Ternyata, Malam Nisfu Sya’ban Adalah Salah Satu Lebarannya Para Malaikat, selain Malam Lailatul Qodar


💠Ternyata, Malam Nisfu Sya’ban Adalah Salah Satu Lebarannya Para Malaikat, selain Malam Lailatul Qodar💠

🔰Adam Mostafa EL Prembuny
📚Kitab : Al Ghunyah, karya Syaikh Abdul Qodir al Jilani

☆Malaikat kalo mereka lebaran itu ngapain aja di atas langit sana?

Yg pasti bukan acara makan2 opor ketupat, pake baju baru, silaturahmi dari rumah ke rumah, dapet angpao, apalagi njeblugin mercon dan semisalnya. Ya kali, ente ada-ada aja kalo nanya 😄.

Tapi maksudnya, para Malaikat Allah sedang ramai-ramai, berkumpul bersama-sama mendoakan dan mengaminkan kaum muslimin mukminin yg menghidupkan 2 malam tersebut dgn beribadah dan beramal sholih.

Dikutip dari Kalender Hijriah Indonesia terbitan Kementerian Agama RI, Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 15 Syaban 1445 Hijriah, yg dalam kalender Masehi bertepatan dgn 25 Februari 2024.

Maka, malam Nisfu Syaban sendiri jatuh pada tgl 24 Februari 2024 pas malemnya yagesya, alias malem minggu besok.

Syaikh Abdul Qodir berkata dlm kitabnya,

إن للملائكة ليلتي عيد في السماء، كما أن للمسلمين يومي عيد في الأرض، فعيد الملائكة ليلة البراءة وليلة القدر، وعيد المؤمنين يوم الفطر ويوم الأضحى، وعيد الملائكة بالليل لأنهم لا ينامون، وعيد المؤمنين بالنهار لأنهم ينامون.

“Sesungguhnya para Malaikat itu punya dua hari lebaran di langit sana, sprti halnya manusia yg punya dua hari lebaran di Bumi. Hari lebaran nya malaikat adalah Lailatul Baro-ah (nisfu sya’ban) dan malam Lailatul Qodar, sedangkan hari lebaran nya kaum mu’minin itu adalah hari Idul Fitri dan Idul Adha.

Hari lebaran nya para Malaikat dilaksanakan pada malam hari, karena Malaikat itu ngga tidur, kalo hari lebaran nya Manusia itu dilaksanakan pada siang hari, karena manusia perlu tidur (pas malemnya).”

{Qultu : Lagian yg namanya “Siang hari” itu cuma ada di planet2 yg disinarin matahari aja 🤭}

🟤 Trus kenapa Malem Lailatul Qodar itu dirahasiakan sama Allah, sedangkan Malam Nisfu Sya’ban diketahui dan ditetapkan tanggalnya?🟤

Syekh Abdul Qodir al Jilani menjelaskan :

إن الحكمة في أن الله تعالى أظهر ليلة البراءة وأخفى ليلة القدر، لأن ليلة القدر ليلة الرحمة والغفران والعتق من النيران، أخفاها الله عز وجل لئلا يتكلوا عليها، وأظهر ليلة البراءة لأنها ليلة الحكم والقضاء، وليلة السخط والرضا، ليلة القبول والرد والوصول والصد، ليلة السعادة والشقاء والكرامة والنقاء.

فواحد فيها يسعد والآخر فيها يبعد، وواحد يجزى وواحد يخزى، وواحد يكرم وآخر يحرم، وواحد يؤجر وآخر يهجر.

“Sesungguhnya, Hikmah kenapa Allah memberitahukan malam Lailatul Baro-ah (Malam Nisfu Sya’ban), dan Allah menyembunyikan malam Lailatul Qodar adalah karena pada malam itu adalah malam rahmat, ampunan, dibebaskannya dari neraka. Maka Allah menyembunyikan malam Lailatul Qodar, agar manusia tidak nggampangin (dalam beribadah/bertobat)

Dan kenapa Malem Lailatul Baro-ah (Nisfu Syaban) Allah tampakkan ke kita, karna pada malam ini adalah diputuskannya hukum dan keputusan, malam keridhoan atau malam kemarahan, malam penerimaan atau penolakan, malam yg tersampaikan atau tidak, malam bahagia atau yg celaka.

Jadi Allah hendak memberitahukan yg membahagiakan dan menjauhkan, karna ada saatnya satu dibalas kebaikannya dan satu lagi tidak. Ada juga yg satu dimuliakan, tapi lainnya dihinakan. Dan ada lagi yg diberi kesempatan cari pahala, dan lainnya tidak”.

📕Al Ghunyah li Tholibi Thoriq al Haq, Juz 1 halaman 348, Cet. DKI

○○○

nisfusyaban #yasin3kali #malamnisfusyaban #ghunyah #syaikhabdulqodiraljilani #lailatulqodar

Leave a comment