MENJADI ROLE MODEL (TELADAN) UNTUK ANAK KITA


✨ MENJADI ROLE MODEL (TELADAN) UNTUK ANAK KITA ✨

Ayah Bunda, memiliki seorang anak bagi para orang tua adalah sebuah Anugerah dan Amanah dari Allah yang harus kita jaga, kita rawat, dan tentunya memberikan segala kebutuhan yang diperlukannya. Baik kebutuhan sandang, pangan, pendidikan, dan finansial.

Salah satu kebutuhan anak dalam melewati fase tumbuh kembangnya adalah kebutuhan terhadap Role Model yang dia miliki. Role model atau Teladan hidup yang akan dijadikan panutan bagi seorang anak. Setiap anak sangat membutuhkan seseorang sebagai teladan, panutan, dan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Kebutuhan seseorang terhadap Role Model sangat berpengaruh terhadap sikap, karakter, dan kebiasaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pada masalah ini orang tua memiliki peran penting sebagai seorang teladan bagi sang anak. Tentunya teladan yang ingin kita berikan merupakan contoh dalam hal positif. Karena orang tua ingin agar anaknya tumbuh hebat dan bermanfaat bagi keluarga, agama, dan bangsa.

⭐ Ada 3 tips sederhana yang dapat kita lakukan untuk dapat menjadi teladan bagi putra putri kita :

✅Be open minded. Berpikiran terbuka saat menghadapi sang anak dan menanggapi berbagai sikap dalam tumbuh kembangnya sehari-hari. Memarahi anak atas kesalahan yang dia lakukan bukanlah hal yang tepat. Bisa saja sang anak melakukan kesalahan tersebut karena tidak sengaja atau dia belum tau mana yang benar.

✅Berikan contoh yang baik. Sebagaimana pepatah mengatakan “Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”. Begitu juga dengan anak dan orang tua. Anak akan meniru berbagai sikap, karakter dan perilaku orang tua dalam kehidupan sehari-hari. Cara orang tua makan. Cara orang tua bersikap saat ada temannya. Sikap orang tua saat anaknya melakukan kesalahan. Semua itu akan dicontoh oleh sang anak dan dia akan kembali menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Mengajak sholat, ngaji dan berbuat baik bersama-sama itu lebih baik daripada hanya sekedar memerintahkan anak.

✅Peduli dengan keadaan anak. Fahami keadaan anak. Jadilah pendengar yang baik untuk anak. Seringkali kita orang tua sangat egois hanya karena kita ingin anak kita sesuai dengan apa yang kita harapkan. Ingin anak bisa juara olimpiade. Ingin anak juara kelas. Menuntut anak untuk bisa ini itu. Tanpa kita mau tahu apa yang sebenarnya diinginkan oleh anak. Mari kita semua peduli, memahami, dan mau mendengarkan anak adalah salah satu hal baik yang kita lakukan untuk kebaikan anak-anak kedepannya.

Nah. Sekarang yuk kita praktikan. Satu hal yang perlu kita ingat bahwa anak kita hari ini adalah cerminan dari diri kita sendiri. Mereka adalah generasi penerus saat kita sudah tiada nanti. Sebagai salah seorang teladan bagi anak dan memberikan bekal kehidupan adalah hal pertama yang merupakan tugas dan tanggung jawab kita para orang tua. Dan jangan lupa selalu berdoa dan meminta pertolongan kepada Allah agar anak kita menjadi Anak yang Shalih Shalihah🥰✨

Allahumma Aamiin💐

Leave a comment