Fiqh Ramadhan


❁❁١٠٣٠ح١١٠❁
📚 ꦿ📖 𝐀𝐒𝐖𝐀𝐉𝐀 📖 ꦿ📚
★᭄ꦿ᭄ꦿ★📿الله حي📿★᭄ꦿ᭄ꦿ★
▂▂▂▂▂▂▂▂▂▂▂▂▂▂▂▂▂▂

📚⃝📿ASWAJA📿⃝📚

اَلسَّــــــــــلَامُ عَلَيْكـُم وَرَحْمَةُ اللّٰـهِ وَبَرَكَاتُهُ
ﺑِﺴْــــــــــــــــــﻢِﷲِﺍﻟﺮَّﺣْﻤٰﻦِﺍﻟﺮَّﺣِﻴْﻢِ

📚NIAT PUASA ROMADHON

Banyak hal yang harus diperhatikan berkenaan dengan niat puasa Romadhon Mulai dari lafadz, waktu dan ketentuan-ketentuan lainnya, sebagaimana akan dibahas dalam kajian hari ini.

📖Hukum Niat Puasa Romadhon

Sebagaimana dalam ibadah-ibadah lainnya, niat merupakan kewajiban. Dalam kajian fiqih, niat puasa merupakan salah satu rukun yang mesti dipenuhi. Dalam artian jika seseorang tidak berniat, maka puasanya hanyalah sia-sia.

إنَّمَا الأعمَالُ بالنِّيَّاتِ

‘‘Sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya.‘‘ (HR. Muslim)

Hadits yang dicantumkan oleh Imam Nawawi dalam kumpulan 40 haditsnya
(kitab Arbain Nawawi)
inilah yang dijadikan dasar oleh para Ulama’ Fiqih untuk merumuskan kewajiban niat dalam setiap amal termasuklah dalam puasa.

Rukun puasa sendiri ada dua:

Pertama niat,sebagaimana akan dibahas secara detail dalam kajian hari ini.

Kedua, menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

📖Sighot Niat Puasa Romadhon

✍️Niat Puasa Romadhon

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ رَمَضَانِ هَذِهِ السَّنَةِ إِيْمَانًا وًاحْتِسَابًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu showma ghodin ‘an adaa-i fardhi ramadhooni hadzihis sanaati iimaanan wah-tisaaban lillaahi ta-‘aala

‘‘Saya niat berpuasa esok hari karena menunaikan fardhu Romadhon pada tahun ini dengan iman dan mengharap ridho Alloh karena Alloh Ta’ala.‘‘

Sighot niat di atas adalah yang paling sempurna, sebagaimana disebutkan Syaikh Nawawi Banten dalam Nihayah al-Zain Juz II halaman 168.

Adapun jika memakai yang biasa dipakai, cukuplah dengan lafadz berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ رَمَضَانِ هَذِهِ السَّنَةِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu showma ghodin ‘an adaa-i fardhi ramadhooni haadzihis sanati lillaahi ta-‘aala

‘Saya niat berpuasa esok hari karena menunaikan fardhu Romadhon pada tahun ini dengan karena Alloh Ta’ala.‘‘

📖Ketentuan Niat Puasa Romadhan

Berkaitan dengan niat puasa, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan.

Pertama, karena puasa Romadhon merupakan puasa fardhu, maka niatnya harus sudah dilaksanakan sebelum Fajar Shodiq (tabyit).

Kedua,apabila niat puasa Romadhon dilakukan bersamaan dengan munculnya Fajar Shodiq maka puasanya tidak sah.

Ketiga, niat puasa letaknya adalah dalam hati, sedangkan talaffudz atau melafadzkan niat hukumnya adalah sunnah

Keempat, untuk mengantisipasi lupa membaca niat, boleh membaca niat puasa Romadhon setelah melakukan sholat tarowih atau sebelum tidur.

✍️Romadhona atau Romadhoni?

Sebagian masyarakat membaca lafal niat di malam hari seperti ini:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Menurut kaidah ilmu Nahwu,redaksi tersebut keliru. Jika memaksa memilih membaca Romadhoona (dengan harokat fathah),
maka pilihan yang paling mungkin kalimat selanjutnya adalah haadzihis sanata (sebagai dlorof zaman/keterangan waktu),
bukan haadzihis sanati.

Romadhoona dibaca fathah sebagai alamat jar karena termasuk isim ghoiru munshorif yang ditandai dengan tambahan alif dan nun sebagai illatnya. Artinya, boleh membaca Romadloona dengan syarat kalimat selanjutnya haadzihis sanata. Namun, yang seperti ini jarang diungkapkan dalam kitab-kitab fiqih.

Yang paling lazim adalah membacanya dengan harokat kasroh, romadhooni, yakni dengan meng-idhofah-kan(menggabungkan) dengan kata sesudahnya. Konsekuensinya, ia tidak lagi ghoiru munshorif sehingga berlaku hukum sebagai isim mu’rob pada umumnya. Hal ini sesuai dengan ungkapan Al-‘Allamah Abu ‘Abdillah Muhammad Jamaluddin ibn Malik at-Thoi alias Ibnu Malik dalam Nadhom Alfiyah:

وَجُرَّ بِالْفَتْحَةِ مَا لاَ يَنْصَرِفْ ❖ مَا لَمْ يُضَفْ اَوْ يَكُ بَعْدَ اَلْ رَدِفْ

‘‘Tandailah jar isim ghoiru munshorif dengan fathah, selagi tak di-idhofah-kan (digabung dengan kata setelahnya) atau tidak menempel setelah ‘al’

Sedabgkan kaidah ilmu Nahwu yang disebutkan di dalam Nadzom Imrithi sebagai berikut:

فَاِنْ يُضَفْ اَوْ يَأْتِى بَعْدَ اَلْ صُرِفْ

Apabila isim ghoiru munshorif dimudlofkan atau jatuh setelah اَلْ, maka kembali menjadi munshorif‘‘

Jika Romadhooni diposisikan sebagai mudhof (di samping sekaligus jadi mudhof ilaih-nya ‘syahri’) maka ‘hadzihis sanati’ mesti berposisi sebagai mudhof ilaih dan harus dibaca kasroh. Pembacaan dengan model mudhof-mudhof ilaih inilah yang paling dianjurkan. Sehingga bacaan yang tepat dan sempurna adalah:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلّٰهِ تَعَالَى

‘‘Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardlu di bulan Romadhon tahun ini karena Alloh Ta’ala.‘‘

Yang perlu diingat, kekeliruan dalam melafalkan niat tak berpengaruh pada keabsahan puasa, selama terbesit dalam hati untuk berpuasa. Seperti dikatakan, niat berhubungan dengan getaran batin. Sehingga ucapan lisan hanya bersifat sekunder belaka. Tapi kekeliruan akan menimbulkan rasa janggal, terutama di mata para ahli gramatika Arab.

Romadhon kalau tidak di idlofahkan (dibaca jer dengan kasroh) maka maknanya fasid, karena niat hanya butuh (dzorf) waktu sekejap pada malam dia niat, bukan setahun. Di dalam Kitab I’anatu at-Tholibin, juz 2/253, dijelaskan:

يقرأ رمضان بالجر بالكسرة لكونه مضافا إلى ما بعده وهو إسم الإشارة

‘‘ Romadhoni (ni)dibaca jer dengan Kasroh karena keadaannya menjadi mudhof kepada kalimat setelahnya yaitu isim isyaroh.‘‘

✍️Niat Puasa Tetap Sah

Ketika lupa membaca Romadhon (ni) menjadi Romadhon (na) karena sudah terbiasa, niat puasanya tetap sah walaupun salah i’rob di dalamnya. Sebab letak niat itu di dalam hati. Namun apabila niat diucapkan, maka hendaknya tidak salah dalam i’rob.

📗Kitab I’anah:

(قوله: نويت إلـخ) خبر عن أكملها: أي أكملها هذا اللفظ. (قوله: صوم غد) هو الـيوم الذي يـلـي اللـيـلة التـي نوى فـيها. (قوله: عن أداء فرض رمضان) قال فـي النهاية: يغنـي عن ذكر الأداء أن يقول عن هذا الرمضان. اهــــ. (قوله: بـالـجرّ لإِضافته لـما بعده) أي يقرأ رمضان بـالـجرّ بـالكسرة، لكونه مضافاً إلـى ما بعده، وهو اسم الإِشارة. قال فـي التـحفة: واحتـيج لإِضافة رمضان إلـى ما بعده لأن قطعه عنها يصير هذه السنة مـحتـملاً لكونه ظرفاً لنويت، فلا يبقـى له معنى، فتأمله، فإنه مـما يخفـى. اهــــ. ووجهه: أن النـية زمنها يسير، فلا معنى لـجعل هذه السنة ظرفاً لها. (قوله: هذه السنة) .
(إن قلت) : إن ذكر الأداء يغنـي عنه. (قلت) لا يغنـي، لأن الأداء يطلق علـى مطلق الفعل، فـيصدق بصوم غير هذه السنة.
وعبـارة النهاية: واحتـيج لذكره ــــ أي الأداء ــــ مع هذه السنة، وإن اتـحد مـحترزهما، إذ فرض غير هذه السنة لا يكون إلا قضاء، لأن لفظ الأداء يطلق ويراد به الفعل. اهــــ.
وفـي البرماوي: ويسن أن يزيد: إيـماناً واحتساباً لوجه الله الكريـم عزّ وجلّ. اهــــ.

✍️Fokus:

أي يقرأ رمضان بـالـجرّ بـالكسرة، لكونه مضافاً إلـى ما بعده، وهو اسم الإِشارة

‘‘ Romadhoni dibaca jer dengan tanda kasroh, karena dimudhofkan pada lafadz setelahnya yaitu isim isyaroh (hadzihi).‘‘

Isim ghoiru munshorif itu tidak ditanwin dan tidak dikasroh karena punya illat yang menyebabkan sifat keisimannya lemah, lebih cenderung mirip fi’il. Namun isim ghoiru munshorif ketika dimudhofkan maka sifat keisimannya menjadi kuat, sehingga tanda jer nya pakai kasroh.

📗Kitab kasyifatussaja hal. 7:

(تنبـيه) اعلم أن رمضان غير منصرف للعلمية إلا إن كان المراد به كل رمضان من غير تعيـين وإذا أريد به ذلك صرف لأنه نكرة، وبقاء الألف والنون الزائدتين لا يقتضي منعه من الصرف كما قال الشرقاوي

‎( قَوْلُهُ : بِإِضَافَةِ رَمَضَانَ ) أَيْ لِمَا بَعْدَهُ فَنُونُهُ مَكْسُورَةٌ ؛ لِأَنَّهُ مَخْفُوضٌ وَإِنَّمَا اُحْتِيجَ لِإِضَافَتِهِ إلَى مَا بَعْدَهُ ؛ لِأَنَّ قَطْعَهُ عَنْهَا يُصَيِّرُ هَذِهِ السَّنَةَ مُحْتَمَلًا لِكَوْنِهِ ظَرْفًا لِقَوْلِهِ : أَنْ يَنْوِيَ وَلَا مَعْنَى لَهُ ؛ لِأَنَّ النِّيَّةَ زَمَنُهَا يَسِيرٌ ، وَقَالَ بَعْضُهُمْ : إنْ جَرَرْت رَمَضَانَ بِالْكَسْرِ جَرَرْت السَّنَةَ وَإِنْ جَرَرْته بِالْفَتْحِ نَصَبْت السَّنَةَ وَحِينَئِذٍ فَنَصْبُهَا عَلَى الْقَطْعِ ، وَعَلَيْهِ فَفِي إضَافَةِ رَمَضَانَ إلَى مَا بَعْدَهُ نَظَرٌ ؛ لِأَنَّ الْعَلَمَ لَا يُضَافُ فَلْيُتَأَمَّلْ ا هـ

✍️I’rob lafadz niat puasa Romadhon

نويتُ صومَ غدٍ عن أداءِ فرضِ شهرِ رمضانِ هذه السنةِ لله تعالى نويتُ : فعل وفاعل؛ صومَ : مفعول به منصوب، وعلامة نصبه فتحة؛ غدٍ : مضاف إليه مجرور، وعلامة جره كسرة؛ عن : حرف جر مبني على السكون؛ أداء : مجرور بِعَنْ، وعلامة جره كسرة، وهو مضاف لما بعده؛ فرض : مضاف إليه مجرور، وعلامة جره كسرة، وهو مضاف أيضا لما بعده؛ شهر : مضاف إليه مجرور، وعلامة جره كسرة، وهو مضاف أيضا لما بعده؛ رمضان : مضاف إليه مجرور، وعلامة جره كسرة، وهو مضاف أيضا لما بعده؛ هذه : اسم إشارة مبني في محل جر بالإضافة، وعامل جر المضاف إليه: قيل المضاف، وقيل الإضافة، وقيل حرف الجر المحذوف، وقيل غير ذلك؛ السنة : مشار إليه لاسم الإشارة (هذه) فهو بدل أو عطف بيان له، مجرور، وعلامة جره كسرة

📗Kitab Nihayatuz Zain dan Albaijuri:

نويت صوم غد عن اداء فرض رمضان هذه السنة لله تعالى ايمانا و احتسابا باضافة رمضان الى ما بعده لتتميزعن اضدادها و يغنى عن ذكر الاداء ان يقول عن هذا الرمضان و احتيج لذكره مع هذه السنة و ان اتحد محترزهما اذ فرض غير هذه السنة لا يكون الا قضاء لان لفظ الاداء يطلق و يراد به الفعل كذا قاله الرملى نهاية الزين ١٨٦
قوله : رمضان هذه السنة ) باضافة رمضان الى اسم الاشارة لتكون الاضافة معينة لكونه رمضان هذه السنة البيجورى ١/٤٣٠

✍️Kesimpulan:

  1. Romadhon adalah isim ghoir munshorif (dengan illat ‘alam + nun) dan merupakan isim ma’rifat bila yang dimaksud adalah bulan Romadhon pada tahun tertentu, namun merupakan isim nakiroh bila dimaksudkan semua bulan Romadhon yang ada pada semua tahun, seperti penjelasan dalam kitab kasyifatus sajaa’.
  2. Kewajiban dalam niat adalah ta’yin, sehingga dengan demikian perlu ada kata pembatas yakni hadzihi sanati yang dimudhofkan dengan lafadz Romadhon dengan faedah tamyiz (pembeda).
  3. Tidak ada konsekwensi (niatnya tetap sah) ketika dibaca Romadhona atau Romadhoni, kecuali si pengucap bisa dikatagorikan kurang fasih karena tidak bisa mendatangkan lafad sesuai makna yang dikehendaki.

📖Tentang Niat Puasa Sebulan Penuh

Pembahasan berikutnya tentang niat puasa Romadhon yang harus diketahui adalah mengenai niat puasa penuh sekaligus selama satu bulan yang dilakukan pada malam pertama saja di bulan Romadhon. Apakah ini diperbolehkan atau bagaimana?

✍️Madzhab Mayoritas

Dalam madzhab Hanafi, Syafi’i dan Hanbali, niat puasa Romadhon harus dilakukan tiap malam selama bulan Romadhon.
Oleh karena itu, jika ada orang berpuasa Romadhon dengan hanya melakukan niat satu kali untuk satu bulan penuh yakni hanya pada malam pertama bulan Romadhon, misalnya dengan niat:

نَوَيْتُ صَوْمَ جَمْيعِ شَهْرِ رَمَضَان

Nawaitu showma Syahri Romadhon

‘‘Saya niat puasa seluruh bulan Romadhon.‘‘

Maka puasa yang dihukumi sah hanya puasa hari pertama saja, kecuali jika ia melakukan niat puasa satu bulan penuh pada malam pertama sebagai antisipasi ketika dia lupa melakukan niat pada malam-malam yang lain dan dengan diniatkan taqlid kepada Imam Malik yang memperbolehkan hal itu, maka puasanya dihukumi sah, bahkan hal itu disunahkan.

✍️Madzhab Maliki

Sedangkan menurut madzhab Imam Maliki, niat puasa bisa dianggap cukup walaupun hanya pada malam pertama bulan Romadhon saja. Bagi kita yang ingin taqlid terhadap pendapat ini, boleh asalkan harus mengetahui ketentuan-ketentuan puasa yang diterapkan dalam mazhab Maliki sebagaimana sebagaimana dijelaskan oleh Abdurrohman Al-Jaziri dalam Al-Fiqh ‘ala Madzhab al-Arba’ah Juz I halaman 463-464 sebagai berikut:

Pertama, syarat-syarat wajib puasa versi Malikiyah adalah:

1).baligh.
2).mampu melakukan puasa.

Kedua,syarat-syarat sah puasa versi mazhab Malikiyah adalah:

1). Islam
2). dilaksanakan pada hari-hari yang diperbolehkan berpuasa dan
3). Niat

Ketiga, syarat-syarat wajib sekaligus syarat sah puasa versi Malikiyah adalah:

1). berakal
2). bersih dari haid dan nifas dan
3). masuk bulan Romadhon

Keempat, rukun-rukun puasa versi mazhab Malikiyah adalah:

1). niat
2). menahan diri dari makan dan minum hubungan suami-isteri dan muntah yang disengaja. (Al-Kalabi dalam Qowanun al-Fiqhiyyah)

Adapun adapun sighot niat puasa satu bulan penuh pada malam pertama bagi kita yang ingin taqlid pada madzhab Maliki adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ جَمْيعِ شَهْرِ رَمَضَانِ هَذِهِ السَّنَةِ تَقْلِيْدًا لِلْإِمَامِ مَالِكٍ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu showma Syahri Romadhoona haadzihis sanati taqlidan lil Imam Malik fardlon lillahi ta’ala.

‘Saya niat berpuasa seluruh bulan Romadhon tahun ini karena taqlid pada Imam Maliki karena Alloh Ta’ala.‘‘

🌐 𝙶𝙴𝚁𝙰𝙺𝙰𝙽 𝙿𝙴𝙼𝚄𝙳𝙰-𝙿𝙴𝙼𝚄𝙳𝙸 𝐀𝐒𝐖𝐀𝐉𝐀 (𝙰𝙷𝙻𝚄𝚂𝚂𝚄𝙽𝙽𝙰𝙷 𝚆𝙰𝙻 𝙹𝙰𝙼𝙰’𝙰𝙷)

❖ وَاللّٰـــہُ اَعْـلمُ بالصَّـــوابِــــــ ❖
❖ يا ربِّ صلِّ علَے محمدٍ ❖
❖ وافتحْ من الخيرِ كلّٕ مُغلق❖
❖ رَبِّ فَانْفَعْـــــنَا بِبَرْكَتِهِمْ ❖
❖ وَاهْدِنَا الْحُسْنٰى بِحُرْمَــتِهِمْ❖
❖ وَاَمِتْنَافِى طَرِيْقَتِهِــــــمْ❖
❖ وَمُعَافَــــــــاةٍ مِنَ الْفِتَــــــنِ ❖
❖ اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَے سَيِّدِنَاوَمَوْلَانَامُحمَّدٍ❖
❖ يَارَبِِّ صَلِّ وسَلِّمْ وبَارِكْ عَلَيْہِ ❖
❖ وَعلَے اٰلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ❖

📚 📖 𝐀𝐒𝐖𝐀𝐉𝐀 📚 الله حي 📿
✒️☆ ᭄🇮🇩͜͡⃢✪ 𝑨𝒐𝒍𝒆𝒔 ✦͜͡⃢🇵🇸͜͡࿐☆ ٢١٢

وَاللّٰهُ مُسْتَعَانٌ وَعَلَيْهِ التُّكْلَانُ
ثُمَّ السَّــــــــــلَامُ عَلَيْكـُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰـهِ وَبَرَكَاتُهُ
┗━━━━━━━━━━━━━━★🌹★🌳┛

Leave a comment