان النبي يبعث إلى قومه خاصة وبعثت إلى الناس عامة

“Setiap nabi diutus untuk kaumnya saja, sedangkan saya diutus untuk manusia seluruhnya.” (HR. Bukhari-Muslim).

Selain itu, risalah beliau adalah pamungkas dari risalah langit yang datang sebelumnya. Tidak ada kekosongan dan kekurangan di dalam risalah yang beliau emban, sebagaimana firman Allah SWT :

اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًاۗ

“Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu.” (QS. Al-Ma’idah : 03).

Ma’asyiral Muslimin Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah

Ketiga, Allah SWT memberikan keistimewaan kepada Nabi Muhammad ﷺ berupa syafaat terbesar bagi umatnya. Setiap nabi yang didatangi oleh umatnya menyatakan tidak bisa memberikan syafaat.

Seorang nabi yang dimintai syafaat, menyuruh untuk datang kepada nabi yang lain, sampai mereka datang menemui Nabi Isa AS untuk meminta syafaat.

Di kala itu keadaan sudah sangat genting dan menakutkan. Manusia menghadapi hari perhitungan yang berat. Mereka bingung ke mana akan mendapatkan bantuan.

Tapi Nabi Isa menyarankan untuk datang kepada Rasul ﷺ. Maka, umat berbondong-bondong mendatangi Rasul ﷺ dan beliau kelak akan menjawab :

أَنَا لَهَا فَأَسْتَأْذِنُ عَلَى رَبِّي فَيُؤْذَنُ لِي وَيُلْهِمُنِي مَحَامِدَ أَحْمَدُهُ بِهَا لَا تَحْضُرُنِي الْآنَ فَأَحْمَدُهُ بِتِلْكَ الْمَحَامِدِ وَأَخِرُّ لَهُ سَاجِدًا فَيَقُولُ يَا مُحَمَّدُ ارْفَعْ رَأْسَكَ وَقُلْ يُسْمَعْ لَكَ وَسَلْ تُعْطَ وَاشْفَعْ تُشَفَّعْ

“Aku kemudian meminta ijin Tuhanku dan aku diijinkan, Allah mengilhamiku dengan puji-pujian yang aku pergunakan untuk memanjatkan pujian terhadap-Nya, yang jika puji-pujian itu menghadiriku sekarang, aku tidak melafadkan puji-pujian itu. Aku lalu tersungkur sujud kepada-Nya, lantas Allah berfirman ‘Wahai Muhammad, angkatlah kepalamu, katakanlah engkau akan didengar, mintalah engkau akan diberi, mintalah keringanan engkau akan diberi keringanan.” (HR. Bukhari)

Keempat, Allah SWT menghalalkan rampasan perang bagi beliau dan umatnya. Rampasan perang yang disebut dengan istilah ghanimah diperkenankan oleh Allah untuk diambil oleh beliau dan kaum muslimin setelah meraih kemenangan dalam sebuah pertempuran.

Umat terdahulu tidak memiliki keistimewaan seperti ini. Jika mereka meraih kemenangan di sebuah peperangan, harta rampasan perang tidak boleh diambil. Tapi dikumpulkan di sebuah tempat, lalu akan datang api dari langit yang melahapnya.

Ma’asyiral Muslimin Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah

Kelima, Allah SWT menjadikan umat Rasul sebagai sebaik-baik umat dan syariat yang beliau ajarkan menghapus semua syariat yang datang sebelumnya.

هُوَ الَّذِيْٓ اَرْسَلَ رَسُوْلَهٗ بِالْهُدٰى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهٗ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهٖۙ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُوْنَ

“Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya dengan petunjuk (Alquran) dan agama yang benar untuk diunggulkan atas segala agama, walaupun orang-orang musyrik tidak menyukai.” (QS. at-Taubah : 33).

وَمَنْ يَّبْتَغِ غَيْرَ الْاِسْلَامِ دِيْنًا فَلَنْ يُّقْبَلَ مِنْهُۚ وَهُوَ فِى الْاٰخِرَةِ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

“Siapa yang mencari agama selain Islam, dia tidak akan diterima, dan di akhirat dia termasuk orang yang rugi.” (QS. Ali Imran : 85)

Rasul ﷺ bersabda :

وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَا يَسْمَعُ بِي أَحَدٌ مِنْ هَذِهِ الْأُمَّةِ يَهُودِيٌّ وَلَا نَصْرَانِيٌّ ثُمَّ يَمُوتُ وَلَمْ يُؤْمِنْ بِالَّذِي أُرْسِلْتُ بِهِ إِلَّا كَانَ مِنْ أَصْحَابِ النَّارِ

“Demi Zat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, tidaklah seseorang dari umat ini baik Yahudi dan Nashrani mendengar tentangku, kemudian dia meninggal dan tidak beriman terhadap agama yang aku diutus dengannya, kecuali dia pasti termasuk penghuni neraka.” (HR. Muslim)

Inilah sedikit dari sekian banyak keistimewaan yang dimiliki oleh Rasul ﷺ sebagai anugerah yang Allah berikan kepadanya. Semoga selawat dan salam tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad ﷺ.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فيِ القُرْآنِ العَظِيْمِ، وَنَفَعَنيِ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآياَتِ وَالذِّكْرِ الحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنيِّ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ َإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ. أَقُوْلُ قَوْليِ هذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ ليِ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

Khutbah Jumat Kedua

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللَّهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى سيدنا مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن. اَمَّا بَعْدُ :

فَيَا اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوا اللهَ تَعَالىَ وَذَرُوا الْفَوَاحِشَ مَاظَهَرَ وَمَا بَطَنْ، وَحَافِظُوْاعَلىَ الطَّاعَةِ وَحُضُوْرِ الْجُمْعَةِ وَالْجَمَاعَةِ.

وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهَ اَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَنَّى بِمَلاَئِكَةِ قُدْسِهِ، فَقَالَ تَعَالىَ وَلَمْ يَزَلْ قَائِلاً عَلِيْمًا: اِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِىْ يَاَ يُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سيدنا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سيدنا إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سيدنا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سيدنا إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

اللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالمسْلِمَاتِ وَالمؤْمِنِيْنَ وَالمؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعْوَةِ،

اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ وَالجُنُونِ والجُذَامِ وَسَيِّيءِ الأسْقَامِ

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا, اللَّهُمَّ إنَّا نَسْأَلُكَ الهُدَى والتُّقَى والعَفَافَ والغِنَى، رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ و َمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

عِبَادَ اللهِ، إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُArs

Leave a comment