PENTINGNYA MENULIS DARI SETIAP FAIDAH YANG KITA BACA


PENTINGNYA MENULIS DARI SETIAP FAIDAH YANG KITA BACA

PENTINGNYA MENULIS DARI SETIAP FAIDAH YANG KITA BACA

‏يقول الإمام النووي رحمه الله تعالى :

‏ولا يَحتقر في فائدة يراها أو يَسمعها في أي فَرع كانت، بل يُبادر إلى كتابتها، ثم يواظب على مطالعة ما كتبه.

‏المجموع: ١/٢٩

Berkata al imam an nawawi didalam kitab majmu’ :

Janganlah pernah meremehkan satu faidah yang kamu lihat atau yang kamu dengar dari sumber manapun

Namun segeralah dalam menulis faidah tersebut kemudian lazimi dalam mengulangi apa yang kamu tulis dari faedah tersebut

Inilah pentingnya mencatat dari ilmu yang kita dapat, kemudian menghafalnya

Sedikit cerita,

Dari dulu saya sangat suka merangkum setiap masalah-masalah fiqhiyyah yang saya ambil dari beberapa kitab yang saya baca

Bahkan ketika sudah selesai merangkum 1 buku, kemudian rangkuman tersebut saya kasih nama, dengan tujuan agar lebih semangat lagi dalam merangkum, jika selesai buku kedua, saya kasih nama lagi, begitu juga seterusnya

Dan metode ini sangat-sangat bermanfaat untuk para santri

Agar setiap masalah-masalah fiqhiyyah yang dia lalui bisa melekat di otaknya, jika lupa bisa meruju’ ke rangkumannya sendiri

Terkadang, membaca saja itu tidak cukup

Namun disaat kita menulis faidah, disitu kita dapat 2 hal : membaca dan menulis, dari keduanya bisa hafal banyak ibaroh-ibaroh kitab

Semoga bermanfaat

Leave a comment