Haqiqat Nikmat didunia ( pembahasan Rukyatullah Episode-1)


Haqiqat Nikmat didunia ( pembahasan Rukyatullah Episode-1)

Dunia ini memang diciptakan oleh tidak sebagus Surga dalam segala aspeknya walaupun itu didalam nikmat-nikmat dunia yang mana semua nikmat dunia itu tidak ada yang murni sebuah kenikmatan akan tetapi pasti ada campuran kesusahan didalamnya contohnya seperti rasa kenyang yang mana rasa kenyang ini adalah rasa yg bagus serta dicari oleh banyak orang akan tetapi untuk mendapatkan rasa kenyang mesti didahului dengan rasa lapar agar kita boleh kenyang!!!

Maka didunia ini untuk senang saja kita mesti susah dahulu dari sinilah para ulama diantaranya al-Imam Azzarkasy dalam kitab beliau Luqothotul Ajlaan mengatakan bahwa Haqiqat nikmat didunia ini adalah Zawalul Alam ( Hilangnya rasa sakit) bukan mendapatkan sesuatu yg konkrit ( Wujudi).

Maka rasa kenyang adalah hilangnya rasa lapar, sehat adalah hilangnya rasa sakit & begitulah nikmat-nikmat dunia yang lain.ketika para ulama terutama al-Imam Fakhruddin Arrozi memahami makna ini maka beliau langsung mentafsirkan ayat dalam Surat al-Balad : لقد خلقنا الإنسان في كبد yang artinya sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam kepenatan dengan arti lain bahwa kenikmakan manusia didunia ini adalah dengan keluarnya mereka daripada rasa penat tersebut.

Akan tetapi para Ulama mengecualikan satu nikmat yang bukan dari jenis hilangnya rasa sakit yaitu nikmat “mendapatkan ilmu” yang artinya bahwa nikmat ini adalah bagaimana kita mendapatkan sesuatu yang konkrit ( Wujudi) dalam diri kita bukan hilangnya kebodohan karena kebodohan bukan sesuatu yang wujudi.

Sampai para ulama selalu mengatakan ” Jika para Raja mengetahui nikmat yang kami dapatkan dalam menuntut ilmu maka pasti kami akan diperangi karena para Raja tersebut menginginkan nikmat & kelezatan yang ada pada kami.

Para Ulama juga mengatakan bahwa Nikmat Rohani seperti mendapatkan ilmu berada dalam level yang lebih tinggi dari pada nikma Jasmani seperti makanan & Minuman maka level kenikmatan dari mendapat ilmu lebih tinggi daripada nikmat-nikmat yang lain.

Begitu pula nanti disurga pun nikmat mendapatkan ilmu ini juga akan dijadikan nikmat yang paling agung yang akan diberikan oleh Allah kepada hambanya atau yg lebih dikenal dengan nama Rukyatullah.Karena apapun yang menjadi nikmat didunia juga akan menajdi nikmat di akhirat dengan level yang lebih tinggi.

Wallahu A’lam

Leave a comment