Dzikir lebih 100 bidah


Firman Allah Ta’ala :

:ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﺍﺫْﻛُﺮُﻭﺍ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺫِﻛْﺮﺍًﻛَﺜِﻴﺮﺍً ﴿٤١

”Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, Dzikir yang sebanyak-banyaknya”
QS. Al-Ahzab 41

Diriwayatkan dari Abdullah bin Busr bahwa ada seorang dari pedalaman bertanya kepada Rasulullah ﷺ “Sesungguhnya syariat Islam telah banyak bagi saya, sampaikanlah pada saya sebagiannya yang bisa saya jadikan sebagai pegangan ?”
Rasulullah ﷺ Bersabda :
“Jangan hentikan mulutmu basah karena berdzikir kepada Allah Azza wa Jalla”
HR Turmudzi 3375, Ahmad 17716, Ibnu Majah 3793, Ibnu Hibban 814, al-Hakim 1822, al-Baihaqi Kitab Syu’ab al-Iman 512 , al-Thabrani Kitab al-Ausath 1441 al-Hafidz Ibnu Hajar berkata:Hadis ini disahihkan oleh Ibnu Hibban dan al-Hakim

  • Abu Hurairah Istighfar 12.000 kali
    Ahmad meriwayatkan dari Ikrimah, bahwa Abu Hurairah Ra berkata: “Sungguh saya meminta ampunan kepada Allah (istighfar) dan bertaubat setiap hari sebanyak 12.000 kali, hal ini sesuai dengan tebusan dosa saya. Abdullah bin Ahmad meriwayatkan bahwa Abu Hurairah memiliki benang yang terdiri dari 12.000 ikatan yang ia gunakan sebelum tidur. Dalamriwayat lain sebanyak 2000 ikatan, Abu Hurairah tidak tidur hingga bertasbih dengannya.
    Kitab al-Bidayah wa an-Nihayah 8/120 , Ibnu Katsir
  • Sahabat Ibnu Abbas Sholawat 1000 x
    Dari Qatadah, dari Sahabat Anas bahwa Rasulullah ﷺ Bersabda :
    “Perbanyaklah shalawat kepadaku di hari Jumat”
    Dan para Sahabat menganjurkan memperbanyak Shalawat kepada Nabi ﷺ di hari Jumat .
    Dari A’masy, dari Zaid ibnu Wahb,telah berkata Ibnu Mas’ud kepada saya : Wahai Zaid, jangan kau tinggalkan di hari Jumat untuk bersalawat kepada Nabi 1000 kali”
    Kitab Jala’ al-Afham 1/87, Ibnu Qoyyim
  • Sahabat Tabi’in Khalid bin Ma’dan Ra

ﻭﻛﺎﻥ ﺧﺎﻟﺪ ﺑﻦُ ﻣﻌﺪﺍﻥ ﻳُﺴﺒِّﺢُ ﻛﻞَّ ﻳﻮﻡﺃﺭﺑﻌﻴﻦ ﺃﻟﻒ ﺗﺴﺒﻴﺤﺔ ﺳﻮﻯ ﻣﺎ ﻳﻘﺮﺃ ﻣﻦﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ، ﻓﻠﻤﺎ ﻣﺎﺕ ﻭﺿﻊ ﻋﻠﻰ ﺳﺮﻳﺮﻩﻟﻴﻐﺴﻞ ، ﻓﺠﻌﻞ ﻳُﺸﻴﺮ ﺑﺄﺻﺒﻌﻪ ﻳُﺤﺮﻛﻬﺎﺑﺎﻟﺘﺴﺒﻴﺢ )ﺃﺧﺮﺟﻪ : ﺃﺑﻮ ﻧﻌﻴﻢ ﻓﻲ “ﺍﻟﺤﻠﻴﺔ ” 5/210ﻭﺗﺬﻛﺮﺓ ﺍﻟﺤﻔﺎﻅ – ﺝ/ 1 ﺹ 93

Bertasbih setiap hari sebanyak 40.000 Tasbih selain al-Quran. Ketika meninggal ia diletakkan di atas meja untuk dimandikan, ternyata jarinya bergerak bertasbih”
Kitab al-Hilyah 5/210 , Abu Nuaim dan
Kitab Tadzkirah al-Huffadz 1/93 , adz-Dzahabi

Dan masih Banyak lagi …

Leave a comment