Perbedaan biawak (haram memakannya) dengan dhab (dihalalkan):


Perbedaan biawak (haram memakannya) dengan dhab (dihalalkan):

1. Dhab adalah binatang yang hidup di darat, sedang biawak bisa hidup di darat dan di air.

2. Makanan dhab terdiri dari rumput tetapi makanan biawak ikan atau daging binatang.

3. Kaki, tangan dan ekor dhab agak pendek,sementara kaki, tangan, dan ekor biawak agak panjang.

4. Kulit dhab keras karena hidupnya di padanh pasir yang panas, sementara kulit biawak agak lembut karena hidupnya kadang di darat dan kadang di air.

5. Dhab adalah binatang yang mempunyai dua jenis kelamin enam bulan jadi betina dan enam bilan jadi jantan, sedang biawak tidak demikian.

Sumber: Sabilal Muhtadin karangan Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari.

==================================

Perbedaan yang paling menonjol adalah terutama dalam hal makanannya, dimana dhabb merupakan hewan yang jinak (tidak buas) memakan makanan yang bersih dan tidak menjijikan (rerumputan) berbeda sekali dengan biawak yang merupakan hewan buas dan pemangsa serta memakan makanan yang menjijikkan.

Selain menjijikkan, biawak juga merupakan hewan yang licik dan zhalim. Abdul Lathif Al-Baghdadi menyebutkan bahwa diantara kelicikkan dan kedzaliman biawak adalah bahwa biawak suka merampas lubang ular untuk ditempatinya dan tentunya sebelumnya dia membunuh dan memakan ular tersebut. Selain itu biawak juga suka merebut lubang dhabb, padahal kuku biawak lebih panjang dan lebih mudah untuk digunakan membuat lubang. Karena kedzalimannya, orang-orang Arab sering mengungkapkan: “Dia itu lebih zhalim daripada biawak”.

Leave a comment