Hadis Yang Sulit Anda Dengar Di Majelis Taymiyun (Bagian 2)


Hadis Yang Sulit Anda Dengar Di Majelis Taymiyun/Wahabi (Bagian 2)

Ust Abdul Wahab Ahmad

Melanjutkan tulisan sebelumnya, berikut ini hadis yang juga kemungkinan besar sulit anda dengar dari majelis orang-orang yang mengaku salaf tapi sejatinya menyimpang dari jalan salaf.

  1. Allah Wujud Tanpa Tempat

قَالُوا: جِئْنَاكَ نَسْأَلُكَ عَنْ هَذَا الأَمْرِ؟ قَالَ: كَانَ اللَّهُ وَلَمْ يَكُنْ شَيْءٌ غَيْرُهُ

“Bani Tamim berkata: Kami datang kepadamu untuk bertanya tentang urusan ini. Rasulullah bersabda: “Allah sudah ada saat tiada apa pun selainnya”.

Hadis tersebut kesahihannya sejelas matahari di siang bolong. Imam Bukhari dan para imam lain meriwayatkannya dari jalur yang tidak perlu dibahas lagi.

Para ulama dari kalangan ahli hadis dan ahli kalam semua kompak memahami hadis itu sebagai pernyataan jelas dari Rasulullah bahwa wujud Allah tidak tergantung pada wujud sesuatu apa pun selainnya. Allah sudah ada saat apa yang kita sebut sebagai ruang atau tempat tidak ada. Saat itu, tiada atas, bawah, kanan, kiri, depan belakang, luar atau dalam, tapi Allah jelas wujud. Mau bilang di atas Arasy? Saat itu Arasynya sendiri belum ada.

Di dunia ini, hanya Syaikh Ibnu Taymiyah seorang diri yang keberatan atas redaksi hadis di atas dan mempermasalahkan kesahihannya. Baginya, yang tepat adalah Allah wujud dan tak ada yang wujud sebelumnya, bukan tak ada wujud lain selain Allah. Kritiknya ini termasuk kritik paling aneh dalam bab ini yang didugat serta dijawab oleh Imam Ibnu Hajar al-Asqalani dan para ahli lainnya. Hanya ahli bid’ah yang keberatan ketika disebut Allah wujud tanpa apa pun selain dirinya sendiri yang dengan kata lain wujud tanpa tempat, tanpa ruang dan tanpa waktu sekali pun. Bisa dimaklumi kenapa Ibnu Taymiyah keberatan sebab beliau adalah ahli kalam pencetus teori bid’ah yang disebut hawadits la awwala laha.

Kecil sekali kemungkinan anda akan mendengar penjelasan utuh atas hadis di atas dari majelis Wahabi sebab ini meruntuhkan salah satu ajaran bid’ah mereka. Sudah maklum bahwa mereka semua, dari ulamanya sampai awamnya, sering berkata bahwa kalau Allah tidak di atas, tidak di bawah, tidak di samping, tidak di depan dan tidak di belakang artinya Allah tidak ada. Sebagian lagi mengatakan kalau bilang Allah tak bertempat maka sama dengan bilang Allah tidak ada. Ucapan bid’ah ini pula yang membuat Wahabi kepanasan pada pernyataan Imam Salaf ath-Thahawi yang menafikan enam penjuru arah dari Allah. Hadis ini mematahkan asumsi bodoh tersebut sebab saat tak ada semua arah, Allah memang sudah ada.

Bersambung…

Leave a comment