𝗕𝗲𝗿𝗽𝗮𝗴𝗶 𝗠𝗲𝗻𝘂𝗷𝘂 𝗧𝗲𝗺𝗽𝗮𝘁 𝗝𝘂𝗺’𝗮𝘁𝗮𝗻


𝗕𝗲𝗿𝗽𝗮𝗴𝗶 𝗠𝗲𝗻𝘂𝗷𝘂 𝗧𝗲𝗺𝗽𝗮𝘁 𝗝𝘂𝗺’𝗮𝘁𝗮𝗻

Termasuk diantara kesunnahan yang seyogyanya dilakukan oleh orang yang hendak melakukan shalat jum’at, adalah datang lebih awal ke tempat jum’atan tersebut.

Siapa saja yang mandi sunnah jum’at seperti halnya mandi wajib, lalu berangkat ke tempat jum’atan pada waktu yang pertama, maka baginya pahala unta yang dengannya ia gunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wata’ala.

Untuk yang berangkat pada waktu yang kedua, maka baginya pahala sapi. Untuk yang berangkat pada waktu yang ketiga, maka baginya pahala kambing. Untuk yang berangkat pada waktu yang keempat, maka baginya pahala ayam.

Untuk yang berangkat pada waktu yang kelima, maka baginya pahala burung. Dan untuk yang berangkat pada waktu yang keenam, maka baginya pahala telur yang dengannya ia gunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wata’ala.
.

Pembagian masalah waktunya yaitu dimulai dari fajar sampai keluarnya khatib dibagi menjadi enam bagian waktu.

Umpamanya waktu masuknya fajar jam 05.00 dan waktu keluarnya khatib jam 12.00. Maka untuk waktu yang pertama adalah dimulai dari jam 05.00 sampai jam 06.10.

Kesunnahan berpagi-pagi disini diperuntukkan bagi selain khatib (petugas khutbah). Untuk khatib, ia disunnahkan mengakhirkan kedatangannya menjelang masuknya waktu khutbah.

📚 𝘍𝘢𝘵𝘩 𝘢𝘭-𝘔𝘶𝘪𝘯 𝘩𝘭𝘮 204

وبكور لغير خطيب إلى المصلى من طلوع الفجر لما في الخبر الصحيح [البخاري رقم: ٨٨١, مسلم رقم: ٨٥٠] أن للجائي بعد اغتساله غسل الجنابة أي كغسلها وقيل حقيقة بأن يكون جامع لأنه يسن ليلة الجمعة أو يومها في الساعة الأولى بدنة وفي الثانية: بقرة وفي الثالثة: كبشا أقرن والرابعة: دجاجة والخامسة: عصفورا والسادسة: بيضة. والمراد أن ما بين الفجر وخروج الخطيب ينقسم ستة أجزاء متساوية سواء أطال اليوم أم قصر. أما الإمام فيسن له التأخير إلى وقت الخطبة للاتباع. [زين الدين المعبري، فتح المعين بشرح قرة العين بمهمات الدين، صفحة ٢٠٤]

📚 𝘐’𝘢𝘯𝘢𝘩 𝘢𝘵-𝘛𝘩𝘢𝘭𝘪𝘣𝘪𝘯 2/87

والمراد من ذلك: أن له ثواب بدنة يتقرب بها إلى الله تعالى، وهكذا يقال فيما بعده. [البكري الدمياطي ,إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ,٢/٨٧]

𝘚𝘦𝘬𝘪𝘢𝘯, 𝘴𝘦𝘮𝘰𝘨𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘮𝘢𝘯𝘧𝘢𝘢𝘵.

Leave a comment