💖💖 PENYAKIT DAN KAITANNYA DENGAN MAKANAN


💖💖 PENYAKIT DAN KAITANNYA DENGAN MAKANAN
Arie Karimah. Pharma-Excellent. Alumni ITB

Beberapa penyakit yang menjadi ciri orang “modern” terkait erat dengan pola makan yang salah selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, artinya jenis dan porsi yang dimakan. Dalam waktu bersamaan juga berkaitan dengan makin jarangnya aktivitas fisik, apalagi olah raga aerobik yang membakar kalori. Hipertensi, diabetes, hiperkolesterolemia dan hipertrigliseridemia (kadar lemak yang tinggi di dalam darah), untuk menyebut beberapa. Radang asam urat juga, namun tidak berkaitan dengan aktivitas fisik dan olah raga.

Kapan anda perlu mengurangi porsi makanan yang anda sukai? Jawabannya ada di serangkaian tabel di bawah ⬇️. Kalau anda tanya ke saya: makanan apa yang perlu saya kurangi? Jawabannya sederhana: hipertensi, diabetes, hiperkolesterolemia, hipertrigliseridemia (dan radang asam urat) itu muncul karena anda makan secara BERLEBIHAN makanan tertentu yang anda sukai selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Jadi itulah yang harus dikurangi.
Tahap berikutnya: jika angkanya sudah mencapai kebutuhan untuk minum obat, maka makanan tersebut mungkin perlu dihindari. Jadi batasannya adalah di ANGKA. Bukan perasaan.

Radang asam urat: pada mereka yang angkanya sudah mendekati 6, maka hanya dengan sedikit memakan makanan yang ada di table di bawah, apalagi di daftar paling awal, maka akan langsung muncul nyeri di persendian jari kaki. Jadi apakah makanan itu perlu dihindari atau tidak jawabannya ya: berapa angka kadar asam uratnya?

🫑 HIPERTENSI: mengurangi makanan yang asin dan kopi sudah harus dimulai ketika berada di fase pre-hipertensi ⬇️. Kalau tidak ingin kondisinya berlanjut ke hipertensi.
🫑 DIABETES: mengurangi minuman dan makanan yang manis dan kaya karbohidrat kompleks sudah harus dimulai ketika berada di fase pre-diabetes ⬇️. Kalau tidak ingin kondisinya berlanjut ke diabetes.

🫑 HIPERKOLESTEROLEMIA: mengurangi makanan yang enak dan gurih (kaya lemak dan kolesterol) harus dimulai ketika berada di fase pre-hiperkolesterolemia ⬇️. Khusus penyakit ini agak rumit membaca tablenya karena anda perlu mengetahui berapa faktor risiko PJK (Penyakit Jantung Koroner) yang anda miliki ⬇️. Makin banyak faktornya makin rendah ambang batas yang anda miliki. Apalagi jika anda juga sudah menderita hipertensi atau diabetes. Contoh makanan: yang digoreng, daging berlemak, masakan bersantan, kue-kue yang banyak mengandung mentega, kuning telur, jerohan.

🫑 HIPERTRIGLISERIDEMIA: hanya ada satu angka yaitu > 150mg/dL. Jika angka ini sudah terlewati maka kurangi makanan seperti yang disebutkan di atas. Lemak ada di sumber makanan hewani maupun nabati, sedangkan kolesterol hanya ada pada makanan hewani.

KM. 3 April 2023

Leave a comment