KHUTBAH JUMAT KEUTAMAAN MAJLIS KHOTMIL AL-QURAN


KEUTAMAAN MAJLIS KHOTMIL AL-QURAN

[Bhs Indo]

Oleh :Taem al-‘Imaroh

الخطبة الأولى

الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ جَعَلَ الْقُرْآنَ شِفَاءً لِمَا فِيْ الصُّدُوْرِ، وَالَّذِيْ وَفَّقَ مَنْ شَاءَ مِنْ عِبَادِهِ لِتَحْصِيْلِ الْمَكَاسِبِ وَالْأُجُوْرِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إله إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ الَّذِيْ بِيَدِهِ تَصَارِيْفُ الْأُمُوْرِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ أَفْضَلُ آمِرٍ وَأَجَلُّ مَأْمُوْرٍ، اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الدَّاعِيْ إِلَى خَيْرِ الْأُمُوْرِ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِيْهِمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْبَعْثِ وَالنُّشُوْرِ.

أَمَّا بَعْدُ : فَيا أيُّها الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ ، اِتَّقُوا اللهَ تَعالى حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Hadirin jama’ah Jumat rahimakumullah.

Marilah Kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, dengan melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya, baik dalam perkataan, perbuatan, dan dalam semua aktifitas keseharian kita. Dan mudah-mudahan dengan modal takwa itu kita mendapatkan apa yang dijanjikan Allah Subhanahu Wata’ala dalam firman-Nya :

أعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجِيمْ ، «تِلْكَ الْجَنَّةُ الَّتِي نُورِثُ مِنْ عِبَادِنَا مَنْ كَانَ تَقِيًّا» [مريم/63]

Itulah surga yang akan kami wariskan kepada hamba-hamba kami yang bertakwa.

Hadirin rahimakumullah.

Bagi kita umat Islam khusunya yang menganut ajaran Ahlus Sunnah Wal Jama’ah melaksanakan rutinan Khotmil Qur’an adalah sesuatu sudah tidak asing lagi, hampir di seluruh penjuru daerah tradisi ini dapat temui dengan semua vareasi dalam pelaksanaannya baik dalam waktu, hari dan tatacaranya.

Pelaksanaan Khataman Al-Quran dengan bersama-sama bukanlah sesuatu yang bid’ah, bahkan sebaliknya justru merupakan hal yang sunnah sebagaimana dalam salah satu Hadits Shahih junjungan kita Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallama bersabda :

«وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ، إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ، وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ، وَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ» رواه مسلم [صحيح مسلم 4/242]

Tidaklah sekelompok orang yang berkumpul di rumah Allah di mana mereka membaca dan bertadarus Al-Quran kecuali akan dilimpahkan kepada ketentrama, diselimuti rahmat Allah, dikelilingi para Malaikat dan Allah menyebut mereka kepada makhluk yang berada di sisinya.

Tegas sekali Junjungan kita Nabi Muhammad SAW. menganjurkan adanya kegiatan Khotaman Al-Quran dengan bersama-sama, artinya jika masih ada saja yang menganggap atau mempublikasikan bahwa kegiatan tersebut adalah baid’ah maka ketahuilah itu semua akibat dari kebodohannya saja. Dan janganlah kita memperdulikan omongan orang-orang bodoh.

Hadirin rahimakumullah.

Mengumpulkan banyak orang untuk bersama mengadakan Khotaman Al-Quran bukanlah hal yang baru sekarang ini saja, bahkan sejak zaman para Shahabat Rasul sudah ditradisikan, diantara seperti yang dilakukan oleh salah seorang Shahabat Nabi yaitu Anas bin Malik, dalam salah satu riwayat disebutkan :

وَعَنْ ثَابِتٍ «أَنَّ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ كَانَ إِذَا خَتَمَ الْقُرْآنَ جَمَعَ أَهْلَهُ وَوَلَدَهُ فَدَعَا لَهُمْ» . رواه الطبراني ورجاله ثقات [مجمع الزوائد 7/357]

Dari Tsabit bahwa : Shahabat Anas bin Malik ketika menghatamkan Al-Quran maka ia mengumpulkan keluarga putera beliau lalu beliau mendoakan mereka.

Bahkan seorang Shahabat Ibnu Abbas melakukan sesuatu yang mungkin menurut kita cukup aneh, sebagai mana Imam Nawawi dalam kitabnya Al-Adzkar beliau menyebutkan :

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ  «أَنَّهُ كَانَ يَجْعَلُ رَجُلاً يُرَاقِبُ رَجُلاً يَقْرَأُ الْقُرْآنَ ، فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَخْتِمَ أَعْلَمَ اِبْنَ عَبَّاسٍ  فَيَشْهَدُ ذٰلِكَ».

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa ketika ada seseorang yang sedang mengkhatamkan Al-Quran, maka beliau menugaskan seseorang untuk memperhatikannya, lalu ketika Al-Quran hendak dikhatamkan maka ia memberi tahu Ibnu Abbas dan Beliau menghadiri khataman tersebut.

Hadirin rahimakumullah.

Seperti itulah tindakan dan perhatian Shahabat Nabi terhadap kegiatan Khataman Al-Quran, kita perlu bertanya-tanya sebegitu pentingkah menghadiri Majlis Khataman Al-Quran itu ?, ada apakah gerangan di dalam Majlis tersebut ?.

Dan ternyata jika kita telusuri secara ilmiah dari riwayat-riwayat yang Shahih di dalam Majlis Khotmil Quran terdapat hal-hal yang sangat menakjubkan dan sangat luarbiasa, sudah selayaknya kita mencontoh apa yang dilakukan oleh dua orang Shahabat Nabi tersebut.

Imam Nawawi dalam kitab Al-Adzkar menyebut :

وَرُوِيَ بِإِسْنَادٍ صَحِيْحٍ عَنْ مُجَاهِدٍ قَالَ «كَانُوا يَجْتَمِعُونَ عِنْدَ خَتْمِ القُرْآنِ يَقُولُونَ تَنْزِلُ الرَّحْمَةُ»

Diriwayatkan dengan sanad yang Shahih dari Mujahid berkata : “para Shahabat sama-sama berkumpul ketika hendak mengkhatamkan Al-Quran dan mereka berkata : Rahmat Allah akan turun”.

Dalam riwayat lain juga disebutkan :

«عِنْدَ خَتْمِ الْقُرْآنِ دَعْوَةٌ مُسْتَجَابَةٌ»

Di saat Al-Quran dikhatamkan terdapat doa mustajab

Masih dalam kitab yang sama Imam Nawawi juga menyebut :

وَرُوِيْنَا فِيْ مُسْنَدِ الدَّارِمِيِّ عَنْ حُمَيْدٍ الْأَعْرَجِ  قالَ «مَنْ قَرَأَ القُرآنَ ثُمّ دَعَا أَمَّنَ عَلَى دُعائِهِ أَرْبَعَةُ آلَافِ مَلَكٍ»

Diriwayatkan kepada kami dalam kitab Musnad Ad-Darimi dari Humaid Al-A’raji berkata : barang siapa membaca Al-Quran kemudian berdoa maka ada empat ribu Malaikat datang mengamini doa tersebut.

Hadirin rahimakumullah.

Terkait tatacara dalam mengkhatamkan Al-Quran terdapat cara yang paling utama karena cara ini sesuai dengan apa yang diajarkan Nabi Muhammad, sebagaimana dalam salah satu Hadits riwayat dari Ibnu Abbas disebutkan :

«خَيْرُ الْأَعْمَالِ الْحَالُّ وَالْمُرتَحِلُ، قِيْلَ وَمَا هُمَا ؟، قَالَ : افْتِتَاحُ الْقُرآنِ وَخَتْمُهُ»

“Sabaik-baik amal adalah sebagaimana orang yang masuk rumah kemudian langsung berangkat keluar rumah lagi”, lalu ditanyakan : “apakah maksud kedua hal tersebut ?”, Nabi bersabda : “maksudnya adalah memulai Al-quran kembali setelah mengkhatamkannya”.

Adapun praktek pengamalan tatacara mengkhatamkan Al-Quran sebagaimana sabda Nabi di atas adalah seperti yang dilakukan oleh Imam Ibnu Katsir, dalam kitab kitab At-Tibyan disebutkan :

وَعِنْ اِبْنِ كَثِيْرٍ أَنَّهُ كَانَ إِذَا اِنْتَهَى فِيْ آخِرِ الْخَتْمَةِ إِلَى سُوْرَةِ النَّاسِ قَرَأَ بِالْفَاتِحَةِ وَإِلَى «الْمُفْلِحُوْنَ» مِنْ أَوَّلِ الْبَقَرَةِ.

Bahwa Imam Ibnu Katsir dalam mengkhatamkan Al-Quran ketika beliau sampai pada bacaan Surat Annas, lalu Beliau langsung membaca Surat Al-Fatihah hingga ayat ke lima dari Surat Al-Baqarah yaitu pada lafadz “وأولئك هم المفلحون”.

Artinya doa Khotmil Quran tidak dilakukan setelah pembacaan Surat Annas akan tetapi setelah ayat ke lima dari Surat Al-Baqarah.

Hadirin jamaah Jumah rahimakumullah.

Semoga kita semua senantiasa mendapatkan hidayah dan pertolongan dari Allah sehingga kita semua, keluarga kita dan masyarakat kita senantiasa berada di jalan yang benar. Amin amin ya rabbal alamin

أعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجِيمْ ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمْ :

الَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَتْلُونَهُ حَقَّ تِلَاوَتِهِ، أُولَئِكَ يُؤْمِنُونَ بِهِ، وَمَنْ يَكْفُرْ بِهِ فَأُولٓئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ [البقرة/121]

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الذِّكْرِ وَالْآيَاتِ الْحَكِيْمِ ، إِنَّهُ

هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

الخُطْبَةُ الثَّانِيَةُ

الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أتَمَّ عَلَيْنَا نِعْمَتَهُ، وَأَكْمَلَ لَنَا الدِّيْنَ، وَشَرَّعَ لَنَا مِنَ الْأَعْمَالِ الصَّالِحَاتِ أَنْوَاعًا وَأَصْنَافًا لِنَتَقَرَّبَ بِهَا إِلَى رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ أَكْرَمُ الْأَكْرَمِيْنَ .وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُصْطَفَى عَلَى جَمِيْعِ الْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، اللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِيْهِمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ .أَمَّا بَعْدُ :

فَيآأيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اتَّقُوا اللهَ، اتَّقُوااللهَ تَعَالَى وَأَطِيْعُوْهُ، فَإِنَّ طَاعَتَهُ أَقْوَمُ وَأَقْوَى، وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى، وَاحْذَرُوا أَسْبَابَ سَخَطِ الْجَبَّارِ، فَإِنَّ أَجْسَامَكُمْ عَلَى النَّارِ لَا تَقْوَى.

وَاعْلَمُوا أَنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَشَرَّ الْأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ.

وَعَلَيْكُمْ بِالْجَمَاعَةِ ، فَإِنَّ يَدَ اللهِ مَعَ الْجَمَاعَةِ ، وَمَنْ شَذَّ شَذَّ فِيْ النَّارِ .

اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا وَحَبِيْبِنَا وَشَفِيْعِنَا وَقُرَّةِ أَعْيُنِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّاتِهِ أَجْمَعِيْنَ ، وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِيْهِمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ بِرَحْمَتِكَ يَآأرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ .

اللهم اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ ؛ اللهم أَعِزَّ الْإِسْلَامَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَالْمُشْرِكِيْنَ , وَدَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ , وَاجْعَلْ هٰذَا الْبَلَدَ آمِنًا , رَخَاءً , سَخَاءً , وَسَائِرَ بِلَادِ الْمُسْلِمِيْنَ؛ اللهم نَوِّرْ عَلَى أَهْلِ الْقُبُوْرِ قُبُوْرَهُمْ , اللهم اغْفِرْ لِلْأَحْيَاءِ وَيَسِّرْ لَهُمْ أُمُوْرَهُمْ .

اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالرِّبَا وَالزَّلَازِلَ وَالْمِحَنَ ، وَسُوْءَ الْفِتَنِ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ ، عَنْ بَلَدِنَا هٰذَا خَاصَّةً ، وَعَنْ سَائِرِ بِلَادِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً ، بِرَحْمَتِكَ يَآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ .

عِبَادَ اللهِ … إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ، وَإِيْتَاءِ ذِيْ الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَاْلبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ، وَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ، وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ، وَاللهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ .

Leave a comment