بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ..
أَللّٰهُمَ أَنْتَ الْأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ..وَأَنْتَ الْأٰخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ..وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ..وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ..
Dikutip dari Buku Aqidah Salaf Tentang Ketinggian Allah ﷻ Atas Arsy halaman 156-157..Buah karya dari Kyai Haji Hidayat Nur Hafidzhahullah..
📝 قَالَ الْإِمَامُ أَبُو الْحَسَنِ الْأَشْعَرِيُّ..
كَانَ اللّٰه وَلَا مَكَانَ..فَخَلَقَ الْعَرْشَ وَالْكُرسِيَّ..وَلمْ يَحْتَجْ إِلٰی مَكَانٍ..وَهُوَ بَعْدَ خَلْقِ الْمَكَانِ كَمَا كَانَ قَبْلَ خَلْقِهِ..(تَبْيِيْنُ كِذْبِ الْمُفْتَرِی ص ١٥٠)..
“Allah ﷻ wujud dan tidak ada tempat..kemudian Allah ﷻ menciptakan Arsy dan Kursy..dan Dia tidak memerlukan tempat..dan setelah menciptakan tempat,Allah ﷻ ada sebagaimana sebelum menciptakannya..(Tabyiin Kidzbi al-Muftari,halaman 150)..
📝قَالَ الْإِمَامُ أَبُوْ مَنْصُوْرٍ أَلْمَاتُرِدِيُّ..
إِنَّ اللّٰهَ سُبْحَانَهُ كَانَ وَلاَ مَكَانَ..وَجَآئِزٌ إِرْتِفَاعُ الْأَمْكِنَةِ وَبَقَآئُهُ عَلٰی مَا كَانَ..وَكَانَ عَلٰی مَا عَلَيْهِ الْأٓنَ..جَلَّ عَنِ التَّغَيُّرِ وَالزَّوَالِ وَالْإِسْتِحَالَةِ..(كِتَابُ التَّوْحِيْدِ ص ٦٩)..
“Sesungguhnya Allah ﷻ ada dan tidak ada tempat..ketiadaan tempat adalah perkara ja’iz aqli..Baqa’nya Allah ﷻ adalah sesuai dengan keberadaanNya..maka Dia sesuai dengan keadaanNya..dan Dia ada sebagaimana sekarang..Maha agung Allah ﷻ dari berubah,bergeser,dan berubah bentuk..(Kitabut Tauhid halaman 69)..
📝قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ ابْنُ حَنْبَلٍ..
مَنْ قَالَ أَنَّهُ بِذَاتِهِ فِی كُلِّ مَكَانٍ أَوْ فِی مَكَانٍ فَكَافِرٌ..لِأَنَّهُ يَلْزَمُ مِنْهُ قِدَمُ الْمَكَانِ..(نِهَايَةُ الْمُبْتَدِئِيْنَ ص ٣١)..
“Barang siapa yang berkata bahwa Allah ﷻ denga Dzatnya ada didalam setiap tempat..atau didalam tempat,maka dia kafir..karena itu melazimkan qidamnya tempat..(Nihayah Al-Mubtadi’in halaman 31)..
Ini adalah Ijma’ dari tiga Madzhab Aswaja..Asya’iroh,Maturidiyyah dan Atsaryyah..
Allahu A’lam..🙏