Menangkis Tipuan Pedagang Emas


Berikut ini saya ambilkan kultwit dari @endrykurniawan tentang #goldtips. Biodatanya

Berikut ini yang sering pedagang emas lakukan untuk menipu emas yang akan mereka jual pada mereka:

1. pedagang : “ini #emas muda.warnanya redup”.Jgn percaya.tua-mudanya #emas tak ditentukan warna #goldtips

2. pedagang : “ini #emas jawa,lbh murah jatuhnya”.jgn percaya.yg tentuin harga bukan asal #emas nya #goldtips

3.pedagang : “#emas nya susut,sdh lama nih belinya”.jangan percaya, #emas adl logam yg tak susut.itu trik nurunin harga #goldtips

4. pedagang : ‘ini #emas keluaran lama,potong harga ya’.jangan mau,kecuali perhiasan yg memang ada model yg tak up to date #goldtips

5. pedagang : ‘ini sertifikatnya palsu ya’ – jgn lgsng percaya,sertifikat tak gampang dipalsukan.lihat kultwit di hastag #emasaman #goldtips

6. pedagang : "ini #emas digosok dulu ya,mau lihat asli-gaknya".jgn kasih,#emas kita jadi susut krn digosok itu #goldtips

BREAK.Twit s-6 masih Q and A nya ya.Cara nangkis spontan ucapan pedagang.Belum WHY – nya.Ini nanti saya jelaskan terpisah #goldtips

7. pedagang : “ini dinar #emas diskonnya gede,bukan produksi Antam” – jgn percaya,lihat sertifikatnya,klo Logam Mulia,ya itu Antam #goldtips
Ok mulai twit no 8 baru kita bahas dasarnya #goldtips

8. Sertifikat & kuitansi itu bukti absahnya #emas kita.Apalagi jika dibeli dan dijual di toko yg sama,tak beralasan toko #emas potong harga

9. #emas muda & #emas jawa itu istilah setempat.yg membuktikan adlh berat & karat.minta ditimbang,cek karatnya,baru fair #goldtips

10. #emas jawa biasanya sebutan #emas dibawah 21 karat (biasanya 18).klo #emas kita setelah dicek diatas itu,berarti ‘#emas tua’ #goldtips

11. Karat dibuktikan 2 hal : sertifikat dan pengecekan fisik dg alat tertentu.Toko #emas yg canggih hnya perlu alat spt avometer #goldtips

12. Atau dg paduan gelas ukur & timbangan digital sdh bisa buktikan karat.Biasanya pegadaian & toko #emas yg serius punya ini #goldtips
13. Oya, #emas jawa biasa disebut juga #emas muda.sementara #emas tua identik dg #emas palembang,makassar,lampung dan arab #goldtips

14. Sekali lagi,istilah2 tsb tak berhubungan langsung dg kualitas #emas nya. perlu dibuktikan bersama,baik sertifikat & fisiknya #goldtips

15. Klo anda berselisih dg pedagang yg ngotot soal kualitas #emas anda,ajakin ke pegadaian,bayar 25.000,mereka bersedia cek #goldtips

16. Sering saya ulang, #emas bkn hnya soal ‘murah saat beli’ tapi juga ‘mudah dan bagus harga saat jual’.slh 1 kuncinya sertifikat #goldtips

17.Toko #emas yg modern sdh meninggalkan cara ‘menggosok’ #emas krn merugikan konsumen #goldtips

18. Toko #emas khusus perhiasan yg branded,biasanya menyertakan sertifikat dari pabrik.ini juga sama berharganya #goldtips

19. #goldtips kali ini berhubungan juga dg kultwit sblmnya ttg #beliperhiasan dan #emasaman.Kalo mau lengkap skillnya,baca juga yg itu

20. Ok segitu dulu #goldtips nya ttg menanggapi trik pedagang #emas saat transaksi.Sekali lagi,yg mau compile,ada hadiah 2 buah buku

Advertisements

2 thoughts on “Menangkis Tipuan Pedagang Emas

  1. Ini ngomongin LM ya?Kalo perhiasan sama jg?pernah penjualnya blg emas perhiasan kegedean batunya jd berat emasnya dikurangi berat batunya dulu wah wkt beli ko ga gitu ya

  2. herabj79 said: Ini ngomongin LM ya?Kalo perhiasan sama jg?pernah penjualnya blg emas perhiasan kegedean batunya jd berat emasnya dikurangi berat batunya dulu wah wkt beli ko ga gitu ya

    makanya klo niat invest ya LM atau dinar aja…klo perhiasan kadang beda mode hitungannya beda, trus batu kdang nggak dihitung…bener juga sih..batu khan bukan emas hehehe..trima kasih telah mampir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s