𝗧𝗘𝗥𝗝𝗘𝗠𝗔𝗛 𝗡𝗔𝗭𝗛𝗔𝗠 𝗔𝗟𝗔𝗟𝗔 (𝗔𝗞𝗛𝗟𝗔𝗤)


𝗧𝗘𝗥𝗝𝗘𝗠𝗔𝗛 𝗡𝗔𝗭𝗛𝗔𝗠 𝗔𝗟𝗔𝗟𝗔 (𝗔𝗞𝗛𝗟𝗔𝗤)

𝙑𝙚𝙧𝙨𝙞 𝙉𝙖𝙯𝙝𝙖𝙢

𝘽𝙖𝙝𝙖𝙧 𝙏𝙝𝙖𝙬𝙞𝙡

بسم الله الرحمن الرحيم

𝗠𝗼𝗱𝗮𝗹 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻

اَلاَ لاَتَنَالُ الْعِلْمَ اِلاَّ بِســــِتَّةٍ # سَأُنْبِيْكَ عَنْ مَجْمُوْعِهَا بِبَيَانٍ

Ingatlah, kamu tak ‘kan dapat ilmu manfaat
Kecuali dengan memenuhi enam syarat

ذُكَاءٍ وَحِرْصٍ وَاصْطِبَارٍ وَبُلْغَةٍ # وَاِرْشَادُ اُسْتَاذٍ وَطُوْلِ زَمَانٍ
Cerdas, semangat, bersabar dan ada bekalnya
Dan pentunjuk guru dan juga lama masanya

𝗟𝗶𝗻𝗴𝗸𝘂𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻

عَنِ الْـمَرْءِ لاَ تَسْأَلْ وَسَلْ عَنْ قَرِيْنِهِ # فَإِنَّ القَرِيْنَ بِالْـمُقَـارِنِ يَقْتَـــدِيْ
Tentang seorang, tanyakan siapa kawannya
Sebab, orang ikut pada perangai kawannya

فَاِنْ كَانَ ذَا شَرٍّ فَجَنِّبْـهُ سُــرْعَةً # فَاِنْ كَانَ ذَاخَيْرٍ فَقَارِنْهُ تَهْتَـدِيْ
Jika bukan orang baik cepat jauhilah
Kalau dia orang baik maka berkawanlah

𝗠𝗼𝘁𝗶𝘃𝗮𝘀𝗶 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻

تَعَـلَّمْ فَاِنَّ اْلعِلْمَ زَيْنٌ لِأَهْلِهِ # وَفَضْلٌ وَعُنْوَانٌ لِكُلِّ الْمَحَامِدِ
Belajarlah, sebab ilmu bisa menghiasi
Dan keutamaan juga tanda hal terpuji

وَكُنْ مُسْتَفِيْدًا كُلَّ يَوْمٍ زِيـَـادَةً # مِنَ الْعِلْمِ، وَاسْبَحْ فِىْ بُحُوْرِ الْفَوَائِدِ
Mengajilah setiap hari agar bertambah
Ilmu dan berenanglah di lautan faidah

𝗞𝗲𝘂𝘁𝗮𝗺𝗮𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗶𝗱𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗔𝗴𝗮𝗺𝗮 𝗜𝘀𝗹𝗮𝗺

تَفَقَّـهْ فَاِنَّ اْلفِقْــــهَ اَفْضَلٌ قَائِـدِ # اِلَى الْبِّرِوَالتَّقْوَى وَاَعْدَلُ قَاصِدِ
Ngajilah Fiqih, ia paling lurusnya jalan
Penuntun pada taqwa dan pada kebaikan

هُوَاْلعَلَمُ اْلهَادِىْ اِلَى سُنَنِ الْهُــدَى # هُوَالْحِصْنُ يُنْجِىْ مِنْ جَمِيْعِ الشَّدَائِدِ
IImu Fiqih petunjuk pada lurusnya jalan
Dan benteng penyelamat dari hal memberatkan

فَـــاِنَّ فَقِيْهًــا وَاحِـــدًامُتَوَرِّعًـا # اَشَدُّعَلَى الشَّيْطَانِ مِنْ اَلْفِ عَابِدِ
Ahli Fiqih yang wara’ lebih lah memberatkan
Dari seribu ahli ibadah bagi syetan

𝗞𝗲𝘀𝗲𝗶𝗺𝗯𝗮𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗜𝗹𝗺𝘂 𝗱𝗮𝗻 𝗔𝗺𝗮𝗹

فَسَــادٌ كَبِيْرٌ عَــــالِمٌ مُـتَهَتِّــــكٌ # وَ اَكْبَرُ مِنْهُ جَاهِلٌ مُتَنَسِّكُ
Kerusakan besar orang alim tak beramal
Lebih rusak lagi orang bodoh yang beramal

هُمَا فِتْنَةٌ فِي الْعَالَمِيْنَ عَظِيْمَةٌ # لِمَنْ بِهِمَا فِيْ دِيْنِــــــهِ يَتَمَسَّكُ
Keduanya jadi fitnah besar bagi orang
Yang dalam agama pada mereka berpegang

تَمَنَّيْتَ اَنْ تُمْسِىَ فَقِيْهًا مُنَاظِرًا # بِغَيْرِ عِنَــــاءٍ وَالْجُنُـــوْنُ فُـنُوْنُ
Mimpi jadi ahli Fiqih tak usaha keras
Gila banyak macamnya, tak sama dengan waras

وَلَيْسَ اكْتِسَابُ الْمَالِ دُوْنَ مَشَقَّةٍ # تَحَمَّلُـهَــا فَالْعِـلْمُ كَيْفَ يَكُوْنُ
Memcari harta saja orang berani susah
Apa lagi cari ilmu jangan takut payah

𝗞𝗲𝘂𝘁𝗮𝗺𝗮𝗮𝗻 𝗔𝗵𝗹𝗶 𝗜𝗹𝗺𝘂

اِذَا تَـمَّ عَقْلُ الْمَرْءِ قَلَّ كَلاَمُهُ # وَاَيْقِنْ بِحُمْقِ الْمَرْءِ اِنْ كَانَ مُكْثِرًا
Orang sempurna akal sedikit bicaranya
Yakin pada dungunya orang banyak omongnya

يَمُوْتُ الفَتَى مِنْ عَثْرَةٍ مِنْ لِّسَـانِهِ # وَلَيسَ يَمُوتُ الْمَرْءِ مِنْ عَثْرَةِ الرِّجْلِ
Pemuda mati sebab terpeleset lidahnya
Dia tak mati sebab terpeleset kakinya

فَعَثْرَتُهُ مِنْ فِيْــــهِ تَرْمِىْ بِرَأْسِـهِ # وَعَثْرَتُهُ بِالرِّجْلِ تَبْرَى عَلَى الْمَهْلِ
Terpeleset lidah bisa lenyapkan kepala
Terpeleset kaki kan sembuh dengan segera

أَخُو الْعِلْمِ حَيُّ خَالِدٌ بَعْدَ مَوْتِهِ # وَأَوْصَـالُهُ تَحْتَ التُّرَابِ رَمِيْـــــمُ
Orang berilmu tetap hidup sudah matinya
Walaupun di bawah tanah yang hancur tulangnya

وَذُوالْجَهْلِ مَيْتٌ وَهُوَ يَمْشِى عَلَى الثَّرَى # يُــظَنُّ مِنَ اْلاَحْيَـــاءِ وَهُوَ عَدِيْــمُ
Orang bodoh mati walau berjalan di tanah
Disangka masih hidup padahal dia musnah

𝗧𝗶𝗽𝘀 𝗠𝗲𝗻𝗷𝗮𝗱𝗶 𝗔𝗵𝗹𝗶 𝗜𝗹𝗺𝘂

لِكُلٍّ اِلَى شَأْوِ الْعُلَى حَرَكَاتُ # وَلَكِنْ عَزِيْزٌ فِى الرِّجَالِ ثُبَاتُ
Orang ingin derajat tinggi harus berjuang
Tapi yang tabah berjuang itu sangat jarang.

اِذَا كُنْتَ فِىْ قَوْمٍ فَصَاحِبْ خِيَـارَهُمْ # وَلاَ تُصْحَبِ اْلاَرْدَى فَتُرْدَى مَعَ الرَّدِىْ
Engkau di masyarakat cari kawan terbaik
Jangan kawan orang yang akhlaknya paling jalek

𝗣𝗲𝗿𝗮𝗻 𝗚𝘂𝗿𝘂 𝗱𝗮𝗻 𝗢𝗿𝗮𝗻𝗴𝘁𝘂𝗮

أُقَـدِّمُ أُسْتَــاذِىْ عَلَى نَفْسِ وَالِدِىْ # وَاِنْ نَالَنِىْ مِنَ وَالِدِى الْفَضْلَ وَالشَّرَفَ
Ku dahulukan ustadz dari orang tuaku
Walau mulia didapat dari orang tuaku

فَذَاكَ مُرَبِّ الرُّوْحِ وَالرُّوْحُ جَــــوْهَرُ # وَهَذَا مُرَبِّ الْجِسْمِ وَالْجِسْمُ كَالصَّدَفْ
Ustadz pendidik rohku itu mutiaraku
Ortuku pendidik tubuh hanya kerangkaku

رَأَيْتُ اَحَقَّ الْحَقِّ حَقَّ الْمُعَلِّمِ # وَأَوْجَبَهُ حِفْظًا عَلَى كُلِّ مُسْلِم
Paling hak-nya barang hak itu hak-nya muallim
Maka wajib menjaga atas setiap muslim

لَقَدْ حَقَّ اَنْ يُّهْدَى اِلَيهِ كَرَامَـةً # لِتَعْلِيْمِ حَرْفِ وَاحِدٍ اَلْفُ دِرْهَمٍ
Seribu dirham pada ustadz ku hadiahkan
Tak sebanding dengan satu huruf diajarkan

𝗣𝗲𝗿𝗷𝘂𝗮𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗠𝗲𝗿𝗮𝗶𝗵 𝗜𝗹𝗺𝘂

اَرَى لَكَ نَفْسًا تَشْتَهِىَ اَنْ تُعِزَّهَا # فَلَسْتَ تَنَــالُ الْعِزَّ حَتَّى تُذِلَّهــــاَ
Aku lihat engkau ingin memulyakan nafsu
Mulya ‘kan didapat dengan menghinakan nafsu

ﺇذَا سَاءَ فِعْلُ الْمَرْءِ سَاءَ ظُنُوْنُهُ # وَصَـدَّقَ مَا يَعْتَـادُهُ مِنْ تَوَهُّمِ
Orang yang buruk tingkahnya maka buruk sangka
Menduga dan membenarkan yang tampak di mata

𝗧𝗶𝗴𝗮 𝗧𝗶𝗻𝗴𝗸𝗮𝘁𝗮𝗻 𝗠𝗮𝗻𝘂𝘀𝗶𝗮

فَمَا النَّاسُ اِلاَّ وَاحـِدٌ مِنْ ثَلاَثَةٍ # شَرِيْفٌ وَمَشْرُوْفٌ وَمِثْلٌ مُقَاوِمُ
Manusia sekitar kita terbagi tiga
Mulya, sepadan dan lebih rendah dari kita

فَاَمَّا الَّذِىْ فَوْقِىْ فَأَعْرِفُ قَــدْرَهُ # وَاَتْبَــعُ فِيْهِ الْحَــقَّ وَالْحَــقُّ لاَزِمُ
Orang mulya, maka aku kenal derajatnya
Aku ikut kebenaran yang timbul darinya

فَاَمَّا الَّذِىْ مِثْلِى فَاِنْ زَلَّ اَوْهَفَـــا # تَفَضَّـلْتُ اِنَّ الْفَضْـلَ بِالْفَخْرِحَــــاكِمُ
Orang sepadan jika terpeleset dan jatuh
Aku akan nasehati agar tetap patuh

فَاَمَّا الَّذِىْ دُوْنِىْ فَاَحْلَمُ دَائِبًـا # أَصُوْنُ بِهِ عِرْضِى وَاِنْ لاَمَ لاَئِمُ
Orang rendah, aku beri maaf kepadanya
Ku jaga marwahku walau datang pencelanya

𝗠𝗲𝗻𝗷𝗮𝘂𝗵𝗶 𝗣𝗲𝗹𝗮𝗸𝘂 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗿𝗯𝘂𝗮𝘁𝗮𝗻 𝗡𝗲𝗴𝗮𝘁𝗶𝗳

دَعِ الْمَرْءَ لاَتُجْزِ عَلَى سُوْءِ فِعْلِهِ # سَيَكْفِيْهِ مَا فِيْــــهِ وَمَا هُوَ فَاعِلُهُ
Orang usil jangan dibalas, jangan hiraukan
Pasti terbalas dengan apa yang dilakukan

أَلَيْسَتْ مِنَ الْخُسْرَانِ اَنَّ لَيَالِيَا # تَمُرُّ بِلاَ نَفْعٍ وَتُحْسَبُ مِنْ عُمْرِىْ
Malam-malam berlalu tanpa dimanfaatkan
Umur terus berkurang itulah kerugian

𝗥𝗶𝗵𝗹𝗮𝗵 𝗜𝗹𝗺𝗶𝗮𝗵

تَعَـــلَّمْ فَلَيْسَ الْمَرْءُ يوْلَدُ عَالِمًــــا # وَلَيْسَ أَخُوْ عِلْمٍ كَمَنْ هُوَ جَاهِلُ
Ngajilah… Manusia lahir tak bawa ilmu
Orang alim tidak sama dengan orang dungu

تَغَرَّبْ عَنِ اْلاَوْطَانِ فِى طَلَبِ الْعُلىَ # وَسَـافِرْ فَفِى اْلاَسْفَارِ خَمْسُ فَوَائِـدِ
Jauhlah dari rumah, cari keutamaan
Terdapat lima faidah dalam perantauan

تَفَــرُّجُ هَــمٍّ وَاكْتِسَـابِ مَعِيْشَــةٍ # وَعِلـــمٌ وَآدَابٌ وَ صُحْبَــةُ مَــاجِدِ
Menghilangkan kesusahan, cari penghidupan
Ilmu dan adab juga teman kan didapatkan

وَاِنْ قِيْـلَ فِى اْلاَسْفَـارِ ذُلٌّ وَغُرْبَــهٌ # وَ قَطْـعُ فَيَـافٍ وَ ارْتِكَابُ شَـــدَائِد
Walau di perjalanan ada hina, sengsara
Menerjang kepayahan dan tembus belantara

فَمَوْتُ الْفَتَى خَيْرٌ لَهُ مِنْ حَيَاتِهِ # بِدَارِ هَوَانٍ بَيْنَ وَاشٍ وَحَاسِدٍ
Pemuda mati lebih baik dari hidupnya
di daerah tukang hasud dan suka adu domba

Leave a comment