Salafy anti takwil, Tapi BENARKAH SALAF ANTI TAKWIL ?!


BENARKAH SALAF ANTI TAKWIL ?!

.

.

𝑰𝒎𝒂𝒎 𝑨𝒉𝒎𝒂𝒅 𝒃𝒊𝒏 𝑯𝒂𝒎𝒃𝒂𝒍 rahimahullah (w.241H) ketika membahas tentang ayat (جاء ربك) “Tuhanmu telah Datang” beliau memaknai ayat tersebut dengan Telah datang perintah Tuhanmu. Adapun Al-Qadhi Abu Ya’la mengatakan bahwa 𝑰𝒎𝒂𝒎 𝑨𝒉𝒎𝒂𝒅 mengatakan maksud dari ayat tersebut adalah kekuatan dan perintahNya. Disebutkan juga bahwa Imam Auza’I dan Imam Malik rahimahullah memahami Hadist An-Nuzul tidak secara lahiriah karena berpotensi melazimkan sifat Huduts (baru) dan ini termasuk perkara Batil !

“…𝑑𝑎𝑛 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑒𝑟𝑚𝑎𝑠𝑢𝑘 𝑖𝑡𝑢 𝐹𝑖𝑟𝑚𝑎𝑛 𝐴𝑙𝑙𝑎ℎ 𝑇𝑎’𝑎𝑙𝑎 (جاء ربك). 𝐼𝑚𝑎𝑚 𝐴ℎ𝑚𝑎𝑑 𝑏𝑒𝑟𝑘𝑎𝑡𝑎 : 𝑚𝑎𝑘𝑛𝑎𝑛𝑦𝑎 𝑡𝑒𝑙𝑎ℎ 𝑑𝑎𝑡𝑎𝑛𝑔 𝑝𝑒𝑟𝑖𝑛𝑡𝑎ℎ 𝑇𝑢ℎ𝑎𝑛𝑚𝑢. 𝐴𝑙-𝑄𝑎𝑑ℎ𝑖 𝐴𝑏𝑢 𝑌𝑎’𝑙𝑎 𝑏𝑒𝑟𝑘𝑎𝑡𝑎, 𝐼𝑚𝑎𝑚 𝐴ℎ𝑚𝑎𝑑 𝑏𝑒𝑟𝑘𝑎𝑡𝑎 𝑚𝑎𝑘𝑠𝑢𝑑 𝑑𝑎𝑟𝑖 𝑖𝑡𝑢 𝑎𝑑𝑎𝑙𝑎ℎ 𝑘𝑒𝑘𝑢𝑎𝑡𝑎𝑛 𝑑𝑎𝑛 𝑝𝑒𝑟𝑖𝑛𝑡𝑎ℎ𝑁𝑦𝑎, ℎ𝑎𝑙 𝑖𝑡𝑢 𝑡𝑒𝑙𝑎ℎ 𝑑𝑖𝑗𝑒𝑙𝑎𝑠𝑘𝑎𝑛 𝑑𝑎𝑙𝑎𝑚 𝐹𝑖𝑟𝑚𝑎𝑛𝑛𝑦𝑎 (او ياتي امر ربك), “𝑎𝑡𝑎𝑢 𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑑𝑎𝑡𝑎𝑛𝑔 𝑝𝑒𝑟𝑖𝑛𝑡𝑎ℎ 𝑇𝑢ℎ𝑎𝑛𝑚𝑢”. 𝑌𝑎𝑛𝑔 𝑚𝑒𝑛𝑢𝑛𝑗𝑢𝑘𝑘𝑎𝑛 𝑝𝑎𝑑𝑎 “ℎ𝑎𝑚𝑙 𝑚𝑢𝑡𝑙𝑎𝑞 𝑎𝑙𝑎𝑙 𝑚𝑢𝑞𝑎𝑦𝑦𝑎𝑑” 𝑑𝑎𝑛 𝑖𝑡𝑢 𝑏𝑎𝑛𝑦𝑎𝑘 𝑑𝑎𝑙𝑎𝑚 𝐴𝑙-𝑄𝑢𝑟𝑎𝑛, 𝑆𝑢𝑛𝑛𝑎ℎ, 𝐼𝑗𝑚𝑎 𝑑𝑎𝑛 𝑑𝑎𝑙𝑎𝑚 𝑝𝑒𝑟𝑘𝑎𝑡𝑎𝑎𝑛 𝑝𝑎𝑟𝑎 𝑢𝑙𝑎𝑚𝑎 𝑢𝑚𝑎𝑡 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑖𝑑𝑎𝑘 𝑚𝑒𝑚𝑏𝑜𝑙𝑒ℎ𝑘𝑎𝑛 𝑠𝑖𝑓𝑎𝑡 𝑝𝑒𝑟𝑝𝑖𝑛𝑑𝑎ℎ𝑎𝑛 𝑝𝑎𝑑𝑎 𝐴𝑙𝑙𝑎ℎ . 𝐷𝑎𝑛 𝑐𝑜𝑛𝑡𝑜ℎ 𝑙𝑎𝑖𝑛𝑛𝑦𝑎 𝑠𝑒𝑝𝑒𝑟𝑡𝑖 ℎ𝑎𝑑𝑖𝑠𝑡 𝐴𝑛-𝑁𝑢𝑧𝑢𝑙, 𝑑𝑎𝑛 𝑜𝑟𝑎𝑛𝑔 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑚𝑒𝑛𝑗𝑒𝑙𝑎𝑠𝑘𝑎𝑛 𝑝𝑒𝑟𝑖ℎ𝑎𝑙 𝑡𝑒𝑟𝑠𝑒𝑏𝑢𝑡 𝑖𝑎𝑙𝑎ℎ 𝐼𝑚𝑎𝑚 𝐴𝑢𝑧𝑎’𝐼 𝑑𝑎𝑛 𝐼𝑚𝑎𝑚 𝑀𝑎𝑙𝑖𝑘, 𝑘𝑎𝑟𝑒𝑛𝑎 𝑝𝑒𝑟𝑝𝑖𝑛𝑑𝑎ℎ𝑎𝑛 𝑑𝑎𝑛 𝑔𝑒𝑟𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑡𝑒𝑟𝑚𝑎𝑠𝑢𝑘 𝑑𝑎𝑟𝑖 𝑠𝑖𝑓𝑎𝑡 ℎ𝑢𝑑𝑢𝑡𝑠 (𝑏𝑎𝑟𝑢) , 𝑑𝑎𝑛 𝐴𝑙𝑙𝑎ℎ 𝐴𝑧𝑧𝑎 𝑤𝑎 𝐽𝑎𝑙𝑙𝑎 𝑡𝑒𝑟ℎ𝑖𝑛𝑑𝑎𝑟 𝑑𝑎𝑟𝑖 𝑠𝑖𝑓𝑎𝑡 𝑡𝑒𝑟𝑠𝑒𝑏𝑢𝑡…”

𝗔𝗹-𝗛𝗶𝘀𝗵𝗻𝗶 𝗔𝗱-𝗗𝗶𝗺𝗮𝘀𝘆𝗾𝗶, 𝗧𝗮𝗾𝗶𝘆𝘂𝗱𝗱𝗶𝗻 𝗔𝗯𝗶 𝗕𝗮𝗸𝗿, 𝗗𝗮𝗳’𝘂 𝗦𝘆𝘂𝗯𝗵 𝗠𝗮𝗻 𝗦𝘆𝗮𝗯𝗯𝗮𝗵𝗮 𝘄𝗮 𝗧𝗮𝗺𝗮𝗿𝗿𝗮𝗱, 𝗛𝗮𝗹. 𝟭𝟭

Diatas adalah bukti bahwa 𝑰𝒎𝒂𝒎 𝑨𝒉𝒎𝒂𝒅 ( Salaf ) menggunakan metode takwil dalam memahami teks yang berhubungan dengan sifat Allah Ta’ala , yang jika dipahami secara lahiriah maka Melahirkan sifat yang batil dan ternyata kelompok 𝑺𝒂𝒍𝒂𝒇𝒊 𝑾𝒂𝒉𝒂𝒃𝒊 tergelincir ketika memahami ayat Mutasyabihat , karena ayat ini diturunkan untuk menguji dan membedakan mana Ahlul Haq dan Batil . Dalam Al Qur’an disebutkan yang artinya :

” 𝐷𝑖𝑎𝑙𝑎ℎ 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑚𝑒𝑛𝑢𝑟𝑢𝑛𝑘𝑎𝑛 𝐴𝑙 𝐾𝑖𝑡𝑎𝑏 ( 𝐴𝑙 𝑄𝑢𝑟𝑎𝑛 ) 𝑘𝑒𝑝𝑎𝑑𝑎 𝑘𝑎𝑚𝑢. 𝐷𝑖 𝑎𝑛𝑡𝑎𝑟𝑎 (𝑖𝑠𝑖)𝑛𝑦𝑎 𝑎𝑑𝑎 𝑎𝑦𝑎𝑡² 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑀𝑢ℎ𝑘𝑎𝑚𝑎𝑎𝑡 ( 𝑗𝑒𝑙𝑎𝑠 ) 𝑖𝑡𝑢𝑙𝑎ℎ 𝑝𝑜𝑘𝑜𝑘² 𝑖𝑠𝑖 𝐴𝑙 𝑞𝑢𝑟’𝑎𝑛 𝑑𝑎𝑛 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑙𝑎𝑖𝑛 𝑀𝑢𝑡𝑎𝑠𝑦𝑎𝑏𝑖ℎ𝑎𝑡 ( 𝑠𝑎𝑚𝑎𝑟 ). 𝐴𝑑𝑎𝑝𝑢𝑛 𝑜𝑟𝑎𝑛𝑔² 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑑𝑎𝑙𝑎𝑚 ℎ𝑎𝑡𝑖𝑛𝑦𝑎 𝑐𝑜𝑛𝑑𝑜𝑛𝑔 𝑘𝑒𝑝𝑎𝑑𝑎 𝑘𝑒𝑠𝑒𝑠𝑎𝑡𝑎𝑛, 𝑚𝑎𝑘𝑎 𝑚𝑒𝑟𝑒𝑘𝑎 𝑚𝑒𝑛𝑔𝑖𝑘𝑢𝑡𝑖 𝑠𝑒𝑏𝑎ℎ𝑎𝑔𝑖𝑎𝑛 𝑎𝑦𝑎𝑡² 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑀𝑢𝑡𝑎𝑠𝑦𝑎𝑏𝑖ℎ𝑎𝑡 𝑑𝑎𝑟𝑖𝑝𝑎𝑑𝑎𝑛𝑦𝑎 𝑢𝑛𝑡𝑢𝑘 𝑚𝑒𝑛𝑖𝑚𝑏𝑢𝑙𝑘𝑎𝑛 𝐹𝑖𝑡𝑛𝑎ℎ 𝑢𝑛𝑡𝑢𝑘 𝑚𝑒𝑛𝑐𝑎𝑟𝑖-𝑐𝑎𝑟𝑖 𝑡𝑎’𝑤𝑖𝑙𝑛𝑦𝑎, 𝑝𝑎𝑑𝑎ℎ𝑎𝑙 𝑡𝑖𝑑𝑎𝑘 𝑎𝑑𝑎 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑚𝑒𝑛𝑔𝑒𝑡𝑎ℎ𝑢𝑖 𝑡𝑎’𝑤𝑖𝑙𝑛𝑦𝑎 𝑚𝑒𝑙𝑎𝑖𝑛𝑘𝑎𝑛 𝐴𝑙𝑙𝑎ℎ. 𝐷𝑎𝑛 𝑜𝑟𝑎𝑛𝑔² 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑚𝑒𝑛𝑑𝑎𝑙𝑎𝑚 𝑖𝑙𝑚𝑢𝑛𝑦𝑎 𝑏𝑒𝑟𝑘𝑎𝑡𝑎 : ‘𝐾𝑎𝑚𝑖 𝑏𝑒𝑟𝑖𝑚𝑎𝑛 𝑘𝑒𝑝𝑎𝑑𝑎 𝑎𝑦𝑎𝑡² 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑀𝑢𝑡𝑎𝑠𝑦𝑎𝑏𝑖ℎ𝑎𝑡, 𝑠𝑒𝑚𝑢𝑎𝑛𝑦𝑎 𝑖𝑡𝑢 𝑑𝑎𝑟𝑖 𝑠𝑖𝑠𝑖 𝑇𝑢ℎ𝑎𝑛 𝑘𝑎𝑚𝑖’. 𝐷𝑎𝑛 𝑡𝑖𝑑𝑎𝑘 𝑑𝑎𝑝𝑎𝑡 𝑚𝑒𝑛𝑔𝑎𝑚𝑏𝑖𝑙 𝑝𝑒𝑙𝑎𝑗𝑎𝑟𝑎𝑛 ( 𝑑𝑎𝑟𝑖𝑝𝑎𝑑𝑎𝑛𝑦𝑎 ) 𝑚𝑒𝑙𝑎𝑖𝑛𝑘𝑎𝑛 𝑼𝒍𝒖𝒍 𝑨𝒍𝒃𝒂𝒃 ( 𝑜𝑟𝑎𝑛𝑔² 𝑦𝑎𝑛𝑔 𝑏𝑒𝑟𝑎𝑘𝑎𝑙 ).”

𝑸𝑺. 𝑨𝒍𝒊 𝑰𝒎𝒓𝒐𝒏 7

𝙒𝙖𝙡𝙡𝙖𝙝𝙪 𝙖’𝙡𝙖𝙢 𝙗𝙞𝙨𝙝𝙖𝙬𝙖𝙗

.

Leave a comment