BAGI YANG MEMILIKI GANGGUAN LAMBUNG


#9: BAGI YANG MEMILIKI GANGGUAN LAMBUNG

Arie Karimah. Pharma-Excellent.

Saya membagi gangguan lambung menjadi 5, agar mudah dipahami:

🫑 1. MAAG: kelebihan produksi asam lambung menimbulkan rasa nyeri dan kembung.

🫑2. KEMBUNG (bloating) dan flatulence: kelebihan gas di lambung menyebabkan perut terasa kencang, sering bersendawa atau sering kentut

🫑 3. HEARTBURN (nyeri ulu hati) dan GERD (GastroEsofageal Reflux Disease): kelebihan asam lambung menimbulkan rasa nyeri di sekitar dada dan sebagiannya akan naik ke kerongkongan (esofagus) menimbulkan rasa asam dan perih

🫑 4. GASTRITIS: kelebihan asam lambung menyebabkan peradangan di lambung

🫑 5. TUKAK LAMBUNG (peptic ulcer): kelebihan asam lambung yang disertai infeksi oleh bakteri Helicobacter pylori menyebabkan luka (borok) di lambung (atau usus). Pengobatan yang efektif dan mencegah kekambuhan dalam waktu dekat memerlukan pengobatan dwngN 2 antibiotik

Gangguan nomer 1 dan 2 bisa dengan mudah diatasi dengan obat ANTASIDA yang dijual bebas seperti Mylanta, Promag atau Polysilane. Cara kerja obat ini sangat sederhana: meningkatkan pH cairan lambung sehingga mengurangi rasa nyeri dan kembung dengan cepat.

Untuk kembung dan flatulence yang agak parah Polysilane jauh lebih baik karena kandungan yang akan membantu mengeluarkan gas, yaitu simethicon atau DMPS (DiMethylPolySiloxan) jauh lebih tinggi. Sehingga gas bisa lebih cepat dikeluarkan. Salah satu faktor yang mempengaruhi pemilihan produk: rasa obat ketika dikunyah.

Gangguan nomer 3 – 5 memerlukan diagnosa dokter, dan obat yang lebih kuat dari sekedar antasida. Karena kelebihan asam lambung yang ada, dan kerusakan yang disebabkannya terhadap sel-sel di lambung, tidak bisa diatasi hanya dengan menaikkan pH asam lambung, melainkan juga harus dikurangi produksinya. Contoh obat: ranitidin, omeprazol. Jadi kedua obat itu BUKAN OBAT MAAG. Omeprazole mampu menekan produksi asam lambung hingga 90%, sehingga penggunaannya tidak boleh sembarangan. Karena asam lambung selain kita butuhkan untuk membantu mencernakan makanan juga befungsi MEMBUNUH BAKTERI JAHAT yang masuk ke saluran pencernaan.

Saya beri ilustrasi sedikit tentang ketiga obat tersebut agar jangan ngawur meminumnya hanya karena harga obat generiknya sangat murah.

🍅 ANTASIDA: ini mirip jika rumah anda bocor sedikit, menetes, sehingga cukup dipel sedikit lantainya sudah kering lagi. Bocor ituikustrasi kelebihan asam lambung.

🍅 RANITIDINE: sesekali bocornya lebih banyak kalau hujannya cukup deras, sehingga cat ditembok juga basah dan luntur. Anda perlu mencari tahu dimana sumber kebocorannya. Mungkin perlu ditutup/dilapisi dengan sedikit karpet atau Aquaproof. Mesti bayar mamang tukang toh?

🍅 OMEPRAZOLE: bocor parah, lantai “banjir”, cat tembok mengelupas, plafon mulai berwarna agak kehitaman. mencari tahu dimana sumber kebocorannya. Wajib dilapisi dengan Aquaproof dan mungkin ditutup dengan karpet. Tukangnya harus spesialis mengatasi bocor. Kalau tidak ingin minggu depanya bocor lagi. Cat tembok dan plafon perlu dilapis ulang.

Ranitidine dan omeprazole bekerja menghambat produksi asam lambung, bahkan hingga 70%

Bagi yang menderita maag (silakan diingat-ingat kembali):

🫑 Dalam 3 bulan terakhir berapa kali maag tersebut kambuh dalam sebulan? Jika cuma 1-3 kali, maka tidak ada obat yang bisa mencegah kekambuhan tersebut, karena obat maag bersifat mengatasi masalah seketika dan dengan segera, seperti halnya obat sakit kepala atau migrain. Jadi jika maag kambuh di siang hari, anda punya pilihan membatalkan puasa dan minum obat maag, atau meneruskan puasa dengan menahan rasa sakit.

🫑 Jika maag tersebut kambuh karena anda tidak disiplin dengan jam makan, atau makan ala kadarnya karena terlalu sibuk, maka pastikan bahwa anda selalu mengakhirkan waktu sahur dan makan dengan porsi cukup, dengan makanan yang akan tinggal cukup lama di lambung. Misal: nasi, roti gandum, sayur-sayuran.

🫑 Jika kekambuhan cukup sering dan anda belum sempat ke dokter / puskesmas, mungkin anda belum mendapat diagnosa yang tepat, maka anda bisa mengganti obat maag dengan ranitidin, yang cukup diminum saat sahur dan akan bekerja selama 12 jam untuk mengurangi produksi asam lambung. Minum obat tersebut jika anda merasa bahwa pemicu kekambuhan akan muncul di siang hari.

KM. 15 Mar 2024

Leave a comment