Tingkatkan Diri Raih Prestasi


Syawal artinya naik, bulan syawal artinya bulan naik….setelah sebulan kita dalam bulan pendidikan, sudah selayaknya ada peningkatan dalam diri kita. Peningkatan iman dan taqwa…..
.
Kita telah mendapatkan ramadhan yang pernuh berkah atau tidak sehingga menjadi manusia yang berderajat muttaqin tergantung amalan setelah Ramadhan…sholat jama’ah kita, sholat lail kita, membaca al qur’an, puasa sunah,lisan dan perilaku, infak sedekah dan amalan lainnya tetap kita jaga atau malah kembali berkubang maksiat dan dosa…..

Semoga kita bisa istiqomah dalam melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Allah.

فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ وَمَنْ تَابَ مَعَكَ وَلَا تَطْغَوْا إِنَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Maka istiqamahlah kamu, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah bertaubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (QS. Huud : 112)

إِنَّ أَحَبَّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ مَا دَامَ وَإِنْ قَلَّ

Sesungguhnya amal yang paling dicintai Allah adalah yang terus menerus (kontinyu) meskipun sedikit (HR. Bukhari dan Muslim)

Jika kita istiqamah, maka Allah SWT menjanjikan tiga keistimewaan yang akan kita dapatkan. Ketiganya difirmankan Allah dalam satu ayat yang sama, yaitu dalam firman-Nya:

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami adalah Allah” kemudian mereka istiqamah, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu”. (QS. Fushilat : 30)

Ketika menafsirkan ayat ini, ulama salaf merujuk pada hadits bahwa malaikat itu datang ketika seorang mukmin dalam kondisi sakaratul maut. Sedangkan ulama muta’akhirin mengatakan bahwa ketiganya -asy-syaja’ah (keberanian), al-ithmi’nan (ketenangan), dan at-tafa’ul (optimis)- juga bisa dirasakan mukmin dalam kehidupan ini.

Selamat menikmati buah Ramadhan…Smoga spirit Ramadhan selalu di diri kita… sehingga kita menjadi pribadi-pribadi yang bertaqwa. Amin

3 thoughts on “Tingkatkan Diri Raih Prestasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s