CATATAN UNTUK BUNDA .


CATATAN UNTUK BUNDA
.
Berhentilah marah-marah soal keberantakan di rumah kita.
Selalu ada waktu untuk membersihkan rumah. Tetapi berapa sering sih dan berapa lama sih, aku bisa membuat kue dari lumpur atau membuat istana dengan membongkar kamar tidur?
.
Cintai dan kasihi aku, bahkan ketika aku berbuat kesalahan.
Aku berbuat seperti itu hanya pada umur ini. Ketahuilah apa kebutuhan dasarku di balik tiap perbuatanku. Mungkin kau melihat anak yang tidak mau memakai baju, padahal saat itu aku ingin menunjukkan bahwa aku sudah bisa sendiri. Kalau Bunda tahu apa kebutuhan dasarku, Bunda tidak akan memarahiku, tetapi Bunda malah bisa mengubah cara menghadapiku agar akhirnya aku bersedia memakai baju. Dan banyak hal lainnya. Jangan-jangan, saat Bunda marah kepadaku itu, sebenarnya Bunda frustrasi karena tidak memahami apa yang sebenarnya kubutuhkan.

Busana Muslim Branded Berkualitas
Busana Muslim Branded Berkualitas

Jangan menasehatiku ketika aku tantrum.
.
Percayalah kepadaku, aku tiak dapat mendengar, apalagi memahami apa yang kau katakan pada saat aku masih menjerit-jerit atau berteriak sambil menangis itu. Biarkan aku tenang terlebih dahulu.
.
Biarkan aku mengerjakannya sendiri.
Aku tahu, engkau dapat mengerjakannya dengan jauh lebih cepat dan lebih baik, tetapi kadang-kadang pengalaman adalah guru terbaik. Biarlah aku mengelaminya sendiri.
.
Bersabarlah.
Aku melakukan segala sesuatu dengan alasan tertentu, tetapi aku belum banyak mengetahui kata-kata untuk memberikan penjelasannya kepadamu.
.
Jangan berharap terlalu banyak dariku.
Aku ingin melakukan apa yang kau pinta, apa yang kau perintahkan dan membuatmu bahagia. Tetapi, aku masih kecil.
.
Penuhi janjimu.
Apa pun janji Bunda, walau sangat sepele kelihatannya, seperti membikinkan kue atau berjanji mendongeng seusai memasak, penuhilah. Ini semua tentang kepercayaan. Segala jenis hubungan, seperti hubungan Bunda dengan Ayah, juga berdasar kepercayaan, ya kan? Maka, hubungan Bunda denganku pun mestilah berpondasikan kepercayaan. Nanti, ketika aku sudah remaja, Bunda akan mengerti mengapa kepercayaan ini menjadi sangat penting.
.
Jangan terus-terusan bertanya apakah hari ini aku sudah jadi anak baik.
(Malah kadang-kadang Bunda bertanya “Hari ini kamu nggak nakal kan?”). Aku tidak tahu pasti apa maksud Bunda berkata seperti itu. Tetapi aku merasa tidak enak, bahkan aku merasa buruk sekali kalau aku tidak pernah menjawab pertanyaan Bunda itu.
Jangan biarkan aku beranggapan dirimu sempurna.
Aku akan menjadi pribadi yang lebih baik jika aku mengetahui bahwa aku bukanlah satu-satunya orang di dunia yang kadang-kadang berbuat kesalahan.
.
Tetapkan batasan yang jelas.
Aku jelas tidak bisa memakan sekotak penuh kue. Aku hanya ingin melihat dan mencoba apakah aku sanggup melakukannya. Ya, anak kecil seperti diriku ini suka sekali bereksperimen mencoba-coba segala sesuatu. Tunjukkan batasannya kepadaku dengan teguh, secara konsisten, agar aku merasa aman ada di dalam pagar yang jelas batasnya.
.
– Dono Baswardono –

Semoga bermanfaat buat bapak ibu semua

Share kepada yang lain agar lebih bermanfaat

=============================

GRIYA HILFAAZ
Pusat Busana Muslim Berkualitas
https://tokopedia.com/griyahilfaaz

==============================

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s