Dzikir sirr atau jahr, utama mana?


Dzikir sirr atau jahr, utama mana?I

Imam Ma’ruf aL Buni

Sirr didalam dzikir yaitu membaca dzikir dengan bersuara yang hanya dapat didengarkan oleh telinga sendiri, sedangkan jahr yaitu membaca dzikir yang dapat didengarkan oleh orang lain.

Mengenai manakah yang paling utama diantara keduanya, Imam Nawawi rahimahulloh mengkombinasikan antara hadits-hadits yang warid didalam kesunnahan jahr ketika berdzikir dan hadits-hadits yang warid didalam kesunnahan sirr saat berdzikir.

Berdzikir dengan suara pelan itu lebih utama ketika khawatir akan riya’, atau menggangu orang yang shalat atau orang yang tidur.

Berdzikir dengan suara keras itu lebih utama ketika tidak ada kekhawatiran diatas, karena perbuatannya lebih banyak, juga berfaedah memberi pengaruh pada pendengarnya, mengingatkan hati yang berdzikir, menolak kantuk, dan menambah semangat.

— ruh al-bayan 3/306 .

وقد جمع النووي بين الأحاديث الواردة فى استحباب الجهر بالذكر والواردة فى استحباب الاسرار به بان الإخفاء أفضل حيث خاف الرياء او تأذى المصلون او النائمون والجهر أفضل فى غير ذلك لان العمل فيه اكثر ولان فائدته تتعدى الى السامعين ولانه يوقظ قلب الذاكر ويجمع همه الى الفكر ويصرف سمعه اليه ويطرد النوم ويزيد فى النشاط.[إسماعيل حقي ,روح البيان ,3/306]

Leave a comment