KIAI YANG LANGKA: KYAI MAIMUN ZUBAIR


KIAI YANG LANGKA

Sudah 4 tahun lamanya Kiai Maimoen Zubair kembali keharibaan allah swt, tepatnya pada tanggal 5 dzulhijjah 1440 H.

Untuk mengenang beliau, kami ingin menulis sedikit tentang beliau, sebagai wujud kekaguman kami, meskipun tentunya belum bisa menggambarkan akan kebesaran beliau.

KH Maimoen Zubair adalah sosok pewaris Nabi yang sangat langka, bagaimana tidak!? Beliau mampu memerankan 3 tugas utama para Rasul saw.

Syekh Sa’id Faudah menuturkan 3 tugas utama seorang Rasul:

وإذا كانت المهمات الريئسية للرسل عليهم الصلاة والسلام التذكير والتعليم والتزكية فوارث النبوة الكامل هو من استطاع هذه الأمور على الكمال والتمام وقام بها، ونادرا ما تجتمع هذه الثلاثة في واحد، فقد نجد واعظا غير عليم، وعليما لا يمتلك قدرة على الوعظ، وعليما واعظا غير قادر على التزكية، و من اجتعت له هذه الثلاثة ملك إكسير الحياة.

“Ketika tugas utama para rasul saw adalah mengingatkan (muballigh), mengajarkan (muallim), membersihkan jiwa (murabbi), maka seorang pewaris Rasulullah yang sempurna adalah mereka yang mampu memerankan semua itu. Dan sangat sedikit tiga hal ini ditemukan pada satu orang sekaligus. Terkadang kita temukan, ada orang ahli ceramah tapi tidak alim, ada orang alim tapi tidak bisa berceramah, begitu juga, kadang ada orang alim dan pintar berceramah tapi tidak bisa menjadi sosok pembimbing ruhani. Siapa saja yang memiliki tiga hal ini maka ia mendapat manisnya kehidupan.”

Memang faktanya, sulit kami menemukan kiai yang paket komplit, terkadang ada kiai yang alim, ahli dalam perdamparan, tapi kaku dalam permimbaran. Begitu juga sebaliknya, ahli beretorika diatas panggung, tapi ilmunya melompong.
Ada juga yang agak komplit, alim dan orator, tapi sayangnya mulutnya kotor, sehingga tidak bisa membersihkan hati yang kotor.

Namun Mbah Moen memiliki tiga hal itu. Sebagai seorang muballigh, muallim, murabbi.

Keahlian beliau dalam mengajarkan agama melalui ngaji sudah terbukti.

Kemampuan beliau dalam menyampaikan ceramah agama tidak diragukan lagi.

Ketelatenan beliau dalam membimbing ruhani santri banyak yang mengakui.

Sungguh, sosok kiai sejati, hingga selalu terkenang dihati.

Semoga kita para santri bisa meneladani dan mengikuti.

له الفاتحة . . .

✍🏻 KH. Imam Rohmatulloh Roghib

serambisarang #santrisarang #haulsyaikhina #khmaimoenzubair

Serambi Sarang

Leave a comment