Iman Akan kembali Ke Madinah Seperti Ular Kembali ke Sarangnya!Penjelasan Hadist


Iman Akan kembali Ke Madinah Seperti Ular Kembali ke Sarangnya!

Apakah Nabi menggaransi kesahihan akidah orang Madinah dan Makkah berdasarkan hadis yang maknanya seperti judul status?

Mari kita pahami hadis -yang dijadikan pembenaran oleh Wahabi terhadap bid’ah Wahabiyah mereka- merujuk langsung penjelasan ulama hadis terhadap hadis;

حدثنا إبراهيم بن المنذر حدثنا أنس بن عياض قال حدثني عبيد الله عن خبيب بن عبد الرحمن عن حفص بن عاصم عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال

إنَّ الإِيْماَنَ لَيَأْزِرُ إِلَى الْمَدِيْنَةِ كَمَا تأْزِرُ الْحَيَّةُ إِلَى جُحْرِهَا

Sesungguhnya iman akan kembali ke kota Madinah sebagaimana ular kembali kelubang atau sarangnya. [HR. Al-Bukhâri dan Muslim]

Berikut penjelasan Imam Ibnu Hajar:

قوله : ( باب الإيمان يأرز ) بفتح أوله وسكون الهمزة وكسر الراء وقد تضم بعدها زاي ، وحكى ابن التين عن بعضهم فتح الراء ، وقال : إن الكسر هو الصواب ، وحكى أبو الحسن بن سراج ضم الراء ، وحكى القابسي الفتح ، ومعناه ينضم ويجتمع .

قوله : ( حدثني عبيد الله ) هو ابن عمر العمري .

قوله : ( عن خبيب ) بالمعجمة مصغرا ، وكذا رواه أكثر أصحاب عبيد الله ، وخبيب هو خال عبيد الله المذكور ، وقد روي عنه بهذا الإسناد عدة أحاديث . وفي رواية يحيى بن سليم عن عبيد الله عن نافع [ ص: 112 ] عن ابن عمر أخرجه ابن حبان والبزار ، وقال البزار : إن يحيى بن سليم أخطأ فيه ، وهو كما قال ، وهو ضعيف في عبيد الله بن عمر .

قوله : ( عن حفص بن عاصم ) أي : ابن عمر بن الخطاب .

Saya langsung pada bagian penjelasan yang terkait dengan status;

قوله : ( كما تأرز الحية إلى جحرها ) أي : إنها كما تنتشر من جحرها في طلب ما تعيش به فإذا راعها شيء رجعت إلى جحرها ، كذلك الإيمان انتشر في المدينة ، وكل مؤمن له من نفسه سائق إلى المدينة لمحبته في النبي – صلى الله عليه وسلم – ، فيشمل ذلك جميع الأزمنة ؛ لأنه في زمن النبي – صلى الله عليه وسلم – للتعلم منه ، وفي زمن الصحابة والتابعين وتابعيهم للاقتداء بهديهم ، ومن بعد ذلك لزيارة قبره – صلى الله عليه وسلم – والصلاة في مسجده >[1] والتبرك بمشاهدة آثاره وآثار أصحابه

Penjelasan Sabda Nabi (sebagaimana ular kembali kelubang atau sarangnya) maksudnya adalah: bahwa sebagaimana ular keluar berkeliaran dari lobang/sarangnya untuk mencari makan, kalau sudah dapat apa yang dia inginkan, dia akan kembali ke lubangnya/sarangnya. Begitu juga dengan iman ketika tersebar di Madinah.

Semua orang yang beriman, pasti akan memiliki kecendrungan hati kepada Madinah, karena KECINTAAN mereka kepada Nabi Muhammad shalallahu alayhi wa sallam. Ini bisa terjadi setiap masa. Karena di zaman Nabi, orang-orang ke Madinah untuk belajar Islam langsung kepada Nabi. Dan datang ke Madinah pada masa Sahabat, Tabi’in, Tabi’ al-Tabi’in, karena ingin meneladani Sunnah Rasulullah melalui mereka. Setelah era mereka, untuk ZIARAH KUBUR NABI, SHALAT DI MASJID NABI, dan NGALAP BERKAH dengan menyaksikan semua bekas peninggalan Nabi dan Sahabat Nabi.

. وقال الداودي : كان هذا في حياة النبي – صلى الله عليه وسلم – والقرن الذي كان منهم والذين يلونهم والذين يلونهم خاصة .

Imam Ibnu Hajar mengutip perkataan Imam al-Dawudi, hadis ini bercerita tentang keadaan di waktu Nabi hidup, era semasa Nabi, era setelah Nabi, dan era setelahnya. Terbatas di era Salafus Sholeh ini saja.

وقال القرطبي : فيه تنبيه على صحة مذهب أهل المدينة وسلامتهم من البدع وأن عملهم حجة كما رواه مالك . ا هـ

Imam Ibnu Hajar mengutip perkataan Imam al-Qurthubi:
Hadis ini menjadi isyarat terhadap kesahihan madzhab Ahlul Madinah dan mereka aman dari bid’ah, serta amal mereka menjadi hujjah sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Malik.

. وهذا إن سلم اختص بعصر النبي – صلى الله عليه وسلم – والخلفاء الراشدين ، وأما بعد ظهور الفتن وانتشار الصحابة في البلاد ، ولا سيما في أواخر المائة الثانية وهلم جرا ، فهو بالمشاهدة بخلاف ذلك .

Imam Ibnu Hajar mengomentari perkataan Imam al-Qurthubi, “Ini jika bisa diterima pandangan Beliau, khusus orang Madinah di masa Nabi Muhammad shalallahu alayhi wa sallam dan para Khulafaur Rasyidin. Sedangkan setelah muncul banyak fitnah dan tersebarnya Sahabat di berbagai negeri, apalagi di masa akhir-akhir 200an Hijriyah dan masa-masa setelahnya, dengan terang bisa disaksikan, sudah berbeda dengan masa Rasulullah dan Khulafaur Rasyidin.

Leave a comment