Ustadz Ammi Nur Baits tidak memahami dengan baik antara naskh syariat dengan naskh akidah


Setelah mendengarkan video Ustadz Ammi Nur Baits Salafi (video bisa merujuk akun FB Ustadz Muhammad Salim Kholili) dapat disimpulkan sebagai berikut:

1. Dia tidak memahami dengan baik antara naskh syariat dengan naskh akidah. Akidah tidak bisa dinaskh (dihapus atau amandemen) dengan kesepakatan ulama’ dan dengan dalil yang jelas, sementara syariat bisa dinaskh sebagimana yang maklum kita ketahui.

Akidah mulai zaman Nabi Adam hingga Nabi Muhammad ﷺ tentu sama saja. Dan urusan syirik (menyekutukan Allah) adalah urusan akidah. Mustahil dinyatakan, kufur atau syirik pada zaman Nabi terdahulu diperbolehkan, tetapi pada zaman Nabi Muhammad tidak diperbolehkan.

2. Kelemahan fundamental Salafi Wahabi kebanyakan, mungkin termasuk Ustadz Ammi Nur Baits adalah dalam memaknai ibadah, sehingga apapun bentuk khudhu’ (menunduk atau merendah) kepada selain Allah secara mutlak dianggap ibadah dan ibadah ditujukan kepada selain Allah adalah syirik. Dampak pemahaman ini sangat besar, yakni menjadi biang keladi mudah menuduh syirik atau kufur istighotsah kepada selain Allah, memanggil kepada mayit, tawassul dengan mayit dan lain-lain. Padahal makna ibadah tidak sesimpel yang dipahami oleh mereka, tapi harus ada keyakinan rububiyah dan niat ta’abbud (menghamba) kepada pihak yang ditunduki. Karena itu, dalam menjelaskan hukum sujud kepada selain Allah, ulama’ Ahlussunnah wal Jama’ah dari madzhab empat masih memerinci antara kufur dan haram.

Pemaknaan “ibadah” antara Salafi Wahabi dengan Aswaja menjadi asas perbedaan yang sangat mendasar dan banyak sekali turunan hukum dan perselisihan yang lahir dari perbedaan tersebut.

3. Sebagaimana poin nomer 2, hukum sujud kepada makhluk hukumnya ditafsil. Jika sujud dilakukan karena ibadah atau ta’zhim seperti ta’zhim kepada Allah atau meyakini makhluk yang disujudi memiliki sifat rububiyah, maka ulama’ sepakat hukumnya syirik. Jika tidak demikian, semisal sujud hanya tujuan memuliakan (takrim/ihtiram) maka hukumnya hanya haram. Dan ini adalah hukum yang dipahami oleh ulama’ Ahlussunnah wal Jama’ah. Berbeda dengan ini adalah fatwa Syaikh Ibn Utsaimin yang menjadi referensi mayoritas Salafi Wahabi. Beliau dengan cukup tegas dan absolute menghukum syirik orang yang sujud kepada makhluk.

Dan itulah yang dipahami oleh Ustadz Ammi Nur Baits. Dia memaknai sujud karena takrim kepada makhluk sebagai kekufuran, walaupun yang bersangkutan memerinci bahwa sujud kufur tersebut pernah dibolehkan pada masa nabi-nabi terdahulu. Dan ini kesalahan sebagaimana penjelasan diatas.

4. Sujud Nabi Ya’qub dan keluarganya kepada Nabi Yusuf adalah sujud memuliakan (takrim/ihtiram), bukan sujud ibadah atau ta’zhim seperti ta’zhim kepada Allah, atau meyakini Nabi Yusuf memiliki sifat-sifat rububiyah. Karena itu, sujud tersebut adalah urusan syari’at, bukan akidah. Dan yang demikian itu boleh dalam syari’at Nabi Ya’qub tapi haram dalam syari’at Nabi Muhammad ﷺ karena naskh. Begitu juga sujud para malaikat kepada Nabi Adam atas perintah Allah. Dan tidak mungkin Allah memerintahkan kesyirikan.

5. Dalam satu hadits riwayat Ibn Majah, Sayyidina Mu’adz bin Jabal, setelah datang dari Syam, beliau melakukan sujud kepada Rasulullah ﷺ, tetapi kemudian dinasehati oleh Nabi agar yang demikian tidak dilakukan. Apakah Sayyidina Mu’adz bin Jabal telah syirik? Tidak, sebab beliau tahu mana batasan syirik dan tidaknya. Rasulullah ﷺ yang tidak memerintahkan Sayyidina Mu’adz bin Jabal memperbaharui Islamnya kembali menjadi bukti bahwa sujud kepada makhluk bukan mutlak perbuatan syirik.

Dalam riwayat Abu Dawud dan al-Hakim, sahabat Qois bin Sa’ad pernah melihat penduduk kota Hairah yang sujud kepada pemimpin pasukan mereka. Setelah kejadian ini disampaikan kepada Rasulullah ﷺ, beliau tidak memerintahkan untuk taubat dengan kembali kepada Islam. Ini merupakan fakta lagi bahwa tidak semua sujud dimaknai ibadah sebagaimana yang dipahami oleh Salafi Wahabi, tapi harus diperinci antara sujud memuliakan (takrim/ihtiram) atau sujud ibadah.

Hidayat Nur

Muhammad Salim Kholili

  ·

Astaghfirullah ustadz, Kesyirikan tidak pernah menjadi ajaran dari satu pun Nabi-Nabi baik Nabi Muhammad ﷺ atau Nabi sebelum beliau.

Tidak kah antum tahu Hadist Nabi ﷺ dalam Shohih Bukhari:

وَالْأَنْبِيَاءُ إِخْوَةٌ لِعَلَّاتٍ أُمَّهَاتُهُمْ شَتَّى وَدِينُهُمْ وَاحِدٌ

“Dan para Nabi itu adalah saudara seayah, ibu mereka berbeda-beda tapi agama mereka satu”

Ibu berbeda itu ajaran (syariat hukumnya) beda tapi agama (aqidahnya) satu.

Berkaitan sujud kepada makhluk dalam Syariat Nabi Muhammad ﷺ Ulama’ sepakat haram tapi apakah otomatis pelakunya syirik ??

Tunggu dulu, perlu dilihat motifnya kalau tidak untuk menyembah maka tidak sampai syirik tapi kalau niatnya menyembah makhluk maka jelas syirik bahkan ibnu Taimiyah pun dalam Majmu’ Fatawa (4/360) berkata:

وَأَمَّا السُّجُودُ : فَشَرِيعَةٌ مِنْ الشَّرَائِعِ ؛ إذْ أَمَرَنَا اللَّهُ تَعَالَى أَنْ نَسْجُدَ لَهُ ، وَلَوْ أَمَرَنَا أَنْ نَسْجُدَ لِأَحَدٍ مِنْ خَلْقِهِ غَيْرِهِ : لَسَجَدْنَا لِذَلِكَ الْغَيْرِ ، طَاعَةً لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ ، إذْ أَحَبَّ أَنْ نُعَظِّمَ مَنْ سَجَدْنَا لَهُ،. وَلَوْ لَمْ يَفْرِضْ عَلَيْنَا السُّجُودَ لَمْ يَجِبْ أَلْبَتَّةَ فِعْلُهُ .

“Adapun sujud maka itu termasuk bagian syariat, karena Allah SWT memerintahkan kita untuk sujud kepadanya, dan kalau pun misal Allah SWT perintahkan kita sujud kepada salah satu dari makhluk-Nya selain dari Allah SWT maka tentu kita pasti akan sujud kepada makhluk itu, sebagai wujud ketaatan kepada Allah, sebab itu berarti Allah suka kita mengagungkan makhluk yang kita sujud kepadanya, dan kalau Allah tidak wajibkan kita sujud maka kita tidak wajib sama sekali untuk sujud”

NOTE : Nah pertanyaannya dengan permisalan Ibnu Taimiyah di atas kalau memang sujud kepada makhluk dalam syariat Nabi Muhammad ﷺ adalah mutlak sebuah kesyirikan “apa masuk akal Allah memerintahkan hambanya melakukan kesyirikan ?”

Ibarat lebih sederhana begini “Allah haramkan mencuri” lalu ada ulama’ bilang “Kalau Allah perintahkan kita mencuri tentu kita akan mencuri”, mustahil ada ulama’ berpikiran begitu artinya menurut Ibnu Taimiyah sujud ke makhluk belum tentu syirik.

Jadi, pendapat ustadz di bawah ini tidak sesuai imam Ibnu Taimiyah.

Adapun dalil bahwa sujud ke makhluk tidak selamanya syirik meskipun haram adalah sebuah Hadist Riwayat Ibnu Majah di bawah ini :

عن عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى ، قَالَ : ” لَمَّا قَدِمَ مُعَاذٌ مِنَ الشَّامِ سَجَدَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: ( مَا هَذَا يَا مُعَاذُ؟ ) ، قَالَ : أَتَيْتُ الشَّامَ فَوَافَقْتُهُمْ يَسْجُدُونَ لِأَسَاقِفَتِهِمْ وَبَطَارِقَتِهِمْ ، فَوَدِدْتُ فِي نَفْسِي أَنْ نَفْعَلَ ذَلِكَ بِكَ ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ( فَلَا تَفْعَلُوا، فَإِنِّي لَوْ كُنْتُ آمِرًا أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ لِغَيْرِ اللَّهِ ، لَأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا، وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ، لَا تُؤَدِّي الْمَرْأَةُ حَقَّ رَبِّهَا حَتَّى تُؤَدِّيَ حَقَّ زَوْجِهَا) رواه ابن ماجه (1853) وحسنه الألباني.

Dari [Abdullah bin Abu Aufa] ia berkata, “Tatkala Mu’adz datang dari Syam, ia bersujud kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hingga beliau bersabda: “Apa-apaan ini ya Mu’adz! Mu’adz menjawab, “Aku pernah mendatangi Syam, aku mendapatkan mereka sujud kepada para uskup dan komandan mereka. Maka, aku ingin melakukannya terhadapmu.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Janganlah kalian melakukannya, kalau saja aku diperbolehkan memerintahkan seseorang untuk bersujud kepada selain Allah, niscaya aku akan perintahkan seorang isteri bersujud kepada suaminya. Demi Dzat yang jiwa Muhammad di Tangan-Nya, sungguh seorang isteri itu tidak dikatakan menunaikan hak Rabb-nya hingga ia menunaikan hak suaminya. Kalau saja suami memintanya untuk dilayani, sementara ia sedang berada di atas pelana kendaraan, maka ia tidak boleh menolaknya.”

NOTE : kalau lah sujud kepada makhluk itu mutlak syirik seperti kata ustadz di video tentu Nabi Muhammad ﷺ akan menjelaskannya dalam hadist di atas karena itu bab penting dan perlu diterangkan tapi kenyataannya beliau hanya melarang tidak sampai mengatakan syirik sebab beliau tau niat Sahabat Muadz saat sujud ialah untuk menghormati bukan untuk menyembah Nabi ﷺ.

Leave a comment