4 Pilar Penguat Da’wah


Pertama adalah Istiqomatul ma’nawiyah (mentalitas yang istiqomah)
Karena kita berdakwah tidak lepas dari pertolongan Allah, bahkan kekuatan pertolongan Allah Swt itulah yang jauh lebih besar untuk menentukan kemenangan yang kita harapakan, yang terkadang mengalahkan logika manusia. Aset nomor satu kekuatan kita adalah karena kedekatan kita kepada Allah Swt, sehigga kita layak mendapat pertolongan Allah.
Kedua, Nudzluujul fikrah (kematangan pemikiran)
Banyak permasalahan itu muncul karena pemikiran yang tidak matang, seringkali kita melihat permasalahan tidak secara utuh sehingga kita secara spontan menfonis sesuatu itu benar atau salah. Terkadang ada isu yang menyudutkan kita, jika kita terima begitu saja tanpa adanya klarifikasi lebih dalam sebelum mempercayai isu itu maka kita bisa jadi jika pemikiran kita tidak matang maka kita akan langsung menerima mentah-mentah. Oleh karena itu, mematangkan pemikiran dengan mengikuti program kaderisasi yang ada ini wajib diikuti oleh kader, sehingga kader itu matang pemikirannya.
Ketiga, Mataanatush shaff (soliditas kader)
Wujud kesolidan kader jika terbangun ukhuwah dengan baik, jangan sampai ada “hajat” yang kurang baik antar kader, sehingga memunculkan sifat saling mencurigai, merasa dirugikan, merasa paling benar, dll. Ini sangat kita hindari, maka ukhuwah yang terbangun dengan baik itulah kunci untuk menghindari permasalahan tersebut.
Yang keempat, Hayawiyatul Harakah (pergerakan yang dinamis)
Kader itu pergerakannya harus besar, tidak hanya saling mengandalkan kader yang lain saja untuk berkontribusi, namun sebisa mungkin selalu saling menguatkan diantara posisi dan peran yang dimiliki masing-masing kader, sehinga bisa saling mendukung untuk mencapai cita-cita yang diharapkan.
Ustadz Musyaffa Ahmad Rahim, Lc. MA. (dng sedikit perubahan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s