Sholat Al-Awwabin / Al-Ghaflah


Sholat Al-Awwabin / Al-Ghaflah

Diantara amalan sunnah yang sudah langka dikerjakan kaum muslimin (termasuk saya) saat ini adalah sholat Al-Awwabin. Sholat Al-Awwabin merupakan sholat sunnah antara maghrib – isya’, bukan sholat rawatib ba’diyah maghrib.

Sholat al-Awwabin disebut juga sholat Al-Ghaflah (lalai), karena diwaktu ini banyak manusia lalai lebih sibuh dengan urusan kelurga, kerja, makan, jalan, ataupun tidur.. dll.

صلاة الأوابين وتسمى صلاة الغفلة لغفلة الناس عنها بسبب عشاء أو نوم أو نحو ذلك، وهي عشرون ركعة بين المغرب والعشاء، وأقلها ركعتان

Sholat Al-Awwabin dinamakan juga sholat Al-Ghaflah karena banyaknya manusia lalai pada waktu ini dengan makan, tidur atau semisalnya. Dikerjakan 20 rokaat antara maghrib dan isya’, dan paling sedikit 2 rokaat. (Al-Fiqhul Islami Wa Adillatuhu, Syaikh Wahbah Zuhaili, 2/1080)

Amalan ini merujuk pada hadis Hudaifah bin Yaman Radhiallahu ‘anhu,

صليتُ مع النبيِّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم المغربَ، فلمَّا قضَى الصلاةَ قام يُصلِّي، فلم يزلْ يُصلِّي حتى صلَّى العِشاءَ، ثم خرَج

“Aku sholat Maghrib bersama Nabi ﷺ. Tidak lama kemudian beliau berdiri melakukan sholat. Beliau tidak berhenti sholat hingga sholat Isya, kemudian beliau pergi.” (HR. Ahmad no. 23483, An-Nasaai Sunan Kubro 5/95 23436, At-Tirmizi mengatakan hadis ini hasan gharib, dan dihasankan sanadnya oleh Al-Mubarokfury)

قال الشوكانيُّ: (والآيات والأحاديث المذكورة في الباب تدلُّ على مشروعيَّة الاستكثار من الصلاة ما بين المغرب والعشاء، والأحاديث وإنْ كان أكثرها ضعيفًا، فهي منتهضةٌ بمجموعها لا سيَّما في فضائل الأعمال

Imam Asy-Syaukani rahimahullahu berkata, “Ayat-ayat dan hadis-hadis yang disebutkan dalam pembahasan bab ini menunjukkan disyariatkannya memperbanyak sholat antara Maghrib dan Isya. Walaupun sebagian besar hadisnya lemah, namun derajatnya terangkat dengan terkumpulnya (banyak hadis), apalagi ini terkait dalam fadhilah amal…” (Nailul Author, 3/68)

Ada kisah menarik yang disampaikan oleh kawan saya Azhari, beliau mengisahkan ada seorang Syaikh untuk menjaga hafalan Qurannya dia menyisihkan waktu untuk melakukan sholat Awwabin. Beliau murajaah hafalan surah disetiap rokaat setelah membaca surat Al-Fatihah hingga masuk waktu Isya’.

Semoga Allah mudahkan kita dalam menjalankan sunnah-sunnah Nabi ﷺ.

Leave a comment