Dakwah Ini Bergerak!!!


Karena Kau sudah percaya bahwa aku kuat menjalani ini semua,
akan aku buktikan kepadaMu bahwa aku kuat dan pantang menyerah..!
(Sholihah Naily Syahidah)

Pendahuluan.

Sholihah Naily Syahidah memang bukan tokoh besar bagi anda kebanyakan. Dia ‘hanya seorang’ perempuan belia yang tak jauh berbeda teman sebayanya. Dia mengenal fb seperti banyak orang mengenal fb. Dia menulis status sebagaimana banyak orang lakukan. Tapi tulisannya di fb itu telah mengingatkanku. Bukan saja soal kontennya yang di atas rata rata tapi juga karena ia sudah mengingatkan bahwa dakwah ini bergerak! Makaseh, Nel. Terima kasih anak, saudaraku,.,. Barokallahu fikum,.,.,.

Dakwah Ini Bergerak!

Beberapa pekan yang lalu, di Sabtu siang, telaponku bordering. Lalu terdengarlah suara anak muda yang sangat aku kenal. Lelaki muda ini adalah anak sahabatku. Dia memintaku untuk mengisi daurah yang dia selenggarakan. Aku sanggupi saja, selain karena aku punya waktu luang, aku juga ingin mengalami perjalanan bernilai ruhiah tinggi.

Singkat cerita, aku dijemput ba’da Asar dan sesaat kemudian kami berdua melaju dengan motor. Berdua saja. Kami lewati bukit bukit di Selatan Bantul dengan sedikit bergegas. Jembatan sesek dan jembatan yang hilang tersapu banjir lahar dingin semakin membuat kami tergesa gesa. Dengan cara mengemudi khas anak muda, aku nikmati dzikir di belakang punggung prajurit muda ini.

Bahkan ban motor itu sempat bocor dan aku berpindah ke motor anak muda lainnya. Seperti tongkat estafet, aku kembali melaju menyusuri kaki bukit Kretek – Pundong itu.

Anak muda.

Anak kawanku.

Dulu aku melaju bersama sang bapak. Dulu aku lewati beberapa rute bersama sang bapak. Sore ini Allah tunjukkan bahwa dakwah ini bergerak. Sore ini aku bersama generasi dakwah yang selanjutnya. Allah,.,.. Bergidik aku sendiri,.,.,.

Penutup.

Soal istiqomah mengikuti putaran dakwah bukanlah hal sederhana. Ada banyak varian untuk menghentikan laju dakwah ini.

Soal mewariskan semangat perjuangan bukanlah hal mudah. Mereka dan juga kita bisa tergoda dengan godaan yang khas pada masing masing rentang usianya.

Dan soal bekerjasama dengan generasi selanjutnya dari dakwah ini bukanlah hal sederhana. Ada banyak cerita dakwah yang menunjukkan bahwa estafeta ini tak mudah.

Soal istiqomah bukanlah hal mudah, kecuali Allah menjadikannya mudah. Soal mewariskan semangat dakwah adalah hal rumit, kecuali Allah sederhanakan itu untuk kita. Dan soal bekerjasama dengan generasi dakwah yang selanjutnya adalah hal yang kerap mengganggu, kecuali Allah menyelamatkan kita dari hal ini.

Laa sahlan illa ma ja’altahu sahlan,.,.,. Amiin,.,.

Note ;
Sekadar berbagi dan mengingatkan hal baik,.,.,.
(Ustadz Eko Novianto N)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s