Kisah Ahli Kubur Mendapat Kiriman Doa.


Kisah Ahli Kubur Mendapat Kiriman Doa.

Kitab: I’anah At-tholibin.

(وحكى) بعض أهل العلم أن رجلا رأى في المنام أهل القبور في بعض المقابر قد خرجوا من قبورهم إلى ظاهر المقبرة، وإذا بهم يلتقطون شيئا ما يدري ما هو.

Sebagian ahli ilmu menceritakan bahwa ada seorang laki-laki bermimpi dalam tidurnya, dia melihat ahli kubur di salah satu tempat pemakaman keluar dari kuburannya ke atas maqbaroh, dan tiba-tiba mereka memungut sesuatu yang tidak diketahui apa itu.

قال: فتعجبت من ذلك، ورأيت رجلا منهم جالسا لا يلتقط معهم شيئا، فدنوت منه وسألته: ما الذي يلتقط هؤلاء؟ فقال يلتقطون ما يهدي إليهم المسلمون من قراءة القرآن والصدقة والدعاء.

Lalu dia berkata, “aku kagum dengan hal itu. Lalu aku melihat seorang laki-laki dari golongan ahli kubur tadi, duduk dan tidak ikut memungut sesuatu tadi bersama orang-orang. Lalu aku memanggilnya dan menanyainya, ‘apa itu yang mereka pungut?’ dia menjawab, ‘mereka memungut hadiah dari orang-orang muslim yang diberikan pada mereka, berupa bacaan alquran, sedekah dan doa.’.

فقال: فقلت له: فلم لا تلتقط أنت معهم؟ قال أنا غني عن ذلك.

“lalu aku bertanya, ‘kenapa kamu tidak ikut memungut itu bersama mereka?’ dia menjawab, ‘aku tidak memerlukan semua itu.’.”

فقلت: بأي شئ أنت غني؟ قال بختمة يقرؤها ويهديها إلى كل يوم ولدي يبيع الزلابية في السوق الفلاني.

“Lalu aku lanjut bertanya, ‘apa yang membuatmu tidak memerlukan itu?’ dia menjawab, ‘khataman alquran yang dibaca dan dihadiahkan untukku setiap hari oleh anakku yang berjualan jalabiyah di pasar fulan.’.”

فلما استيقظت ذهبت إلى السوق حيث ذكر، فإذا شاب يبيع الزلابية، ويحرك شفتيه.

“Setelah aku terjaga, aku pergi ke pasar yang disebutkan, dan kutemui seorang pemuda yang berjualan jalabiyah seraya menggerak-gerakan kedua bibirnya.”

فقلت: بأي شئ تحرك شفتيك؟ قال أقرأ القرآن وأهديه إلى والدي في قبره.

“Lalu aku bertanya, ‘kenapa kamu menggerak-gerakkan kedua bibirmu?’ dia menjawab, ‘aku membaca alquran untuk ayahku di alam kubur.’.”

قال: فلبثت مدة من الزمان، ثم رأيت الموتى قد خرجوا من القبور، وإذا بالرجل الذي كان لا يلتقط صار يلتقط، فاستيقظت وتعجبت من ذلك، ثم ذهبت إلى السوق لا تعرف خبر ولده فوجدته قد مات.

“Kemudian aku diam selama satu waktu, lalu melihat dalam mimpi, orang-orang mati pada keluar dari kuburannya, dan tiba-tiba kulihat laki-laki yang waktu itu tidak ikut memungut, sekarang dia ikut memungut. Lalu aku terbangun dan heran dengan hal itu, setelah itu aku pergi ke pasar guna mencari tahu kabar anaknya tadi, dan tenyata dia sudah meninggal.”

[إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين، ١٦٢/٢]

Wallahu A’lamu bisshowab.

Leave a comment